Fokus AFF 2018: Menunggu Kejutan Debut Penggawa Muda Timor Leste

Timor Leste untuk kali pertama berhasil menembus putaran final AFF. Di edisi 2018 ini bagaimanakah kans mereka?

Galih Priatmojo | Andiarsa Nata | BolaTimes.com
Selasa, 06 November 2018 | 09:00 WIB
Timnas Timor Leste. [@affsuzukicup/Instagram]

Timnas Timor Leste. [@affsuzukicup/Instagram]

Bolatimes.com - Timnas Indonesia akan berhadapan dengan Timor Leste pada Selasa, (13/11/2018) dalam babak penyishan Grup B Piala AFF 2018.

Melihat pertemuan dengan Timor Leste, Indonesia bisa dikatakan menang dari segi pemain dan pengalaman di Piala AFF.

Bagi Timor Leste, Piala AFF 2018 menjadi sejarah karena untuk kali pertama dalam 14 tahun mereka bisa lolos ke putaran final Piala AFF. Sebelumnya di Piala AFF 2016, mereka tersingkir di babak kualifikasi.

Dalam perjalanannya di babak kualifikasi Piala AFF 2018, Timor Leste berhasil menyingkirkan Brunei Darussalam dengan unggul agregat 2-3.

Timor Leste memang belum merasakan panggung Piala AFF sejak 2004, akan tetapi tim yang berjuluk The Rising Sun ini sudah merasakan ketatnya persaingan sepak bola asia di Asian Games 2018 yang belum lama ini berlangsung di Jakarta - Palembang.

Meski langkah mereka tak mulus usai menderita kekalahan beruntun dari total tiga laga yang mereka jalani di babak penyisihan grup, tetapi laga tersebut bisa dijadikan motivasi sekaligus menambah pengalaman dan modal mereka untuk berlaga di Piala AFF 2018.

Di ajang Asian Games 2018, Timor Leste tergabung di Grup C bersama tim-tim kuat, seperti Tiongkok, Suriah, dan Uni Emirat Arab (UEA).

Adapun prestasi yang ditunjukkan oleh Timor Leste belum ini adalah berhasil menjuarai Hassanal Bolkiah Trophy, sebuah turnamen internasional yang mempertemukan beberapa timnas U-22 Asia Tenggara.

Uji coba Internasional Timor Leste

Tak banyak uji coba Internasional yang dijalani oleh Timor Leste pada tahun 2018. Bahkan menjelang Piala AFF 2018, mereka hanya menjalani satu laga uji coba pada 12 Oktober 2018 melawan Kamboja. Sisanya, mereka menjalani tiga laga uji coba di akhir tahun 2017 melawan Laos, Taiwan, dan Filipina.

Hasil dari empat laga uji coba tersebut, Timor Leste memperoleh satu kali kemenangan, dua kekalahan, dan satu hasil imbang.

Berikut hasil lengkap uji coba Internasional terakhir yang dijalani Timor Leste:

(3/12/17) Laos 2 - 1 Timor Leste

(4/12/17) Taiwan 3 - 1 Timor Leste

(5/12/17) Timor Leste 1 - 0 Filipina

(12/10/2018) Kamboja 2 -2 Timor Leste

Pemain Timor Leste di Piala AFF 2018

Pada Piala AFF 2018, tim yang dibesut oleh Norio Tsukitate ini memiliki tim yang diisi oleh banyak pemain muda. Rentang umurnya di antara 17 tahun hingga 24 tahun. Bisa dikatakan skuat yang dibawanya pada Asian Games 2018 nyaris serupa dengan Piala AFF 2018 kali ini. Berikut daftar sementara penggawa Timnas Timor Leste di Piala AFF 2018.

Kiper: Aderito Fernandes, Fernando Da Costa.

Belakang: Joao Panji Dos Santos Soares, Jose Guterres Silva, Candido Monteiro De Oliveira, Jorge Sabas Victor, Gumario Augusto Fernandes da Silva Moreira, Adelino Trindade Coelho Manek De Oliveira, Armindo Correia De Almeida, Nelson Sarmento Viegas.

Tengah: Nataniel De Jesus Reis, Gelvanio Angelo Da Costa Marcal Alberto, Jose Dos Santos Almeida, Jose Dos Santos Almeida, Feliciano Goncalves, Osvaldo Lucas Baptista Belo.

Depan: Rufino Walter Gama, Joao Pedro Da Silva Freitas, Silveiro Da Resureicao Da Silva Garcia, Henrique Wilson Da Cruz Martins, Nidio Ricardo Ferreira Alves, Paulo Domingos Gali Da Costa Freitas, Frangcyatma Alves Ima Kefi.

