5 Pemain Bintang Ini Absen Bela Timnas Indonesia di Piala AFF

Pelatih Bima Sakti punya pilihan lain yang dinilai lebih baik.

Stephanus Aranditio | BolaTimes.com
Kamis, 01 November 2018 | 17:30 WIB
Pemain Bali United, Irfan Bachdim (dok baliutd)

Pemain Bali United, Irfan Bachdim (dok baliutd)

Bolatimes.com - Pelatih timnas Indonesia, Bima Sakti Tukiman sudah mengumumkan 23 pemain yang dipanggil untuk mengikuti pemusatan latihan (TC) terakhir skuat Garuda jelang Piala AFF 2018 yang akan digelar mulai Jumat, (9/11/2018). Diantara 23 pemain itu banyak publik yang bertanya kenapa lima pemain berikut ini tidak dipanggil Bima Sakti.

23 Pemain ini akan diasah kekompakan dan strateginya jelang berhadapan dengan lawan-lawan di grup B diantaranya sang juara bertahan Thailand, Filipina, Singapura, dan Timor Leste.

Pelatih berusia 42 tahun itu menjelaskan, 23 pemain yang ia pilih ini adalah perpaduan antara skuat Timnas Indonesia U-23 di Asian Games dan pemain senior.

Baca Juga: Milan Skriniar Minta Naik Gaji, Inter Milan Tak Sanggup

''23 pemain ini merupakan skuat kombinasi antara pemain usia 23 yang bermain di Asian Games lalu dengan para pemain senior. Perpaduan ini telah kami coba saat melakoni tiga laga uji coba internasional melawan Mauritius, Myanmar dan Hongkong,'' kata Bima Sakti.

Namun, dari 23 nama tersebut, ada lima nama pemain yang mengundang pertanyaan pecinta timnas Indonesia kenapa tidak ikut dipanggil oleh Bima Sakti, berikut lima pemain tersebut:

5. Egy Maulana Vikri (Lechia Gdansk)

Baca Juga: Jadwal Timnas Futsal Indonesia di Piala AFF 2018

Selebrasi pemain Timnas Indonesia U-19 Egy Maulana Vikri usai mencetak gol ke gawang Taiwan U-19 dalam laga Grup A Piala Asia U-19 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (18/10/2018). Indonesia menang dengan skor 3-1. (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)
Selebrasi pemain Timnas Indonesia U-19 Egy Maulana Vikri usai mencetak gol ke gawang Taiwan U-19 dalam laga Grup A Piala Asia U-19 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (18/10/2018). Indonesia menang dengan skor 3-1. (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

Egy Maulana Vikri boleh saja menjadi nama yang sering disebut-sebut di antara dereta pemain timnas Indonesia U-19, keberhasilannya menandatangani kontrak tiga tahun bersama klub Polandia, Lechia Gdansk menjadi buah bibir dimana-mana.

Tapi, pelatih Bima Sakti lebih tertarik dengan pemain muda asal Persela Lamongan, Saddil Ramdani yang selama ini juga sering mendapatkan tempat di hati Luis Milla.

Hal yang paling menonjol dari Egy adalah seringnya pemain asal Asam Kumbang, Medan ini mengalami cedera, sementara Saddil Ramdani sudah teruji kekuatan fisiknya bisa bermain di tiga kelompok timnas Indonesia (U-19 Piala Asia, U-23 Asian Games, dan Piala AFF 2018).

Baca Juga: Si Kembar Bagus Kahfi & Bagas Kaffa Gabung Barito Putera

4. Irfan Bachdim (Bali United)

Pemain Bali United, Irfan Bachdim (dok baliutd)
Pemain Bali United, Irfan Bachdim (dok baliutd)

Irfan Bachdim dikenal sebagai pemain dengan kecepatannya membangun serangan dari sayap dan tengah, ia mampu berperan sebagai playmaker untuk memberikan umpan kepada pemain ujung tombak, ia juga bisa menyelesaikannya sendiri karena penyelesaian akhirnya terbilang baik.

