Hasil Kualifikasi Piala Asia U-23: Indonesia Dipermalukan Thailand 4-0

Tim asuhan Indra Sjafri kalah menyakitkan 0-4.

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Jum'at, 22 Maret 2019 | 19:18 WIB
Timnas Indonesia U-23 saat menghadapi Bali United pada laga uji coba sebelum kualifikasi Piala Asia U-23 2020. (Dok. PSSI)

Timnas Indonesia U-23 saat menghadapi Bali United pada laga uji coba sebelum kualifikasi Piala Asia U-23 2020. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Timnas Indonesia U-23 mendapat pelajaran berharga kala melakoni laga pertama di ajang Kualifikasi Piala Asia U-23 2020. Menghadapi Thailand U-23 pada laga pertama Grup K di Stadion Nasional My Dinh, Hanoi, Vietnam, Jumat (22/3/2019) sore WIB, tim asuhan Indra Sjafri kalah menyakitkan 0-4.

Di awal-awal babak pertama, kedua tim tampil hati-hati. Timnas Indonesia U-23 sendiri sempat mengancam pada menit kelima melalui Osvaldo Haay. Namun sayang, bola yang dikuasai bintang Persebaya itu gagal dimaksimalkan dan mampu dihalau oleh pemain belakang Thailand.

Thailand sendiri berhasil membuka skor pada menit 21'. Thailand unggul 1-0 lewat gol Shinnaphat Leeaoh yang berhasil menyambut umpan lambung dari tendangan bebas Worachit.

Baca Juga: Greg Nwokolo Sambut Baik Filosofi Bermain Simon McMenemy di Timnas

Setelah itu, Timnas Indonesia U-23 lebih banyak bermain bertahan sambil menunggu celah untuk melakukan serangan balik. Sebab, Thailand tampil cukup impresif dengan mendominasi penguasaan bola mencapai 68 persen.

Timnas Indonesia U-23 praktis masih kesulitan untuk membongkar pertahanan Thailand. Egy Maulana Vikri, Saddil Ramdani, dan Gian Zola masih kesulitan untuk mengirim umpan-umpan matang kepada Marinus Wanewar yang diplot sebagai ujung tombak. Skor pun tak berubah, Thailand unggul 1-0 di babak pertama.

Memasuki babak kedua, alih-alih tampil menyerang untuk menyamakan kedudukan, Andy Setyo cs justru harus kecolongan dengan gol kedua yang dicetak oleh Supachai Chaided pada menit ke-50 lewat titik putih.

Baca Juga: Viral! Momen Indra Sjafri Saat Menolong Ojol di Vietnam

Praktis setelah gol kedua Indonesia lebih banyak tertekan. Alhasil, Supachai Chaided mencetak brace pada menit ke-71, memanfaatkan umpan mendatar dari sayap kanan.

Tertinggal tiga gol, Garuda Muda makin tak berdaya. Egy Maulana Vikri yang ditunjuk sebagai playmaker gagal menciptakan peluang sehingga gol pun tak kunjung tercipta untuk Indonesia.

Pada menit ke-74, Supachok Sarachat berhasil mengecoh pemain belakang Indonesia. Lantas tendangan keras dari jarak jauh dengan mudah merobek gawang yang dikawal oleh Awan Setho, dan gol keempat bagi Thailand tercipta.

Baca Juga: Senasib dengan Ezra Walian, Pemain Thailand Ini Ikut Angkat Bicara

Memasuki masa injury time, gol Indonesia yang dicetak oleh Dimas Drajad dianulis oleh wasit karena lebih dulu terperangkap offside. Di sisa waktu pertandingan tak ada gol tambahan tercipta, Indonesia harus menelan kekalahan empat gol tanpa balas.

Indonesia pun gagal mendulang poin penting dipertandingan pertama Grup K di ajang Kualifikasi Piala Asia U-23 2020. Sementara Thailand berada di puncak klasemen sementara.

Dengan begitu, Indonesia wajib menang ketika malawan Vietnam serta Brunei Darussalam di pertandingan selanjutnya jika ingin lolos ke putaran final Piala Asia U-23 2020 yang akan diselenggarakan di Thailand.

Susunan Pemain

Timnas Indonesia U-23: Awan Setho Raharjo, Asnawi Mangkualam, Rachmat Irianto, Andy Setyo (kapten), Firza Andika, Muhammad Luthfi, Gian Zola, Osvaldo Haay, Saddil Ramdani, Egy Maulana Vikri, Marinus Wanewar.

