Bolaindonesia

Sempat Paksa Newcastle Jets Bermain Imbang, Persija Akhirnya Tumbang 3-1

Persija Jakarta kalah 3-1 saat bertandang ke markas Newcastle Jets dalam laga kedua babak kualifikasi Liga Champions Asia 2019.

Galih Priatmojo | Andiarsa Nata

Laga Newcastle Jets vs Persija Jakarta (twitter.com/NewcastleJetsFC)
Laga Newcastle Jets vs Persija Jakarta (twitter.com/NewcastleJetsFC)

Bolatimes.com - Persija Jakarta tunduk dari Newcastle Jets saat bertandang di Stadion McDonald Jones dalam laga playoff kedua Liga Champions Asia 2019, Selasa (12/2/2019). Persija kalah dengan skor 3-1 dari tim tuan rumah.

Tim Macan Kemayoran tertinggal lebih dulu lewat gol Ronal Vargas pada menit 49. Untung bagi Persija, mereka bisa menyamakan kedudukan menjadi 1-1 lewat gol Ramdani Lestaluhu pada menit 72. Namun di babak tambahan waktu, Jets membalikkan keadaan lewat gol Nigel Boogaard (101') dan Matt Ridenton (120). 

Jalannya pertandingan

Tim tuan rumah langsung bermain menekan sejak menit pertama. Newcastle Jets hampir menciptakan gol cepat pada menit 7 karena terjadinya kemelut di depan gawang Persija. Akan tetapi bola berakhir dengan membentur mistar gawang.

Terus berada dalam tekanan, Persija mencoba membangun serangan. Kesempatan dicoba dilakukan oleh Riko Simanjuntak lewat tendangan jarak jauhnya pada menit 19. Namun sayang, tendangan Riko bisa diantisipasi oleh kiper Jets, Moss.

Setelah itu kedua tim terus saling jual beli serangan. Tetapi belum juga berhasil menciptan gol. Hingga menjelang berakhirnya babak pertama, beberapa peluang diciptakan oleh Persija lewat Tony Sucipto, dan Marko Simic. Tetapi hinnga peluit babak pertama dibunyikan, skor masih imbang tanpa gol.

Usai turun minum, Newcastel Jets langsung tancap gas. Terbukti pada menit 49 mereka membuka keunggulan lewat kaki Ronal Vargas. Kedudukan pun berubah menjadi 1-0 untuk keunggulan tim tuan rumah.

Keunggulan Jets tersebut bertahan cukup lama. Hingga pada menit 72, Persija kemudian menyamakan kedudukan menjadi 1-1 lewat tandukan Ramdani Lestaluhu.

Kedudukan imbang 1-1 itu pun bertahan hingga babak waktu normal berakhir.

Memasuki babak pertama tambahan waktu, Persija Jakarta justru kecolongan. Newcastle Jets mampu membalikkan keadaan menjadi 2-1 lewat sepakan Nigel Boogaard pada menit 101.

Tertinggal satu gol, Persija berusaha bangkit di babak kedua tambahan waktu, akan tetapi mereka justru semakin gencar mendapat serangan dari tim tuan rumah.

Pada menit 107, Jets hampir saja menambah keunggulan. Untung bagi Persija tendangan keras dari Ridenton sedikit melambung dari gawang Andritany.

Persija Jakarta berusahan membangung serangan untuk menemukan celah menyamakan kedudukan. Akan tetapi serangan Ismed Sofyan dan kawan-kawan beberapa kali berhasil digagalkan.

Newcastle Jets justru beberapa kali menciptakan peluang emas. Untung perfroma kiper Andritany tengah bagus, ia beberapa kali mengagalkan upaya para pemain Jets.

Terus mendapatkan tekanan, gawang Andritany pun akhirnya kembali kebobolan pada menit 120. Sundulan dari Matt Ridenton tak bisa dihalau oleh kiper berusia 27 tahun tersebut.

Keunggulan Newcastle Jets itu pun bartahan hingga berakhirnya pertandinan. Persija Jakarta tunduk dari Jets dengan skor 3-1. Dengan hasil tersebut, Jets berhak melanjutkan langkahnya ke babak kualifikasi ketiga Liga Champions Asia 2019.

Susunan Pemain Newscastle Jets vs Persija Jakarta:

Newcastle Jets (4-4-2): Glen Moss; Daniel Georgievski, Nigel Boogaard, Nikolai Topor-Stanley, John Koutroumbis; Steven Ugarkovic, Dimi Petratos, Ben Kantarovski; Roy O’Donovan, Kaine Sheppard

Pelatih: Ernie Merrick

Persija Jakarta (4-3-3): Andritany Ardhiyasa; Dany Saputra, Ryuji Utomo, Maman Abdurahman, Ismed Sofyan; Sandi Sute, Yan Pieter Nasadith/Tony Sucipto (40'), Ramdani Lestaluhu; Beto Goncalves, Marko Simic, Riko Simanjuntak

Pelatih: Ivan Kolev

Berita Terkait

Berita Terkini