Bolaindonesia

Laga Lawan Vanuatu Pakai Wasit Lokal, Ini Alasannya

Wasit Yudi Nurcahya akan memimpin jalannya pertandingan uji coba internasional.

Rauhanda Riyantama

Skuat Timnas Indonesia saat menghadapi tuan rumah Yordania dalam laga uji coba di Stadion King Abdullah, Amman, Selasa (11/6/2019). [Dok. PSSI]
Skuat Timnas Indonesia saat menghadapi tuan rumah Yordania dalam laga uji coba di Stadion King Abdullah, Amman, Selasa (11/6/2019). [Dok. PSSI]

Bolatimes.com - Timnas Indonesia akan berhadapan dengan Republik Vanuatu dalam laga uji coba internasional di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Sabtu (15/6/2019). Uniknya, wasit yang memimpin laga tersebut berasal dari Indonesia.

Dari daftar perangkat pertandingan yang dirilis oleh PSSI, wasit Yudi Nurcahya akan memimpin jalannya pertandingan. Tentunya hal ini menjadi pertanyaan banyak pihak.

Kenapa? karena biasanya dalam pertandingan skala level A FIFA, wasit yang memimpin jalannya pertandingan harus netral atau tidak dari salah satu negara yang bertanding. Terkait hal tersebut, PSSI pun sudah memberikan pernyataannya.

"FIFA A Match dalam regulasi wasit boleh dari tuan rumah, asal negara lawan setuju, dan dilaporkan ke FIFA. Dan wasit harus berlisensi FIFA," kata Bandung Saputra selaku media officer PSSI, Jumat (14/6/2019).

Memang, Yudi telah memiliki lisensi FIFA. Yudi mendapatkan lisensi tersebut sejak 2018 lalu.

Seperti diketahui, pertandingan ini merupakan rangkaian dari persiapan timnas Indonesia menuju Kualifikasi Piala Dunia 2022 dan Kualifikasi Piala Asia 2023. Selain itu, ini juga untuk memperbaiki peringkat FIFA.

Sebelum melawan Vanuatu, Timnas Indonesia lebih dahulu uji coba dengan Yordania, Selasa (11/6/2019). Pada pertandingan itu, Indonesia kalah 1-4.

Berikut perangkat pertandingan yang akan pimpin laga Timnas Indonesia vs Vanuatu.

Wasit : Yudi Nurcahya
Asisten wasit 1 : Bangbang Syamsudar
Asisten wasit 2 : Nurhadi
Wasit cadangan: Dwi Purba Adi Wicaksana
Media Officer: Bandung Saputra
Match Commisioner: Dessy Arfianto

Berita Terkait

Berita Terkini