Pelatih: Norio Tsukitate.

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Pertandingan Persib kontra Bhayangkara akan jadi pertandingan alumni Seri A Italia

bolaindonesia | 20:34 WIB

Gelandang Persib Bandung, Marc Klok mengalami cedera dan harus menjalani pemulihan di Singapura.Kondisi itu membuat Klok tak ikut dalam dalam rombongan Tim Nasional Indonesia untuk menghadapi Vietnam

bolaindonesia | 19:26 WIB

Setelah pemanggilan pada Sabtu (23/3/2024) pukul 02.44 WIB, hari ini Ernando Ari sudah terlihat ikut berlatih bersama rekan-rekan Timnas lainnya di Hanoi, Vietnam.

bolaindonesia | 09:19 WIB

Jelang laga lawan Vietnam, Timnas Indonesia hadapkan krisis pemain. Sehingga STY memanggil punggawa tambahan untuk terbang ke Vietnam.

bolaindonesia | 13:47 WIB

Dalam pertandingan putaran pertama, pada Jumat, (22/3/2024) berakhir imbang 1-1, Arkhan Kaka sama sekali tidak mencetak gol akibat rapatnya pertahanan timnas China.

bolaindonesia | 12:35 WIB

Kabarnya, Timnas Indonesia harus kehilangan lima pemain sekaligus lantaran kondisi kesehatan yang terganggu.

bolaindonesia | 08:45 WIB

Lama tak ada kabar soal kebersamaannya bersama Timnas Indonesia, gelandang Persib, Marck Klok tiba-tiba memberi kabar tak sedap.Pemain berdarah Belanda itu mengaku jika dirinya meninggalkan Timnas Indonesia karena alasan pribadi.

bolaindonesia | 07:15 WIB

Timnas U20 Indonesia bermain dengan formasi 4-3-3 di pertandingan ini. Indra Sjafri memposisikan Arkhan Kaka sebagai striker utama, didukung oleh Afrisal dan Ariansyah di sampingnya.

bolaindonesia | 06:15 WIB

ek tim nasional Indonesia, Jay Idzes dalam laga itu mendapat pujian netizen lantaran permainan yang apik.Dia mampu menunjukkan sikap rendah hati setelah mendapat pujian lantaran mampu memimpin lini belakang secara baik.

bolaindonesia | 16:39 WIB

Shin Tae-yong membuat kaget para fans Timnas Indonesia dengan memasang Hokky Caraka sebagai starter, ternyata dibalik semua itu ada ada alasan ini

bolaindonesia | 13:59 WIB

Gol tunggal Egy Maulana Vikri yang sukses mengamankan tiga poin di kandang benar-benar membuat seisi stadion bergemuruh.Tiga poin di kandang berhasil diamankan Timnas Indonesia melalui gol tunggal Egy Maulana Vikri pada menit ke-52.

bolaindonesia | 06:15 WIB

Erik ten Hag masih memegang kendali sebagai pelatih Manchester United pada musim 2023-2024.Namun, kepercayaan terhadap Ten Hag mulai pudar di antara manajemen Setan Merah.

bolaindonesia | 21:11 WIB

Berikut adalah link live streaming pertandingan Indonesia vs Vietnam di Kualifikasi Piala Dunia 2026.

bolaindonesia | 08:45 WIB

Shin Tae-Yong mengkritik kualitas jersey latihan teranyar Timnas Indonesia yang baru saja dipakai dalam latihan perdana pada Senin (18/03/2024) di Stadion Madya, Senayan, Jakarta Pusat.

bolaindonesia | 11:04 WIB

Pemain naturalisasi, Thom Haye mengungkapkan, rasa bahagianya setelah menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) pasca merampungkan proses itu seusai melakoni jadwal padat membela klubnya SC Heerenveen di Liga Belanda

bolaindonesia | 09:48 WIB

Sudah diberi kesempatan untuk bergabung bersama Timnas Indonesia, dua pemain keturunan masih saja absen dalam persiapan laga U-20. Hingga latihan terbaru, kedua pemain keturunan Welber Jardim dan Chow Yun Damanik belum terlihat.

bolaindonesia | 18:16 WIB

Seperti fakta di lapangan yang terjadi, Persib harus bermain dengan kekuatan 10 orang sejak menit 36. Persib kehilangan satu pemain setelah Dedi Kusnandar diusir wasit.

bolaindonesia | 17:43 WIB

Do Duy Manh bek Timnas Vietnam baru-baru ini turut mengomentari banyaknya pemain naturalisasi yang dilakukan Timnas Indonesia, Shin Tae-yong memberikan respon seperti ini.

bolaindonesia | 10:12 WIB
Tampilkan lebih banyak