Tapi cedera pergelangan kaki yang menerpa pada laga kontra Arema FC di Stadion Kapten Dipta, Jumat (18/5/2018) membuat performanya menurun belakangan ini

Baca Juga: Tidak Ada Nama Ramos, Ini 3 Bek Terbaik Menurut Dejan Lovren

Atas pertimbangan tersebut, Bima Sakti lebih memilih dua pemain timnas Indonesia U-23, Evan Dimas dan Septian David Maulana serta rekannya di Bali United, Stefano Lilipaly.

3. Boaz Solossa (Persipura Jayapura)

Boaz Solossa (instagram)
Boaz Solossa (instagram)

Pemain senior Boaz Solossa mempunyai presisi, kuat dan naluri mematikan seorang penyerang yang jarang dimiliki oleh penyerang Indonesia lain di tengah arus pemain asing dan naturalisasi.

Namun faktor usia membuat dirinya sedikit mengendur, hingga pekan ke-29 gol yang sudah ia cetak untuk Persipura Jayapura belum menyentuh angka 10 gol.

Maka dari itu, Bima Sakti lebih tertarik dengan penyerang naturalisasi milik Sriwijaya FC, Alberto Goncalves dan bomber Arema FC, Dedik Setiawan.

4. Andik Vermansah (Kedah FA)

Pemain Timnas Indonesia Andik Vermansah (tengah) mengumpan bola ke rekannya Irfan Jaya (kanan) saat melewati pesepak bola Timnas Hong Kong Yang Huang (kiri) dalam laga International Friendly Match di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, Selasa (16/10/2018). Pertandingan tersebut berakhir imbang dengan skor 1 - 1. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak)
Pemain Timnas Indonesia Andik Vermansah (tengah) mengumpan bola ke rekannya Irfan Jaya (kanan) saat melewati pesepak bola Timnas Hong Kong Yang Huang (kiri) dalam laga International Friendly Match di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, Selasa (16/10/2018). Pertandingan tersebut berakhir imbang dengan skor 1 - 1. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak)

Timnas Indonesia belakangan selalu mengandalkan serangan dari lini sayap, namun satu pemain sayap Indonesia yang sedang merantau ke Liga Malaysia bersama Kedah FA, Andik Vermansyah tidak masuk dalam daftar Bima Sakti.

Kepindahannya dari Selangor FA ke Kedah FA bisa jadi menjadi penyebab pemain asal Jember itu kehilangan panggilan timnas karena Andik jarang tampil sebagai starter untuk Kedah FA dengan hanya enam penampilan dari total 20 pertandingan dan hanya mencetak satu gol.

Dengan pertimbangan itu, Bima lebih tertarik dengan empat winger lincah yakni Irfan Jaya, Saddil Ramdani, Febri Hariyadi, dan Riko Simanjuntak.

5. Ilija Spasojevic (Bali United)

Pemain Bali United, Ilija Spasojevic (dok baliutd)
Pemain Bali United, Ilija Spasojevic (dok baliutd)

Berita tentang naturalisasi yang diterima Ilija Spasojevic sempat menghebohkan publik sepak bola Indonesia yang sudah rindu dengan sosok striker murni timnas Indonesia.

Namun, sejak pindah ke Bali United performanya menurun drastis jika dibandingkan dengan musim lalu ketika berseragam Bhayangkara FC.

Bima Sakti lebih tertarik dengan penyerang naturalisasi milik Sriwijaya FC, Alberto Goncalves dan bomber Arema FC, Dedik Setiawan.

