Bolaindonesia

Ini Syarat Agar PSM Makassar Bisa Lolos Semifinal Zona Asia Tenggara AFC

PSM Makassar berpeluang lolos ke semifinal zona Asia Tenggara AFC 2019.

Galih Priatmojo

Pelatih PSM Makassar Darije Kalezic (kanan) dan pemain PSM Makassar Wiljan Pluim (kiri) pada jumpa pers sehari jelang pertandingan melawan Home United di matchday kelima Piala AFC 2019. [Suara.com/Adie Prasetyo]
Pelatih PSM Makassar Darije Kalezic (kanan) dan pemain PSM Makassar Wiljan Pluim (kiri) pada jumpa pers sehari jelang pertandingan melawan Home United di matchday kelima Piala AFC 2019. [Suara.com/Adie Prasetyo]

Bolatimes.com - Melakoni matchday 5 Grup H Piala AFC 2019, PSM Makassar akan menjamu wakil Singapura Home United di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, Selasa (30/4/2019) sore pukul 15.00 WIB. Wiljan Pluim dkk berpeluang lolos ke babak semifinal zona Asia Tenggara AFC 2019. 

Kemenangan menjadi target wajib PSM Makassar untuk mengamankan posisi. Apabila menang, PSM akan mengumpulkan 11 poin sekaligus memastikan diri sebagai pemuncak klasemen Grup H, meski masih menyisakan satu pertandingan lagi.

Jika berhasil, maka Juku Eja dipastikan lolos ke babak semifinal zona Asia Tenggara Piala AFC 2019.

Sebagaimana diketahui, PSM saat ini ada di puncak klasemen sementara Grup H dengan raihan delapan. anak asuhan Darije Kalezic unggul satu angka dari Home United yang ada di peringkat dua. 

Tentu PSM akan menggunakan segala cara agar bisa memenangi pertandingan ini. Hal itu seperti diutarakan oleh pelatih kepala Darije Kalezic bersama dengan kapten PSM,  Wiljan Pluim saat jumpa pers kemarin, Senin (29/4/2019).

"Kami pemimpin grup, dan kami ingin tetap memimpin grup setelah pertandingan ini. Kami ingin melakukan langkah besar sebagai juara grup. Kami akan melakukan segalanya untuk merealisasikannya," celoteh Darije Kalezic.

"Tiga poin dalam laga ini menjadi sangat penting. Kami harus menunjukkan di lapangan sebagai tim yang lebih baik. Tiga poin akan memudahkan langkah untuk menjadi pemimpin grup ini," Pluim menambahkan.

Akan tetapi, kondisi PSM sendiri kini tidak sepenuhnya ideal. Pada laga pamungkas mereka, Juku Eja kalah dari tuan rumah Bhayangkara FC 2-4, dalam leg pertama perempat final Piala Indonesia pekan lalu.

Namun, kekalahan tersebut akan dijadikan motivasi untuk bangkit dari keterpurukan. 

"Soal persiapan, kita tahu akan memainkan pertandingan setelah tiga hari main (di Piala Indonesia). Ini bisa saya katakan sulit buat pemain, saya pribadi tidak terbiasa dengan jadwal padat seperti ini. Kita lakukan perjalanan panjang dan banyak pertandingan," keluh Kalezic. 

"Kita mencoba memikirkan solusi setiap hari, untuk membantu pemain persiapkan diri mereka secepatnya," ia menambahkan. 

Sama halnya dengan PSM, Home United juga punya masalah serupa. Wakil Singapura itu minim persiapan. 

Namun, skuat besutan Noh Rahman tetap akan berjuang maksimal di pertandingan nanti. Noh menegaskan jika timnya  ingin mengkudeta posisi yang saat ini ditempati oleh PSM.

"Kami baru sampai kemarin sore, ini bukan persiapan yang ideal. Kami baru bermain hari Sabtu (akhir pekan lalu), dan saya juga tahu PSM mengalami hal yang sama. Persiapan kami sedikit terbatas, tapi kami siap untuk bertanding," tegas Noh Rahman.

"Kami tahu PSM baru saja melakoni laga melawan Bhayangkara, kami juga sudah melihat pertandingan mereka. PSM tim yang bagus dan punya pemain yang berkualitas. Tapi kami akan fokus dengan gaya main dan kekuatan kami. Saya pikir kami punya kemampuan untuk menyatukannya dan menyulitkan mereka," pungkasnya. 

Berita Terkait

Berita Terkini