Timnas Indonesia U-19 Menangis Bersama Sebelum Taklukkan Taiwan

Pelatih Indra Sjafri mempunyai cara jitu untuk membangkitkan semangat pemain Timnas Indonesia U-19.

Jum'at, 19 Oktober 2018 | 15:30 WIB
Suasana doa dan suntikan motivasi Timnas Indonesia U-19 sebelum laga melawan Taiwan (@ary.ginanjar/Instagram)

Suasana doa dan suntikan motivasi Timnas Indonesia U-19 sebelum laga melawan Taiwan (@ary.ginanjar/Instagram)

Bolatimes.com - Timnas Indonesia U-19 berhasil menaklukkan Taiwan pada laga perdana Piala Asia U-19 2018 di Stadion Utama Gelora Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Kamis (18/10/2018) malam WIB.

Di balik kemenangan tersebut, ternyata terdapat cara jitu yang dilakukan pelatih Indra Sjafri untuk memberi suntikan semangat pada pemainnya dengan mengadakan doa dan motivasi yang disampaikan langsung oleh seorang motivator, yakni Ary Ginanjar Agustian.

Skuat Garuda Nusantara mengawali langkahnya di Piala Asia U-19 2018 dengan baik. Pada laga perdananya di Grup A, Timnas Indonesia U-19 berhasil mengalahkan Taiwan U-19 dengan skor akhir 3-1.

Baca Juga: Icardi vs Higuain, Duel Argentina di Derby Della Madonnina

Kemenangan tersebut tidak dapat dengan mudah oleh anak asuh Indra Sjafri. Awalnya, laga tersebut berlangsung sengit tanpa gol hingga babak pertama berakhir.

Selebrasi pemain Timnas Indonesia U-19 Egy Maulana Vikri usai mencetak gol ke gawang Taiwan U-19 dalam laga Grup A Piala Asia U-19 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (18/10/2018). Indonesia menang dengan skor 3-1. (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)
Selebrasi pemain Timnas Indonesia U-19 Egy Maulana Vikri usai mencetak gol ke gawang Taiwan U-19 dalam laga Grup A Piala Asia U-19 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (18/10/2018). Indonesia menang dengan skor 3-1. (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

Egy Maulana Vikri lah menjadi pemain yang membuka keunggulan untuk Timnas Indonesia U-19. Pada menit 50, pemain yang kini merumput di Liga Polandia itu membuka kran gol untuk Indonesia.

Namun berselang tiga menit kemudian, Taiwan mampu menyamakan kedudukan menjadi 1-1 lewat gol yang dicetak oleh Wang Chun-Yu. Laga yang semakin sengit itu tidak membuat Egy sc menyerah. Timnas Indonesia U-19 justru semakin tampil menggebrak.

Baca Juga: Lionel Messi Siap Bujuk Pogba Gabung Barcelona

Pada akhirnya, tim Merah-Putih mampu membalikkan keadaan lewat dua gol yang dicetak oleh Witan Sulaeman pada menit ke-70 dan 89'.

Ternyata, dibalik kemenangan dan performa apik Timnas Indonesia U-19 atas Taiwan itu terungkap bahwa pelatih Indra Sjafri tidak hanya memberikan latihan taktik dan fisik saja kepada para pemainnya.

Melalui akun Instagram resmi Ary Ginanjar Agustian, Indra Sjafri ternyata juga memberikan latihan khusus guna menguatkan mental para pemain. Pelatih berusia 55 tahun itu mengadakan doa dan suntikan motivasi kepada para pemain dengan mengundang motivator sekaligus pakar pembangungan karakter, Ary Ginanjar Agustian.

Baca Juga: Kiper Berdarah Indonesia Ini Ciptakan Catatan Gemilang di Eropa

Dalam sebuah video yang diunggah oleh Ary Ginanjar, terdapat momen dimana para penggawa Timnas Indonesia U-19 secara bergantian mencium tangan dan memeluk sang pelatih.

Diiringi oleh lagu yang berjudul kebyar-kebyar ciptaan almarhum Gombloh, suasana doa dan motivasi itu semakin haru. Hampir seluruh pemain Timnas Indonesia u-19 terlihat menangis, bahkan pelatih Indra Sjafri pun terlihat menangis memeluk satu per satu para pemainnya.

Kini dengan kemenanga atas Taiwan itu, Timnas Indonesia U-19 semakin percaya diri di Piala Asia U-19 2018. Skuat Garuda Nusantara untuk sementara menduduki puncak klasemen Grup A Piala Asia U-19 dengan mengumpulkan tiga poin. Di posisi kedua ditempati oleh Uni Emirat Arab (UEA) yang berhasil menang 2-1 dari Qatar.

