Sempat Kecolongan, Persija Jakarta Taklukkan Shan United di Piala AFC

Persija Jakarta comeback taklukkan wakil Myanmar Shan United.

Galih Priatmojo | BolaTimes.com
Selasa, 12 Maret 2019 | 19:15 WIB
Gelandang serang Persija Jakarta, Bruno Matos (kanan). [Twitter resmi Persija]

Gelandang serang Persija Jakarta, Bruno Matos (kanan). [Twitter resmi Persija]

Bolatimes.com - Mental juara ditunjukkan Persija Jakarta kala menghadapi tuan rumah Shan United pada laga matchday 2 Grup G Piala AFC 2019 di Thuwanna YTC Stadium, Yangon, Selasa (12/3/2010) sore WIB. Sempat tertinggal lebih dulu, skuat Macan Kemayoran mampu mengubah keadaan dan berhasil menang.

Persija memang ketinggalan 0-1 lebih dahulu lewat gol penggawa Shan asal Jepang, Reo Nakamura pada menit 14. Namun, Persija berhasil bangkit dengan memborong tiga gol pada paruh kedua.

Bruno Matos tampil cemerlang dengan menyumbang dua gol untuk Persija, masing-masing pada menit 66 dan 83. Sementara satu gol Persija lainnya dibukukan bek Steven Paulle pada menit 77. 

Baca Juga: Demi Cinta, Louis van Gaal Putuskan Pensiun dari Sepak Bola

Dengan kemenangan ini, Persija Jakarta untuk sementara memuncaki klasemen Grup G dengan empat poin dari dua pertandingan, unggul satu poin atas Ceres FC yang menghuni peringkat kedua. Klub Filipina itu baru akan bermain menghadapi wakil Vietnam, Becamex Binh Duong pada laga kedua Grup G petang ini.

Jalannya Pertandingan

Persija langsung coba menekan pertahanan tim tuan rumah di awal-awal babak pertama, yakni melalui kombinasi Heri Susanto dan Dany Saputra. Namun sayang, upaya keduanya masih belum membuahkan hasil.

Baca Juga: Ini Respons Saddil Ramdani Usai Gagal Perkuat Skuat Juara Timnas Indonesia

Pada menit kedelapan, giliran Riko Simanjuntak yang mengancam. Sepakan sudutnya mengarah kepada Paulle dan diteruskan ke Heri. Tetapi tandukannya masih melebar dan Persija masih urung membuka skor.

Shan yang bertindak sebagai tuan rumah lantas mencoba keluar dari tekanan demi tekanan. Peluang berbahaya mereka dapat pada menit 12 lewat sepakan ambisius Set Phyo Wai. Sayang, percobaan ini masih melambung.

Kebuntuan akhirnya pecah. Meski minim serangan, Shan justru mampu unggul 1-0 lebih dahulu atas Persija, melalui gol Nakamura pada 16. Shan unggul 1-0!

Baca Juga: Berniat Singkirkan Barcelona, Lyon Akan Hentikan Lionel Messi

Tertinggal satu gol membuat Persija kian meningkatkan intensitas serangan mereka. Sejumlah peluang berhasil diciptakan, namun belum membuahkan, termasuk dari Matos.

Pada menit 42, Matos mengeksekusi tendangan bebas di luar kotak penalti. Persija nyaris menyamakan kedudukan, andai bola tendangan Matos tidak membentur tiang gawang.

Tak ada gol tambahan lagi di sisa waktu babak pertama, sehingga skor 1-0 untuk keunggulan Shan tak berubah sampai half-time.

Baca Juga: Nih Izabel Goulart yang Bikin Kiper PSG Betah Bobo Lima Kali Seminggu

Memasuki paruh kedua, Persija langsung tancap gas. Peluang coba diciptakan oleh Dany pada menit 49, namun crossing-nya tak mampu dimanfaatkan Ramdani Lestaluhu ataupun Riko.

Serangan bertubi-tubi yang dilakukan Persija akhirnya membuahkan hasil pada menit 66. Matos menuntaskan peluang emas dari sebuah umpan terobosan. Skor kini 1-1!

Usai gol Matos, Persija tetap bernafsu melakukan serangan meski mereka sejatinya bermain tandang. kedua tim tamu pun akhirnya lahir pada menit 77. Persija comeback dan berbalik unggul 2-1 lewat gol Paulle memanfaatkan kemelut di mulut gawang Shan.

Lima menit jelang waktu normal usai, Persija kembali menambah gol, lagi-lagi lewat Matos. Skor pun jadi 3-1 untuk keunggulan Persija, yang berakhir hingga laga rampung.

Susunan Pemain

Shan United XI: Latt; Zaw, Ye, Aung, Htan; Nakamura, Wai; Yan, Zin, Conceicao; Calijuri.

