Bolaindonesia

Ciptakan Rekor Baru, Suporter Timnas Indonesia Dipuji AFC

Laga perempat final Timnas Indonesia U-19 vs Jepang pecahkan rekor jumlah penonton di Piala Asia U-19 2018.

Stephanus Aranditio | Andiarsa Nata

Suporter Indonesia di Piala Asia U-19 2018 (Sumber: the-afc.com)
Suporter Indonesia di Piala Asia U-19 2018 (Sumber: the-afc.com)

Bolatimes.com - Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC), memberikan pujian dan ucapan terima kasih kepada Indonesia selaku tuan rumah Piala Asia U-19 2018 karena telah memberikan atmosfir yang luar biasa selama pergelaran ajang tahunan tersebut. Pujian tersebut dilontarkan karena di laga perempat final, suporter Indonesia pecahkan rekor.

Indonesia mendapat pujian dari AFC karena telah menciptakan euforia yang tak akan terlupakan di Piala Asia U-19 2018. Pujian itu juga bersamaan dengan AFC mengucapkan terima kasih kepada suporter Indonesia karena berkat kehebohan para suporter Indonesia itu, Piala Asia U-19 2018 memecahkan rekor jumlah penonton pada laga perempat final.

Pada laga perempat final yang mempertemukan Timnas Indonesia U-19 dengan Jepang di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) pada Minggu (28/10/2018). Sebanyak 60.154 penonton menyaksikan langsung laga tersebut.

Dalam laman resmi AFC, jumlah penonton pada itu merupakan jumlah penonton terbanyak sejak 30 tahun yang lalu. Kala itu rekor penonton tercipta pada Piala Asia U-19 edisi 1977.

Sebanyak 100 ribu penoton memadati Stadion Teheran Azadi saat menyaksikan laga klasik antara tuan rumah, Iran dengan Irak.

Bukan hanya AFC yang terkesan dengan atmosfir yang diciptakan oleh para suporter Indonesia. Pelatih Jepang, Kageyama Masanaga pun merasakan sendiri atmosfir luar biasa itu ketika memimpin timnya melawan tim Merah-Putih.

''Ini adalah atmosfir yang luar biasa. Pemain kami sangat menantikan untuk memainkan pertandingan ini sebagai pengalaman besar bagi pemain profesional untuk tampil di depan banyak penonton,''ucap Kageyama dikutip dari laman resmi AFC.

Makan tak heran jika AFC dalam akun Twitternya, AFC menyebut pencapain jumlah penonton ini menjadi rekor penonton di era modern dalam kompetisi Piala Asia U-19.

Namun sayang, pada laga tersebut Timnas Indonesia U-19 gagal lolos ke babak semifinal setelah dua gol Jepang menggetarkan jaring gawang skuat Garuda Nusantara.

Piala Asia U-19 2018 pun sebentar lagi akan mendekati akhirnya. Di laga final, Timnas Arab Saudi U-19 akan berhadapan dengan Timnas Korea Selatan U-19 di Stadion Pakansari, Bogor, Minggu (4/11/2018).

Berita Terkait

Berita Terkini