Comeback Sempurna, Timnas Indonesia Kalahkan Timor Leste

Sempat kesulitan di babak pertama, timnas Indonesia cetak tiga gol di babak kedua.

Stephanus Aranditio | BolaTimes.com
Selasa, 13 November 2018 | 20:58 WIB
Pemain timnas Indonesia Alberto Goncalves (tengah) menggiring bola dibayangi dua pemain timnas Timor Leste Feliciano Pinheiro Goncalves (kiri) dan Gumario Augusto Fernandes dalam penyisihan grup B Piala AFF 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (13/11/2018). (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Pemain timnas Indonesia Alberto Goncalves (tengah) menggiring bola dibayangi dua pemain timnas Timor Leste Feliciano Pinheiro Goncalves (kiri) dan Gumario Augusto Fernandes dalam penyisihan grup B Piala AFF 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (13/11/2018). (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Bolatimes.com - Sempat tertinggal terlebih dahulu, timnas Indonesia vs Timor Leste berakhir untuk kemenangan Garuda dengan skor 3-1 pada matchday kedua babak penyisihan grup B Piala AFF 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Selasa (13/11/2018) 19:00 WIB.

Jalannya Pertandingan

Timor Leste lebih dulu menekan pertahanan Indonesia. Bahkan serangan yang dilakukan tim Bumi Lorosae ini cukup membahayakan namun sundulan Gumario Augusto Da Silva masih berada di atas gawang Andritany Ardhiyasa di menit ke-4.

Baca Juga: Timnas Indonesia vs Timor Leste Imbang di Babak Pertama

Indonesia mencoba lepas dari tekanan dan menekan pertahanan Timur Leste lewat umpan Beto namun terlalu tinggi. Pada menit ke-12, M. Hargianto mencoba mengancam lewat tendangan bebasnya namun bola masih berada tipis di atas gawang.

Tekanan masih terus coba dibangun oleh skuat besutan Bima Sakti. Andik Vermansah dan Gavin Kwan Adsit mencoba membuka serangan namun masih dapat dihentikan oleh pemain belakang Timor Leste.

Pada menit ke-20, Hansamu Yama Pranata gagal memanfaatkan sepak pojok Febri Hariyadi setelah sundulannya kurang sempurna sehingga masih berada di samping gawang Timor Leste yang dikawal Fagio Pereira.

Baca Juga: Susunan Pemain Timnas Indonesia vs Timor Leste, Bima Sakti Rotasi

Pemain Timnas Indonesia Hansamu Yama (atas) berebut bola dengan sejumlah pesepak bola Timor Leste dalam laga lanjutan Piala AFF 2018 di Jakarta, Selasa (13/11/2018). (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)
Pemain Timnas Indonesia Hansamu Yama (atas) berebut bola dengan sejumlah pesepak bola Timor Leste dalam laga lanjutan Piala AFF 2018 di Jakarta, Selasa (13/11/2018). (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

Serangan masih coba dilakukan oleh skuat Garuda. Tiga menit berselang Andik melakukan tekanan dari sisi kanan dan melewati pemain lawan, namun umpannnya masih dapat dihalau bek Timor Leste.

Tekanan masih dilakukan oleh Indonesia lewat Evans Dimas. Namun peluangnya di menit ke-34 masih melenceng dari target, sedangkan sundulannya masih dapat ditepis ke samping gawang.

Sementara tendangan kaki kanan Febri dari luar kotak penalti masih berada tipis di samping gawang lawan. Pada menit ke-43, sempat terjadi kemelut di depan gawang Timor Leste, tendangan Hansamu masih membentur tiang gawang.

Baca Juga: Bek Liga Inggris Kirim Kode Gabung Timnas Indonesia

Tekanan masih terus dilakukan oleh para pemain Indonesia. Namun hingga turun minum belum ada gol yang tercipta dari kedua tim.

Babak Kedua

Indonesia lebih dulu menekan di awal babak kedua lewat upaya Beto. Namun Timor Leste secara mengejutkan mampu memimpin lebih dulu 1-0 lewat tendangan keras Rufino Walter Gama dari luar kotak penalti di menit ke-48.

Baca Juga: #KosongkanGBK Viral Jelang Timnas Indonesia vs Timor Leste

Tertinggal, Indonesia mencoba meningkatkan tekanannnya Indonesia namun tembakan Beto masih melenceng dari target di menit ke-52. Pelatih Bima Sakti pun memasukan Riko Simanjuntak menggantikan Febri Haryadi guna menambah serangan.

Di menit ke-58, Evan Dimas membuang kesempatan setelah tendangannya masih melambung dari depan gawang setelah mendapatkan umpan dari Riko Simanjuntak. Evan tampak kecewa dengan kegagalannya tersebut.

Indonesia kembali menekan kali ini lewat Andik dari sayap kiri. Umpan Andik diselesaikan dengan baik oleh Alfath Fathier lewat sepakannya yang tak mampu dibendung kiper Fagio Pereira di menit ke-60. Skor pun menjadi 1-1

Tiga menit berselang Bima Sakti menarik Septian David Maulana dan menggantikannya dengan Stefano Lilipaly. Ancaman masih terus dilakukan oleh skuat Garuda ke pertahanan Timor Leste.

Di menit ke-68, Timnas Indonesia mendapatkan hadiah penalti setelah Andik dijatuhkan oleh Gumario. Stefano Lilipaly sebagai eksekutor melakukan tugasnya dengan baik dan memastikan Timnas Indonesia balik memimpin 2-1.

Tekanan masih terus dilakukan oleh Indonesia ke pertahanan Timor Leste. Pada menit ke-81, Alfath Fathier kembali memiliki peluang untuk mencetak gol keduanya namun tembakannya masih melebar

Satu menit berselang, Timnas Indonesia akhirnya unggul berhasil 3-1 lewat gol cantik Beto lewat sundulannya setelah menyambut crossing dari Riko Simanjuntak.

