Bolaindonesia

4 Fakta Menarik di Balik Kemenangan Timnas Indonesia atas Myanmar

Berbagai rekor menarik tercipta pada laga tersebut.

Rauhanda Riyantama | Irwan Febri Rialdi

Timnas Indonesia vs Myanmar. (facebook/mffmyanmar)
Timnas Indonesia vs Myanmar. (facebook/mffmyanmar)

Bolatimes.com - Timnas Indonesia berhasil mengalahkan tuan rumah Myanmar pada laga uji coba bertajuk International FIFA Matchday A di Stadion Mandalathiri, Mandalay, Senin (25/3/2019) malam WIB. Beberpa fakta menarik pun tercipta.

Perlu diketahui, pertandingan melawan Myanmar adalah laga debut bagi Simon McMenemy sebagai pelatih Timnas Indonesia. Biasanya, tidak mudah bagi pelatih asing untuk meraih kemenangan bersama skuat Garuda.

Sejak tahun 2000 atau 19 tahun silam, pelatih asing Timnas Indonesia selalu gagal mempersembahkan kemenangan. Beberapa nama-nama adalah mulai dari Ivan Kolev, Peter White, Alfred Riedl, hingga Luis Milla.

Namun, Simon McMenemy akhirnya mampu mematahkan kutukan tersebut. Ia kini menjadi pelatih asing pertama yang mampu mempersembahkan kemenangan setelah 19 tahun.

Selain fakta menarik dari Simon McMenemy, berikut Bolatimes.com merangkum dari Labbola, empat hal yang perlu diketahui di balik kemenangan Timnas Indonesia atas Myanmar.

1. Greg Nwokolo cetak gol kedua untuk Timnas Indonesia

Greg Nwokolo berhasil menyumbang satu gol ke gawang Myanmar. Gol itu merupakan yang kedua bagi pemain berdarah Nigeria itu untuk Timnas Indonesia. Gol pertama Greg terjadi pada 14 Agustus 2013 ke gawang Filipina.

2. Rekor baru Andritany

Andritany Ardhiyasa tampil mengesankan di bawah mistar Timnas Indonesia. Penampilan paling heroik dirinya adalah ketika mampu menepis tendangan penalti pemain Myanmar, Nyein Chan Aung, pada menit ke-41.

Performa apik itu menjadi rekor baru bagi Andritany karena mampu menepis dua penalti terakhir yang dihadapainya. Sebeluknya, ia berhasil menepis eksekusi penalti Fernando Ortega di Liga 1 2018 lalu.

3. Debut dua pemain Timnas Indonesia

Novri Setiawan berhasil mencatatkan debutnya bersama Timnas Indonesia. Ia masuk di awal babak kedua untuk menggantikan Ruben Sanadi. Sementara Arthur Bonai, ia menggantikan Yanto Basna.

Berseragam Garuda di dada sebenarnya bukan hal baru bagi Novri karena ia pernah mendapakan kesempatan untuk bermain di ajang SEA Games 2013. Namun, caps sebagai pemain senior baru didapatkan ketika melawan Myanmar.

4. Rekor offside

Pada pertandingan melawan Myanmar, Indonesia mencatatkan offside sebanyak 11 kali. Jumlah itu adalah yang terbanyak dalam enam tahun terakhir.

Berita Terkait

Berita Terkini