Dikalahkan Jepang, Timnas Indonesia U-19 Gagal ke Piala Dunia

Timnas Indonesia U-19 gagal terbang ke Piala Dunia U-20 2019

Stephanus Aranditio | BolaTimes.com
Minggu, 28 Oktober 2018 | 21:24 WIB
Pemain Timnas Indonesia U-19 Hanis Saghara Putra (kanan) berebut bola dengan pemain Jepang U-19 Daiki Hashioka (kiri) dalam babak perempat final Piala Asia U-19 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Minggu (28/10/2018). (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

Pemain Timnas Indonesia U-19 Hanis Saghara Putra (kanan) berebut bola dengan pemain Jepang U-19 Daiki Hashioka (kiri) dalam babak perempat final Piala Asia U-19 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Minggu (28/10/2018). (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

Bolatimes.com - Hasil Timnas Indonesia U-19 vs Jepang U-19 berakhir dengan skor 2-0 untuk kemenangan skuat Samurai Biru pada babak perempat final di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Minggu (28/10/2018) 19:30 WIB.

Hasil ini memupuskan harapan Garuda Nusantara untuk bisa terbang ke Piala Dunia U-20 2019 di Polandia. Mereka tertekan sejak menit awal dan sulit menembus pertahanan Jepang U-19, beberapa kali upaya dribel Witan Sulaeman ataupun Hanis Saghara masih bisa dipatahkan.

Jalannya Pertandingan

Baca Juga: Timnas Indonesia U-19 Dikalahkan Jepang U-19 di Babak Pertama

Jepang U-19 menekan sejak menit awal, sektor sebelah kiri Indonesia yang dikawal Firza Andika jadi kerap kali jadi sasaran winger kanan Jepang, Yukinari Sugawara.

Praktis timnas Indonesia U-19 hanya bisa mengandalkan serangan balik cepat untuk membongkar pertahanan Jepang, hasilnya pada menit kesembilan Witan Sulaeman mengancam gawang Jepang, sayang tembakannya masih bisa diblok bek Jepang.

Jepang sempat mencetak gol pada menit ke-12 lewat tandukan Daiki Hashioka memanfaatkan umpan dari  Kubo Takefusa, beruntung ia sudah terjebak dalam posisi offside, skor tetap kacamata.

Baca Juga: Hajar Thailand, Timnas Qatar Lolos ke Piala Dunia

Keperkasaan pertahanan timnas Indonesia U-19 pecah pada menit ke-40. Saddil Ramdani gagal menutup ruang tembak bek kiri Jepang, Highashi Shunki yang melepaskan tembakan dan meluncur deras ke sudur kiri atas gawang M Riyandi. 1-0 Jepang memimpin.

Unggul satu gol tak membuat Jepang mengendurkan tekanan, mereka terus menerus membombardir pertahanan Indonesia meski hanya berbuah tiga kali sepak pojok.

Skor 1-0 bertahan hingga peluit babak pertama oleh wasit, gol tunggal Highashi Shunki sukses membawa timnas Jepang U-19 mengalahkan Timnas Indonesia U-19 di babak pertama.

Baca Juga: Susunan Pemain Timnas Indonesia U-19 vs Jepang U-19, Egy Cadangan

Jepang menguasai pertandingan babak pertama dengan penguasaan bola 63 persen, enam tembakan dengan dua diantaranya tepat sasaran. Sementara Indonesia hanya mampu melepaskan dua tembakan off target.

Pemain Timnas Jepang, Higashi Shunki (AFC)
Pemain Timnas Jepang, Higashi Shunki (AFC)

Babak Kedua

Para pemain memasuki babak kedua dengan keadaan SUGBK yang diguyur hujan deras, Jepang masih mendominasi laga di awal babak kedua ini.

Baca Juga: Arema FC Mengamuk, PSMS Medan Dibantai di Kanjuruhan

Menit ke-50, tekanan yang diluncurkan Firza dan Witan dari sayap kiri gagal menembus jantung pertahanan Jepang, terlambatnya bantuan dari lini kedua membuat bola selalu hilang dari penguasaan para pemain Indonesia.