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Pertandingan Persib kontra Bhayangkara akan jadi pertandingan alumni Seri A Italia

bolaindonesia | 20:34 WIB

Gelandang Persib Bandung, Marc Klok mengalami cedera dan harus menjalani pemulihan di Singapura.Kondisi itu membuat Klok tak ikut dalam dalam rombongan Tim Nasional Indonesia untuk menghadapi Vietnam

bolaindonesia | 19:26 WIB

Setelah pemanggilan pada Sabtu (23/3/2024) pukul 02.44 WIB, hari ini Ernando Ari sudah terlihat ikut berlatih bersama rekan-rekan Timnas lainnya di Hanoi, Vietnam.

bolaindonesia | 09:19 WIB

Jelang laga lawan Vietnam, Timnas Indonesia hadapkan krisis pemain. Sehingga STY memanggil punggawa tambahan untuk terbang ke Vietnam.

bolaindonesia | 13:47 WIB

Dalam pertandingan putaran pertama, pada Jumat, (22/3/2024) berakhir imbang 1-1, Arkhan Kaka sama sekali tidak mencetak gol akibat rapatnya pertahanan timnas China.

bolaindonesia | 12:35 WIB

Kabarnya, Timnas Indonesia harus kehilangan lima pemain sekaligus lantaran kondisi kesehatan yang terganggu.

bolaindonesia | 08:45 WIB

Lama tak ada kabar soal kebersamaannya bersama Timnas Indonesia, gelandang Persib, Marck Klok tiba-tiba memberi kabar tak sedap.Pemain berdarah Belanda itu mengaku jika dirinya meninggalkan Timnas Indonesia karena alasan pribadi.

bolaindonesia | 07:15 WIB

Timnas U20 Indonesia bermain dengan formasi 4-3-3 di pertandingan ini. Indra Sjafri memposisikan Arkhan Kaka sebagai striker utama, didukung oleh Afrisal dan Ariansyah di sampingnya.

bolaindonesia | 06:15 WIB

ek tim nasional Indonesia, Jay Idzes dalam laga itu mendapat pujian netizen lantaran permainan yang apik.Dia mampu menunjukkan sikap rendah hati setelah mendapat pujian lantaran mampu memimpin lini belakang secara baik.

bolaindonesia | 16:39 WIB

Shin Tae-yong membuat kaget para fans Timnas Indonesia dengan memasang Hokky Caraka sebagai starter, ternyata dibalik semua itu ada ada alasan ini

bolaindonesia | 13:59 WIB

Gol tunggal Egy Maulana Vikri yang sukses mengamankan tiga poin di kandang benar-benar membuat seisi stadion bergemuruh.Tiga poin di kandang berhasil diamankan Timnas Indonesia melalui gol tunggal Egy Maulana Vikri pada menit ke-52.

bolaindonesia | 06:15 WIB

Erik ten Hag masih memegang kendali sebagai pelatih Manchester United pada musim 2023-2024.Namun, kepercayaan terhadap Ten Hag mulai pudar di antara manajemen Setan Merah.

bolaindonesia | 21:11 WIB

Berikut adalah link live streaming pertandingan Indonesia vs Vietnam di Kualifikasi Piala Dunia 2026.

bolaindonesia | 08:45 WIB

Shin Tae-Yong mengkritik kualitas jersey latihan teranyar Timnas Indonesia yang baru saja dipakai dalam latihan perdana pada Senin (18/03/2024) di Stadion Madya, Senayan, Jakarta Pusat.

bolaindonesia | 11:04 WIB

Pemain naturalisasi, Thom Haye mengungkapkan, rasa bahagianya setelah menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) pasca merampungkan proses itu seusai melakoni jadwal padat membela klubnya SC Heerenveen di Liga Belanda

bolaindonesia | 09:48 WIB

Sudah diberi kesempatan untuk bergabung bersama Timnas Indonesia, dua pemain keturunan masih saja absen dalam persiapan laga U-20. Hingga latihan terbaru, kedua pemain keturunan Welber Jardim dan Chow Yun Damanik belum terlihat.

bolaindonesia | 18:16 WIB

Seperti fakta di lapangan yang terjadi, Persib harus bermain dengan kekuatan 10 orang sejak menit 36. Persib kehilangan satu pemain setelah Dedi Kusnandar diusir wasit.

bolaindonesia | 17:43 WIB

Do Duy Manh bek Timnas Vietnam baru-baru ini turut mengomentari banyaknya pemain naturalisasi yang dilakukan Timnas Indonesia, Shin Tae-yong memberikan respon seperti ini.

bolaindonesia | 10:12 WIB
Tampilkan lebih banyak