Bolaindonesia

Persebaya Menang, Laga Diwarnai Kartu Merah Hingga Pelatih Madura Diusir

Persebaya Surabaya menang di leg pertama atas Madura United.

Galih Priatmojo

Manu Jalilov cetak gol satu-satunya untuk kemenangan Persebaya atas Madura United pada leg pertama semifinal Piala Presiden 2019, Rabu (3/4/2019). [@officialpersebaya/ Instagram]
Manu Jalilov cetak gol satu-satunya untuk kemenangan Persebaya atas Madura United pada leg pertama semifinal Piala Presiden 2019, Rabu (3/4/2019). [@officialpersebaya/ Instagram]

Bolatimes.com - Sesuai prediksi, laga antara Persebaya Surabaya kontra Madura United benar-bernar berlangsung sengit. Pada laga leg pertama semifinal Piala Presiden 2019 itu, skuat Bajul Ijo menang tipis 1-0. Kemenangan itu diwarnai kartu merah hingga pelatih Madura United diusir dari bench.

Satu-satunya gol dalam laga itu dicetak oleh Manuchehr Jalilov pada menit 64. Pemain asal Tajikistan itu sukses menanduk bola hasil umpan Amildo Balde yang lepas dari kawalan Fachrudin Irianto.

Jalannya Pertandingan

Lima menit awal, laga berjalan dalam tempo cepat. Persebaya dan Madura United terlihat begitu agresif ketika menguasai bola.

10 menit selanjutnya, MU praktis lebih menguasai permainan dan lebih banyak menekan.

Menit 19, serangan berbahaya dilancarkan MU! Sandi mengirim umpan tarik dari sayap kanan, namun bola yang meluncur ke mulut gawang masih bisa dihalau bek Persebaya, Hansamu Yama.

Menit 23, peluang kembali diciptakan MU. Beto Goncalves menyambar umpan silang dari Zah Rahan, namun sontekan sang striker masih bisa diselamatkan kiper Persebaya, Miswar.

Tak lama berselang, Persebaya melancarkan serangan balik lewat aksi individual Irfan Jaya. Penetrasi sang winger sempat menghasilkan kemelut di area penalti, namun palang pintu andalan MU, Jaimerson berhasil menghalau bola.

Kedua tim saling serang di sisa waktu babak pertama, namun skor imbang 0-0 masih belum berubah sampai wasit meniup peluit panjang tanda half-time.

 
Memasuki paruh kedua, kedua tim masing saling serang. Ya, MU memang seakan tak ragu-ragu untuk bermain ofensif meski bertindak sebagai tim tamu.

Menit 55, pelatih MU, Dejan Antonic memasukkan Andik Vermansyah, yang notabene merupakan eks penggawa Persebaya, untuk menambah daya gedor timnya.

Tiga menit berselang, Andik langsung meneror pertahanan mantan klubnya. Setelah mengecoh pemain Persebaya, sang winger melepaskan tembakan dari luar kotak penalti. Sayang, bola meluncur terlalu pelan sehingga dengan mudah bisa diamankan kiper Miswar.

Menit 64, Persebaya akhirnya memecah kebuntuan. Jalilov membuat publik Gelora Bung Tomo bersorak kegirangan!

Jalilov sukses meneruskan umpan lambung dari Balde dengan tandukan keras. Bola meluncur deras ke pojok kanan gawang tanpa bisa diantisipasi oleh kiper Ridwan. Persebaya unggul 1-0!

Menit 69, Andik nyaris membawa MU menyamakan skor. Lepas dari perangkap off-side,penggawa Timnas Indonesia itu memutuskan untuk melepaskan lob setelah melihat kiper Miswar keluar dari sarangnya. Sayang, bola lob- nya masih melenceng tipis di sisi kanan gawang. 

MU terus menekan pertahanan Persebaya di sisa waktu pertandingan. Namun hingga pertandingan usai, skor 1-0 untuk keunggulan Persebaya tetap tak berubah.

Susunan Pemain

PERSEBAYA XI: Miswar, Hansamu, Syaifuddin, Novan, Dutra, Misbakus, Slamat, Balde, Lizio, Irfan, Jalilov.

MADURA UNITED XI: Ridwan, Rendika, Asep, Fachrudin, Jaimerson, Laly, Sandi, Zulfiandi, Goncalves, Rakic, Zah Rahan.

Berita Terkait

Berita Terkini