Peluang emas datang untuk Indonesia pada menit ke-68, tusukan Asnawi ke jantung pertahanan Jepang terpaksa dihentikan dengan pelanggaran di depan kotak penalti Jepang. Sayang tembakan Saddil Ramdani yang sudah terarah berhasil ditepis kiper Kosei Tani.

Harapan Garuda Nusantara semakin menipis, pada menit ke-70 gawang M Riyandi kembali bergetar lewat tendangan Taisei Miyashiro ke tiang jauh Indonesia yang kosong. 2-0 Indonesia semakin tertinggal.

Teritinggal satu gol, Indra Sjafri merubah strategi dengan memasukkan penyerang Todd Rivaldo Ferre pada menit ke-72 menggantikan bek Kadek Raditya.

Menit-77, Todd Rivaldo Ferre mengancam gawang Jepang lewat tendangan plessing kaki kanannya, namun tembakannya masih terlalu lemah, mudah saja bagi Kosei Tani.

Dua menit berselang, gawang M Riyandi hampir dibobol untuk ketiga kalinya, beruntung sontekan Taisei Miyashiro saat menyambut umpan silang gagal menemui sasaran.

Hingga menit ke-85, timnas Indonesia U-19 belum juga bisa mencetak gol, Rafli Mursalim dimasukkan menggantikan Syahrian Abimanyu untuk menambah daya gedor.

Upaya demi upaya dilancarkan timnas Indonesia U-19, namun pertahanan Jepang sangat kokoh meski lapangan dalam kondisi licin diguyu hujan deras.

Skor 2-0 tetap bertahan hingga peluit panjang berakhir yang memupuskan harapan timnas Indonesia U-19 untuk bisa terbang ke bisa terbang ke Piala Dunia U-20 2019 di Polandia. Jepang U-19 berhak menyusul Qatar yang sudah terlebih dahulu mendapatkan tiket semifinal Piala Asia U-19.

Berikut Susunan Pemain Kedua Tim:

Timnas Indonesia (5-2-3): 1-Muhammad Riyandi; 2-Kadek Raditya Maheswara, 13-Rachmat Irianto (C), 18-Indra Mustafa; 3-Asnawi Mangkualam Bahar, 17-Syahrian Abimanyu, 7-Muhammad Luthfi Kamal,  11-Firza Andika ; 8-Witan Sulaeman; 15-Saddil Ramdani, 19-Hanis Saghara

Cadangan:
Gianluca Pagliuca Rossy, Muchamad Aqil Savik, David Kevin Rumakiek, Muhamad Rafi Mursalim, Feby Eka Putra, Resky Fandi Witriawan, Egy Maulana Vikri, Muhammad Rifad Marasabessy, Aulia Hidayat, Todd Rivaldo Ferre.

Pelatih: Indra Sjafri

Jepang U-19: Kosei Tani, Highashi Shunki, Kobayahsi Yuki, Daiki Hashioka, Yukinari Sugawara, Saito Mitsuko (C), Hiroki Ito, Kanya Fujimoto, Kubo Takefusa, Hiroki Abe, Taisei Miyashiro.

Cadangan:
Tomoya Wakahara, Kyosuke Tagawa, Taichi Hara, Yuta Goke, Ayumu Seko, Yuta Taki, Hirokazu Ishihara, Koki Saito, Kota Yamada, Takuya Ogiwara, Mikuni Kanedeiebusu, Keisuke Osako.

Pelatih: Kageyama Masanaga

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Pertandingan Persib kontra Bhayangkara akan jadi pertandingan alumni Seri A Italia

bolaindonesia | 20:34 WIB

Gelandang Persib Bandung, Marc Klok mengalami cedera dan harus menjalani pemulihan di Singapura.Kondisi itu membuat Klok tak ikut dalam dalam rombongan Tim Nasional Indonesia untuk menghadapi Vietnam

bolaindonesia | 19:26 WIB

Setelah pemanggilan pada Sabtu (23/3/2024) pukul 02.44 WIB, hari ini Ernando Ari sudah terlihat ikut berlatih bersama rekan-rekan Timnas lainnya di Hanoi, Vietnam.

