Bolaindonesia

Firza Andika Ungkap Kendala Pemain Indonesia Bersaing di Eropa

Menurutnya, perbedaan tersebut terletak pada teknik dan mental.

Rauhanda Riyantama

Pemain AFC Tubize U-18 Firza Andika buat heboh media Asia usai cetak dua gol ke gawang Barcelona. [@afctubize_asia_official / Instagram]
Pemain AFC Tubize U-18 Firza Andika buat heboh media Asia usai cetak dua gol ke gawang Barcelona. [@afctubize_asia_official / Instagram]

Bolatimes.com - Bek muda potensial asal Indonesia, Firza Andika, saat ini tengah memulai mimpinya berkarier di daratan Eropa bersama AFC Tubize. Ia dikontrak sejak awal tahun 2019.

Kendati demikian, Firza tak langsung bergabung dengan tim senior klub asal Belgia tersebut. Ia lebih dulu memulai dari tim U-18.

Pertandingan demi pertandingan terus ia lakoni. Alhasil, pemain kelahiran Medan, Sumatera Utara itu mampu membuktikan dirinya layak bermain di tim U-21.

Setelah sekian lama menimba ilmu, Firza pun mengungkapkan perbedaan paling kentara antara pemain Eropa dan Indonesia. Menurutnya, perbedaan tersebut terletak pada teknik dan mental.

''Kekuatan yang ada di diri saya yang dibawa dari Indonesia adalah mental dan skill, tetapi sesampainya di sini saya merasa memiliki banyak kekurangan dari segi teknik dan mental,'' ungkap Firza Andika, sebagaimana dikutip dari wawancara klub.

''Mental anak-anak Indonesia masih kalah dengan orang Eropa,'' tuturnya menambahkan.

Menyadari kekurangannya tersebut, Firza Andika lantas bertekad untuk memperbaiki kekurangan dalam dirinya. Ia yakin bisa mengimbangi rekan-rekannya di AFC Tubize.

''Saya harus memperbaiki mental dan teknik saya supaya bisa mengimbangi mereka,'' tandas mantan pemain PSMS Medan itu.

Berita Terkait

Berita Terkini