Baca Juga: Neymar Diyakini Akan Pilih Barcelona Ketimbang Real Madrid

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Pertandingan Persib kontra Bhayangkara akan jadi pertandingan alumni Seri A Italia

bolaindonesia | 20:34 WIB

Gelandang Persib Bandung, Marc Klok mengalami cedera dan harus menjalani pemulihan di Singapura.Kondisi itu membuat Klok tak ikut dalam dalam rombongan Tim Nasional Indonesia untuk menghadapi Vietnam

bolaindonesia | 19:26 WIB

Setelah pemanggilan pada Sabtu (23/3/2024) pukul 02.44 WIB, hari ini Ernando Ari sudah terlihat ikut berlatih bersama rekan-rekan Timnas lainnya di Hanoi, Vietnam.

bolaindonesia | 09:19 WIB

Jelang laga lawan Vietnam, Timnas Indonesia hadapkan krisis pemain. Sehingga STY memanggil punggawa tambahan untuk terbang ke Vietnam.

bolaindonesia | 13:47 WIB

Dalam pertandingan putaran pertama, pada Jumat, (22/3/2024) berakhir imbang 1-1, Arkhan Kaka sama sekali tidak mencetak gol akibat rapatnya pertahanan timnas China.

bolaindonesia | 12:35 WIB

Kabarnya, Timnas Indonesia harus kehilangan lima pemain sekaligus lantaran kondisi kesehatan yang terganggu.

bolaindonesia | 08:45 WIB

Lama tak ada kabar soal kebersamaannya bersama Timnas Indonesia, gelandang Persib, Marck Klok tiba-tiba memberi kabar tak sedap.Pemain berdarah Belanda itu mengaku jika dirinya meninggalkan Timnas Indonesia karena alasan pribadi.

bolaindonesia | 07:15 WIB

Timnas U20 Indonesia bermain dengan formasi 4-3-3 di pertandingan ini. Indra Sjafri memposisikan Arkhan Kaka sebagai striker utama, didukung oleh Afrisal dan Ariansyah di sampingnya.

bolaindonesia | 06:15 WIB

ek tim nasional Indonesia, Jay Idzes dalam laga itu mendapat pujian netizen lantaran permainan yang apik.Dia mampu menunjukkan sikap rendah hati setelah mendapat pujian lantaran mampu memimpin lini belakang secara baik.

bolaindonesia | 16:39 WIB

Shin Tae-yong membuat kaget para fans Timnas Indonesia dengan memasang Hokky Caraka sebagai starter, ternyata dibalik semua itu ada ada alasan ini

bolaindonesia | 13:59 WIB

Gol tunggal Egy Maulana Vikri yang sukses mengamankan tiga poin di kandang benar-benar membuat seisi stadion bergemuruh.Tiga poin di kandang berhasil diamankan Timnas Indonesia melalui gol tunggal Egy Maulana Vikri pada menit ke-52.

bolaindonesia | 06:15 WIB

Erik ten Hag masih memegang kendali sebagai pelatih Manchester United pada musim 2023-2024.Namun, kepercayaan terhadap Ten Hag mulai pudar di antara manajemen Setan Merah.

bolaindonesia | 21:11 WIB

Berikut adalah link live streaming pertandingan Indonesia vs Vietnam di Kualifikasi Piala Dunia 2026.

bolaindonesia | 08:45 WIB

Shin Tae-Yong mengkritik kualitas jersey latihan teranyar Timnas Indonesia yang baru saja dipakai dalam latihan perdana pada Senin (18/03/2024) di Stadion Madya, Senayan, Jakarta Pusat.

bolaindonesia | 11:04 WIB

Pemain naturalisasi, Thom Haye mengungkapkan, rasa bahagianya setelah menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) pasca merampungkan proses itu seusai melakoni jadwal padat membela klubnya SC Heerenveen di Liga Belanda

bolaindonesia | 09:48 WIB

Sudah diberi kesempatan untuk bergabung bersama Timnas Indonesia, dua pemain keturunan masih saja absen dalam persiapan laga U-20. Hingga latihan terbaru, kedua pemain keturunan Welber Jardim dan Chow Yun Damanik belum terlihat.

bolaindonesia | 18:16 WIB

Seperti fakta di lapangan yang terjadi, Persib harus bermain dengan kekuatan 10 orang sejak menit 36. Persib kehilangan satu pemain setelah Dedi Kusnandar diusir wasit.

bolaindonesia | 17:43 WIB

Do Duy Manh bek Timnas Vietnam baru-baru ini turut mengomentari banyaknya pemain naturalisasi yang dilakukan Timnas Indonesia, Shin Tae-yong memberikan respon seperti ini.

bolaindonesia | 10:12 WIB
Tampilkan lebih banyak