Persija Jakarta XI: Shahar; Ismed, Paulle, Maman, Dany; Rohit; Hery Susanto/Fitra Ridwan, Lestaluhu/Sandi, Matos, Riko; Escobar/Bambang Pamungkas.

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Bek Persib Bandung Kakang Rudianto langsung terbang ke Dubai untuk bergabung bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam ajang Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Timnas mengawalinya dengan pemusatan latihan di Dubai

bolaindonesia | 12:49 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia Shin Tae-yong masih mempunyai pekerjaan rumah sebelum menjalani debut di Piala Asia U-23 2024 di Qatar

bolaindonesia | 14:34 WIB

Nathan Tjoe-A-On, pemain asal klub Eredivisie Belanda, SC Heerenveen menjadi nama terakhir yang dipanggil Shin Tae-yong bersama 27 pemain timnas Indonesia guna menjalani persiapan Piala Asia U23 2024 di Qatar.

bolaindonesia | 20:34 WIB

Pelatih timnas Indonesia U23, Shin Tae-yong memberi apresiasi bantuan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dan para pemilik klub Liga 1 Indonesia.

bolaindonesia | 20:06 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia, Shin Tae-yong sampaikan terimakasih kepada klub peserta Liga 1 yang sudah memberikan dukungan penuh untuk timnya tampil dalam Piala Asia U-23 Qatar 2024.

bolaindonesia | 16:37 WIB

Pemain Persib Beckham Putra Nugraha kembali batal memperkuat Tim Nasional Indonesia akibat cedera. Sebelumnya absen dalam ajang Asia Games 2023, kali ini tak tampil di Piala Asia U-23 di Qatar

bolaindonesia | 15:45 WIB

Pemain keturunan Seharga Rp31,29 Miliar mengaku sedang melakukan proses naturalisasi, bakal jadi amunisi baru timnas Indonesia kontra Irak?

bolaindonesia | 12:19 WIB

Gelandang Persib Bandung Beckham Putra Nugraha akan fokus untuk menghadapi Bhayangkara FC sebelum berkonsentrasi bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam AFC U23 Cup 2024 di Qatar

bolaindonesia | 12:40 WIB

Pertandingan Persib kontra Bhayangkara akan jadi pertandingan alumni Seri A Italia

bolaindonesia | 20:34 WIB

Gelandang Persib Bandung, Marc Klok mengalami cedera dan harus menjalani pemulihan di Singapura.Kondisi itu membuat Klok tak ikut dalam dalam rombongan Tim Nasional Indonesia untuk menghadapi Vietnam

bolaindonesia | 19:26 WIB

Setelah pemanggilan pada Sabtu (23/3/2024) pukul 02.44 WIB, hari ini Ernando Ari sudah terlihat ikut berlatih bersama rekan-rekan Timnas lainnya di Hanoi, Vietnam.

bolaindonesia | 09:19 WIB

Jelang laga lawan Vietnam, Timnas Indonesia hadapkan krisis pemain. Sehingga STY memanggil punggawa tambahan untuk terbang ke Vietnam.

bolaindonesia | 13:47 WIB

Dalam pertandingan putaran pertama, pada Jumat, (22/3/2024) berakhir imbang 1-1, Arkhan Kaka sama sekali tidak mencetak gol akibat rapatnya pertahanan timnas China.

bolaindonesia | 12:35 WIB

Kabarnya, Timnas Indonesia harus kehilangan lima pemain sekaligus lantaran kondisi kesehatan yang terganggu.

bolaindonesia | 08:45 WIB

Lama tak ada kabar soal kebersamaannya bersama Timnas Indonesia, gelandang Persib, Marck Klok tiba-tiba memberi kabar tak sedap.Pemain berdarah Belanda itu mengaku jika dirinya meninggalkan Timnas Indonesia karena alasan pribadi.

bolaindonesia | 07:15 WIB

Timnas U20 Indonesia bermain dengan formasi 4-3-3 di pertandingan ini. Indra Sjafri memposisikan Arkhan Kaka sebagai striker utama, didukung oleh Afrisal dan Ariansyah di sampingnya.

bolaindonesia | 06:15 WIB

ek tim nasional Indonesia, Jay Idzes dalam laga itu mendapat pujian netizen lantaran permainan yang apik.Dia mampu menunjukkan sikap rendah hati setelah mendapat pujian lantaran mampu memimpin lini belakang secara baik.

bolaindonesia | 16:39 WIB

Shin Tae-yong membuat kaget para fans Timnas Indonesia dengan memasang Hokky Caraka sebagai starter, ternyata dibalik semua itu ada ada alasan ini

bolaindonesia | 13:59 WIB
Tampilkan lebih banyak