bolaindonesia | 09:19 WIB

Jelang laga lawan Vietnam, Timnas Indonesia hadapkan krisis pemain. Sehingga STY memanggil punggawa tambahan untuk terbang ke Vietnam.

bolaindonesia | 13:47 WIB

Dalam pertandingan putaran pertama, pada Jumat, (22/3/2024) berakhir imbang 1-1, Arkhan Kaka sama sekali tidak mencetak gol akibat rapatnya pertahanan timnas China.

bolaindonesia | 12:35 WIB

Kabarnya, Timnas Indonesia harus kehilangan lima pemain sekaligus lantaran kondisi kesehatan yang terganggu.

bolaindonesia | 08:45 WIB

Lama tak ada kabar soal kebersamaannya bersama Timnas Indonesia, gelandang Persib, Marck Klok tiba-tiba memberi kabar tak sedap.Pemain berdarah Belanda itu mengaku jika dirinya meninggalkan Timnas Indonesia karena alasan pribadi.

bolaindonesia | 07:15 WIB

Timnas U20 Indonesia bermain dengan formasi 4-3-3 di pertandingan ini. Indra Sjafri memposisikan Arkhan Kaka sebagai striker utama, didukung oleh Afrisal dan Ariansyah di sampingnya.

bolaindonesia | 06:15 WIB

ek tim nasional Indonesia, Jay Idzes dalam laga itu mendapat pujian netizen lantaran permainan yang apik.Dia mampu menunjukkan sikap rendah hati setelah mendapat pujian lantaran mampu memimpin lini belakang secara baik.

bolaindonesia | 16:39 WIB

Shin Tae-yong membuat kaget para fans Timnas Indonesia dengan memasang Hokky Caraka sebagai starter, ternyata dibalik semua itu ada ada alasan ini

bolaindonesia | 13:59 WIB

Gol tunggal Egy Maulana Vikri yang sukses mengamankan tiga poin di kandang benar-benar membuat seisi stadion bergemuruh.Tiga poin di kandang berhasil diamankan Timnas Indonesia melalui gol tunggal Egy Maulana Vikri pada menit ke-52.

bolaindonesia | 06:15 WIB

Erik ten Hag masih memegang kendali sebagai pelatih Manchester United pada musim 2023-2024.Namun, kepercayaan terhadap Ten Hag mulai pudar di antara manajemen Setan Merah.

bolaindonesia | 21:11 WIB

Berikut adalah link live streaming pertandingan Indonesia vs Vietnam di Kualifikasi Piala Dunia 2026.

bolaindonesia | 08:45 WIB

Shin Tae-Yong mengkritik kualitas jersey latihan teranyar Timnas Indonesia yang baru saja dipakai dalam latihan perdana pada Senin (18/03/2024) di Stadion Madya, Senayan, Jakarta Pusat.

bolaindonesia | 11:04 WIB

Pemain naturalisasi, Thom Haye mengungkapkan, rasa bahagianya setelah menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) pasca merampungkan proses itu seusai melakoni jadwal padat membela klubnya SC Heerenveen di Liga Belanda

bolaindonesia | 09:48 WIB

Sudah diberi kesempatan untuk bergabung bersama Timnas Indonesia, dua pemain keturunan masih saja absen dalam persiapan laga U-20. Hingga latihan terbaru, kedua pemain keturunan Welber Jardim dan Chow Yun Damanik belum terlihat.

bolaindonesia | 18:16 WIB

Seperti fakta di lapangan yang terjadi, Persib harus bermain dengan kekuatan 10 orang sejak menit 36. Persib kehilangan satu pemain setelah Dedi Kusnandar diusir wasit.

bolaindonesia | 17:43 WIB

Do Duy Manh bek Timnas Vietnam baru-baru ini turut mengomentari banyaknya pemain naturalisasi yang dilakukan Timnas Indonesia, Shin Tae-yong memberikan respon seperti ini.

bolaindonesia | 10:12 WIB
Tampilkan lebih banyak