Bolaindonesia

Polda DIY Kerahkan 700 Personel Amankan Pembukaan Liga 1 2019

Hal itu juga sebagai antisipasi konflik antar suporter jika terjadi sewaktu waktu, baik di dalam maupun di luar stadion.

Rauhanda Riyantama | Muhammad Ilham Baktora

Kapolda DIY, Irjen Pol Ahmad Dofiri saat ditemui di Hotel Rich Jogja, Selasa (14/5/2019). (Bolatimes/Muhammad Ilham Baktora)
Kapolda DIY, Irjen Pol Ahmad Dofiri saat ditemui di Hotel Rich Jogja, Selasa (14/5/2019). (Bolatimes/Muhammad Ilham Baktora)

Bolatimes.com - Polda DIY bakal menerjunkan lebih kurang 700 personel jelang laga perdana pembukaan Liga 1 2019 antara PSS Sleman kontra Arema FC di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Rabu (15/5/2019) malam WIB. Hal itu juga sebagai antisipasi konflik antar suporter jika terjadi sewaktu waktu, baik di dalam maupun di luar stadion.

"Ada lebih kurang 685 personel yang kami siapkan, itu belum termasuk yang ada di luar stadion, baik di area stadion hingga di jalan raya, personel bisa lebih dari itu. Polres di seluruh wilayah DIY juga kami kerahkan agar bentrok antar suporter dapat diurai saat Liga 1 2019 berlangsung di DIY," ujar Kapolda DIY, Irjen Pol Ahmad Dofiri saat ditemui di Hotel Rich Jogja, Selasa (14/5/2019).

Pihaknya memastikan seluruh personel telah siap mengamankan jalannya pembukaan Liga 1 2019 di Stadion Maguwoharjo. Selain itu Kapolres dari beberapa wilayah DIY, baik dari Bantul, Sleman, Gunung Kidul, Yogyakarta dan wilayah lain siap mengamankan liga kasta tertinggi di Indonesia tahun ini.

"Saya sengaja hadirkan Kapolres dari beberapa wilayah DIY. Hal itu untuk memastikan wilayah yang bakal dilewati suporter aman dan masing-masing Polresta wajib bertanggung jawab penuh,'' ungkap Kapolda DIY, Irjen Pol Ahmad Dofiri.

''Namun kembali saya tekankan sebaik-baik pengaman yang kami lakukan jika tak ada dukungan dari suporter dan elemen manajemen klub, hal itu tak akan maksimal. Maka dari itu ikhtiar dengan menerjunkan personel Polri ini agar kondusivitas tercipta dengan baik," katanya menambahkan.

Sementara itu, Kepala Biro Operasional Polda DIY, Kombes Pol Hermansyah mengungkapkan penjagaan ketat bagi suporter yang akan masuk ke dalam stadion bakal dilakukan sebelum dan selama laga berlangsung.

"Tentunya suporter yang membawa benda tajam miras dan benda berbahaya lain bakal kami filter dan jaga ketat. Selain itu, jika suporter terlihat mabuk karena miras bakal kami larang masuk ke dalam. Intinya sesuai permintaan Kapolda DIY, pengamanan bakal kami maksimalkan selama tamu dari luar datang ke Yogyakarta," kata Hermansyah.

Kapolda DIY juga sudah mengarahkan laju lalu lintas selama pembukaan Liga 1 2019 berlangsung. Melalui Satlantas Polres Sleman, keamanan di jalan raya bakal dilakukan agar kepadatan di sekitar stadion dapat terurai.

Berita Terkait

Berita Terkini