Timor Leste juga punya peluang namun dapat diamankan kiper Andritany, sementara ancaman Armindo de Almeida masih melenceng dari target. Hingga wasit meniupkan peluit panjang skor masih tetap 3-1 bagi kemenangan timnas Indonesia.

Susunan Pemain :

Timnas Indonesia: Andritany Ardhiyasa; Gavin Kwan Adsit, Fachruddin Aryanto, Hansamu Yama Pranata (C), Alfath Faathier; Evan Dimas, Muhammad Hargianto; Andik Vermansah, Septian david Maulana, Febri Hariyadi; Beto Goncalves.

Pelatih: Bima Sakti

Timnas Timor Leste: Fagio Pereira; Gumario Augusto Da Silva, Jose Guterres Silva, Adelino Trindade Manek De Oliveira; Armindo Correira De Almeida, Filomeno Junior Da Costa, Feliciano Pinheiro Goncalves, Mataniel De Jesus reis (C) ; Rufino Walter Gama, Joao Pedro Da Silva Freitas, Henrique Wilson Da Cruz Martins

Pelatih: Norio Tsukitate

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Bek Persib Bandung Kakang Rudianto langsung terbang ke Dubai untuk bergabung bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam ajang Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Timnas mengawalinya dengan pemusatan latihan di Dubai

bolaindonesia | 12:49 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia Shin Tae-yong masih mempunyai pekerjaan rumah sebelum menjalani debut di Piala Asia U-23 2024 di Qatar

bolaindonesia | 14:34 WIB

Nathan Tjoe-A-On, pemain asal klub Eredivisie Belanda, SC Heerenveen menjadi nama terakhir yang dipanggil Shin Tae-yong bersama 27 pemain timnas Indonesia guna menjalani persiapan Piala Asia U23 2024 di Qatar.

bolaindonesia | 20:34 WIB

Pelatih timnas Indonesia U23, Shin Tae-yong memberi apresiasi bantuan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dan para pemilik klub Liga 1 Indonesia.

bolaindonesia | 20:06 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia, Shin Tae-yong sampaikan terimakasih kepada klub peserta Liga 1 yang sudah memberikan dukungan penuh untuk timnya tampil dalam Piala Asia U-23 Qatar 2024.

bolaindonesia | 16:37 WIB

Pemain Persib Beckham Putra Nugraha kembali batal memperkuat Tim Nasional Indonesia akibat cedera. Sebelumnya absen dalam ajang Asia Games 2023, kali ini tak tampil di Piala Asia U-23 di Qatar

bolaindonesia | 15:45 WIB

Pemain keturunan Seharga Rp31,29 Miliar mengaku sedang melakukan proses naturalisasi, bakal jadi amunisi baru timnas Indonesia kontra Irak?

bolaindonesia | 12:19 WIB

Gelandang Persib Bandung Beckham Putra Nugraha akan fokus untuk menghadapi Bhayangkara FC sebelum berkonsentrasi bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam AFC U23 Cup 2024 di Qatar

bolaindonesia | 12:40 WIB

Pertandingan Persib kontra Bhayangkara akan jadi pertandingan alumni Seri A Italia

bolaindonesia | 20:34 WIB

Gelandang Persib Bandung, Marc Klok mengalami cedera dan harus menjalani pemulihan di Singapura.Kondisi itu membuat Klok tak ikut dalam dalam rombongan Tim Nasional Indonesia untuk menghadapi Vietnam

bolaindonesia | 19:26 WIB

Setelah pemanggilan pada Sabtu (23/3/2024) pukul 02.44 WIB, hari ini Ernando Ari sudah terlihat ikut berlatih bersama rekan-rekan Timnas lainnya di Hanoi, Vietnam.

bolaindonesia | 09:19 WIB

Jelang laga lawan Vietnam, Timnas Indonesia hadapkan krisis pemain. Sehingga STY memanggil punggawa tambahan untuk terbang ke Vietnam.

bolaindonesia | 13:47 WIB

Dalam pertandingan putaran pertama, pada Jumat, (22/3/2024) berakhir imbang 1-1, Arkhan Kaka sama sekali tidak mencetak gol akibat rapatnya pertahanan timnas China.

bolaindonesia | 12:35 WIB

Kabarnya, Timnas Indonesia harus kehilangan lima pemain sekaligus lantaran kondisi kesehatan yang terganggu.

bolaindonesia | 08:45 WIB

Lama tak ada kabar soal kebersamaannya bersama Timnas Indonesia, gelandang Persib, Marck Klok tiba-tiba memberi kabar tak sedap.Pemain berdarah Belanda itu mengaku jika dirinya meninggalkan Timnas Indonesia karena alasan pribadi.

bolaindonesia | 07:15 WIB

Timnas U20 Indonesia bermain dengan formasi 4-3-3 di pertandingan ini. Indra Sjafri memposisikan Arkhan Kaka sebagai striker utama, didukung oleh Afrisal dan Ariansyah di sampingnya.

bolaindonesia | 06:15 WIB

ek tim nasional Indonesia, Jay Idzes dalam laga itu mendapat pujian netizen lantaran permainan yang apik.Dia mampu menunjukkan sikap rendah hati setelah mendapat pujian lantaran mampu memimpin lini belakang secara baik.

bolaindonesia | 16:39 WIB

Shin Tae-yong membuat kaget para fans Timnas Indonesia dengan memasang Hokky Caraka sebagai starter, ternyata dibalik semua itu ada ada alasan ini

bolaindonesia | 13:59 WIB
Tampilkan lebih banyak