Bolaindonesia

Ini Empat Stadion Tertua dan Bersejarah di Indonesia

Bahkan, ada beberapa stadion yang telah didirikan sebelum Indonesia merdeka

Rauhanda Riyantama

Stadion Siliwangi. (Instagram/ilham_frmnsyh13)
Stadion Siliwangi. (Instagram/ilham_frmnsyh13)

Bolatimes.com - Dewasa ini, dunia persepakbolaan telah berubah menjadi ladang bisnis yang menggiurkan. Mulai dari transfer pemain dengan harga selangit hingga pembangunan stadion mewah yang merepresentasikan klub tersebut.

Nah, bicara soal stadion, di Indonesia sendiri dalam beberapa tahun terakhir tengah gencar membangun stadion baru. Tercatat ada sembilan stadion megah yang telah dibangun.

Namun, para penggemar sepak bola Tanah Air tak boleh lupa dengan stadion yang telah dibangun sejak puluhan tahun silam. Bahkan, ada beberapa stadion yang telah didirikan sebelum Indonesia merdeka dan masih digunakan hingga sekarang.

Dirangkum Bolatimes.com dari berbagai sumber, berikut empat stadion tertua yang ada di Indonesia.

1. Stadion Gajayana, Malang

Siapa sangka jika stadion kebanggan arek Ngalam (anak Malang) ini telah berdiri sebelum Indonesia merdeka. Stadion Gajayana telah berdiri sejak 1924 dan dibuka pada 1926.

Di stadion ini pula, Arema merengkuh titel Galatama untuk pertama dan terakhir kali, tepatnya pada musim 1992/1993. Sejak saat itu, Arema dan Aremania tumbuh menjadi klub dengan basis suporter terbesar di Indonesia.

2. Stadion Gelora 10 November, Surabaya

Hanya berjarak 95 kilometer dari Kota Malang, terdapat Stadion Gelora 10 November yang menjadi kebanggaan warga Surabaya. Stadion yang telah berdiri pada 1951 ini menjadi saksi bisu perkembangan Persebaya Surabaya sejak awal berdiri hingga sekarang.

Stadion berkapasitas 30 ribu penonton ini begitu bersejarah. Sebab pernah menggelar Pekan Olahraga Nasional (PON) VII 1969. Selain itu, stadion yang juga beken disebut Stadion Tambaksari ini pernah melangsungkan pertandingan Persebaya melawan Ajax Amsterdam pada 1975 dan Arsenal versus Niac Mitra pada 1983.

Berita Terkait

Berita Terkini