Bolaindonesia

Masuk Skuat Timnas Indonesia, Mark Klok Ungkap Proses Naturalisasinya

Banyak yang terkejut dengan nama Marc Klok di daftar TC Timnas Indonesia.

Rauhanda Riyantama | Irwan Febri Rialdi

Selebrasi pemain PSM Makassar, Marc Anthony Klok usai mencetak gol ke gawang Home United pada pertandingan kualifikasi Grup H Piala AFC 2019. (Dok. Isitimewa)
Selebrasi pemain PSM Makassar, Marc Anthony Klok usai mencetak gol ke gawang Home United pada pertandingan kualifikasi Grup H Piala AFC 2019. (Dok. Isitimewa)

Bolatimes.com - Pelatih Timnas Indonesia, Simon McMenemy, memanggil 25 pemain untuk mengikuti pemusatan latihan (TC) dan dua laga uji coba internasional. Rencananya skuat Merah Putih akan menghadapi Yordania dan Republik Vanuatu, yang akan digelar pada 11 dan 15 Juni mendatang.

Di luar daftar 25 pemain tersebut, Simon juga memanggil pemain PSM Makassar, Marc Anthony Klok, untuk mengikuti TC. Kehadiran gelandang kelahiran Belanda itu pun mengejutkan banyak publik.

Bagaimana tidak, Klok masih terdaftar sebagai pemain asing PSM di Liga 1 2019. Belum pernah ada pemberitaan pula jika dirinya sudah menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).

Klok pun mengaku jika proses naturalisasinya memang belum rampung. Kehadiran dirinya ke TC Timnas Indonesia sebatas untuk latihan bersama dan beradaptasi dengan tim.

"Saya ingin sampaikan bagi yang mungkin belum mengetahui hal ini: Saya sedang menyelesaikan proses naturalisasi saya. Kali ini hanya untuk latihan saja. Untuk beradaptasi dengan tim dan untuk mempersiapkan diri untuk Kualifikasi Piala Dunia," ujar Mark Klok di Instagram pribadinya.

Meski demikian, Klok tetap bangga bisa mendapat penggilan TC bersama Timnas Indonesia. Ia pun berharap bisa segera menjadi WNI dan mengenakan seragam dengan lambang garuda di dada.

"Saya masih belum diizinkan untuk bermain karena prosesnya belum selesai. Dengan kehendak Tuhan mudah-mudahan ini akan selesai segera. Saya ingin berterimakasih kepada PSSI dan Simon McMenemy untuk kepercayaannya kepada ku," tuturnya menambahkan.

Sementara itu, pelatih Timnas Indonesia, Simon McMenemy, memang sengaja mengajak Klok untuk TC bareng Irfan Bachdim cs. Ia mengaku ingin melihat langsung permainan dari gelandang 26 tahun itu.

"Kami berencana berangkat ke Yordania pada 6 Juni mendatang. Khusus Marc Klok, kami tim pelatih ingin melihat secara langsung dia berlatih bersama dengan Timnas Indonesia," kata Simon.

TC Timnas Indonesia rencananya akan berlangsung di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang. Pemain akan berkumpul pada 30 Mei dan 1 Juni 2019. Nantinya, para pemain akan menjalani latihan malam hari karena sebagian besar dari mereka menjalani ibadah puasa.

Berita Terkait

Berita Terkini