Pelatih: Indra Sjafri

Timnas Thailand U-23: Nont Muangngam, Sakuchai Saengthopho, Shinnaphat Leeaoh (kapten), Worachit Kanitsrimbumphen, Supachai Chaided, Supachok Sarachat, Wisarut Imura, Kannarin Thawornsak, Saringkan Promsupa, Jakkit Wachiprom, Kritsada Kaman.

Pelatih: Alexandre Gama

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Bek Persib Bandung Kakang Rudianto langsung terbang ke Dubai untuk bergabung bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam ajang Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Timnas mengawalinya dengan pemusatan latihan di Dubai

bolaindonesia | 12:49 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia Shin Tae-yong masih mempunyai pekerjaan rumah sebelum menjalani debut di Piala Asia U-23 2024 di Qatar

bolaindonesia | 14:34 WIB

Nathan Tjoe-A-On, pemain asal klub Eredivisie Belanda, SC Heerenveen menjadi nama terakhir yang dipanggil Shin Tae-yong bersama 27 pemain timnas Indonesia guna menjalani persiapan Piala Asia U23 2024 di Qatar.

bolaindonesia | 20:34 WIB

Pelatih timnas Indonesia U23, Shin Tae-yong memberi apresiasi bantuan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dan para pemilik klub Liga 1 Indonesia.

bolaindonesia | 20:06 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia, Shin Tae-yong sampaikan terimakasih kepada klub peserta Liga 1 yang sudah memberikan dukungan penuh untuk timnya tampil dalam Piala Asia U-23 Qatar 2024.

bolaindonesia | 16:37 WIB

Pemain Persib Beckham Putra Nugraha kembali batal memperkuat Tim Nasional Indonesia akibat cedera. Sebelumnya absen dalam ajang Asia Games 2023, kali ini tak tampil di Piala Asia U-23 di Qatar

bolaindonesia | 15:45 WIB

Pemain keturunan Seharga Rp31,29 Miliar mengaku sedang melakukan proses naturalisasi, bakal jadi amunisi baru timnas Indonesia kontra Irak?

bolaindonesia | 12:19 WIB

Gelandang Persib Bandung Beckham Putra Nugraha akan fokus untuk menghadapi Bhayangkara FC sebelum berkonsentrasi bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam AFC U23 Cup 2024 di Qatar

bolaindonesia | 12:40 WIB

Pertandingan Persib kontra Bhayangkara akan jadi pertandingan alumni Seri A Italia

bolaindonesia | 20:34 WIB

Gelandang Persib Bandung, Marc Klok mengalami cedera dan harus menjalani pemulihan di Singapura.Kondisi itu membuat Klok tak ikut dalam dalam rombongan Tim Nasional Indonesia untuk menghadapi Vietnam

bolaindonesia | 19:26 WIB

Setelah pemanggilan pada Sabtu (23/3/2024) pukul 02.44 WIB, hari ini Ernando Ari sudah terlihat ikut berlatih bersama rekan-rekan Timnas lainnya di Hanoi, Vietnam.

bolaindonesia | 09:19 WIB

Jelang laga lawan Vietnam, Timnas Indonesia hadapkan krisis pemain. Sehingga STY memanggil punggawa tambahan untuk terbang ke Vietnam.

bolaindonesia | 13:47 WIB

Dalam pertandingan putaran pertama, pada Jumat, (22/3/2024) berakhir imbang 1-1, Arkhan Kaka sama sekali tidak mencetak gol akibat rapatnya pertahanan timnas China.

bolaindonesia | 12:35 WIB

Kabarnya, Timnas Indonesia harus kehilangan lima pemain sekaligus lantaran kondisi kesehatan yang terganggu.

bolaindonesia | 08:45 WIB

Lama tak ada kabar soal kebersamaannya bersama Timnas Indonesia, gelandang Persib, Marck Klok tiba-tiba memberi kabar tak sedap.Pemain berdarah Belanda itu mengaku jika dirinya meninggalkan Timnas Indonesia karena alasan pribadi.

bolaindonesia | 07:15 WIB

Timnas U20 Indonesia bermain dengan formasi 4-3-3 di pertandingan ini. Indra Sjafri memposisikan Arkhan Kaka sebagai striker utama, didukung oleh Afrisal dan Ariansyah di sampingnya.

bolaindonesia | 06:15 WIB

ek tim nasional Indonesia, Jay Idzes dalam laga itu mendapat pujian netizen lantaran permainan yang apik.Dia mampu menunjukkan sikap rendah hati setelah mendapat pujian lantaran mampu memimpin lini belakang secara baik.

bolaindonesia | 16:39 WIB

Shin Tae-yong membuat kaget para fans Timnas Indonesia dengan memasang Hokky Caraka sebagai starter, ternyata dibalik semua itu ada ada alasan ini

bolaindonesia | 13:59 WIB
Tampilkan lebih banyak