Bolaindonesia

Pemain Terlibat Cekcok dengan Wasit, Pelatih PS Tira Persikabo Minta Maaf

Bertanding diStadion Gelora Bung Tomo Surabaya, Jumat (29/3/2019), salah satu pemainnya terlibat cekcok dengan wasitdi menit-menit akhir pertandingan.

Rauhanda Riyantama

Pelatih Rahmad Darmawan. (ANTARA/Puspa Perwitasari)
Pelatih Rahmad Darmawan. (ANTARA/Puspa Perwitasari)

Bolatimes.com - Pelatih PS Tira Persikabo, Rahmad Darmawan meminta maaf atas insiden yang terjadi saat melawan Persebaya Surabaya di babak perempatfinal Piala Presiden 2019. Bertanding di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, Jumat (29/3/2019), salah satu pemainnya terlibat cekcok dengan wasit di menit-menit akhir pertandingan.

“Saya meminta maaf kepada semuanya atas insiden yang melibatkan pemain dan ofisial karena emosi terhadap perangkat pertandingan,” ujarnya kepada wartawan usai pertandingan.

Insiden berupa protes keras terhadap wasit Handri Kristanto oleh pemain terjadi ketika pengadil lapangan asal Semarang menunjuk titik putih menit ke-87 usai Abduh Lestaluhu dianggap melanggar Osvaldo Haay.

Dua menit berselang, protes lebih keras dilakukan usai wasit tak mengindahkan pelanggaran terhadap PS Tira Persikabo saat pemain Persebaya berusaha mencuri bola hingga mengakibatkan salah seorang pemainnya terjatuh.

Terlebih, berawal dari insiden tersebut terlahir gol ketiga Persebaya yang dicetak Amido Balde di menit ke-90 sekaligus menjadi gol penutup pada laga yang disaksikan sekitar 43 ribu penonton tersebut.

Saat protes dilakukan, salah seorang pemain PS Tira Persikabo Muhammad Rifad Marasabessy diusir ke luar lapangan karena mendorong wasit.

Selain itu, kapten tim Manahati Lestusen yang tersulut emosinya juga harus menerima kartu merah dan menyaksikan sisa beberapa menit pertandingan dari luar lapangan.

Usai wasit meniup peluit panjang tanda pertandingan berakhir, kembali pemain dan ofisial melalukan protes keras ke wasit, bahkan berujung di lorong ganti pemain.

Namun, berkat kesigapan petugas keamanan insiden cepat berakhir dan penonton tak sampai terpancing emosinya.

“Ini kelas turnamen pramusim dan kami tak akan melaporkan wasit ke PSSI. Tapi, sudah seharusnya mereka tahu dan mencatat sehingga bisa dijadikan bahan evaluasi sebelum Liga 1 digelar,” ucap RD, sapaan akrab Rahmad Darmawan seperti dilansir dari Suara.com.

Sementara itu, pada pertandingan tersebut Persebaya menang 3-1 sekaligus memastikan diri lolos ke babak empat besar Piala Presiden 2019.

Gol-gol kemenangan Persebaya dicetak Manuchekhr Jalilov di menit ke-2, Damian Lizio menit ke-88 melalui titik penalti dan Amido Balde menit ke-90, sedangkan gol PS Tira Persikabo dicetak Osas Saha di menit ke-62.

Berita Terkait

Berita Terkini