Bolaindonesia

Momen Tak Terlupakan Abduh Lestaluhu di Final Piala AFF 2016

Abduh Lestaluhu kembali ke Timnas Indonesia setelah 2 tahun.

Stephanus Aranditio | Irwan Febri Rialdi

Abduh Lestaluhu di Piala AFF 2016. (Bay Ismoyo/AFP)
Abduh Lestaluhu di Piala AFF 2016. (Bay Ismoyo/AFP)

Bolatimes.com - Abduh Lestaluhu kembali mendapat kesempatan untuk membela Timnas Indonesia dalam persiapan Piala AFF 2018. Pemanggilan ini menjadi yang pertama sejak dua tahun terakhir. Ia pun telah bergabung bersama Hansamu Yama cs sejak Sabtu (13/10/2018).

Pemain asal Tulehu tersebut dipanggil kembali ke Timnas Indonesia untuk menggantikan peran Rezaldi Hehanussa yang harus absen karena cedera. Pemanggilan ini menjadi yang pertama, di mana terakhir kali Abduh Lestaluhu membela Timnas Indonesia yakni ketika tampil di ajang Piala AFF 2018.

Jika menarik ingatan ke belakang, tentu pecinta sepak bola Tanah Air masih ingat betul kiprah Abduh Lestaluhu bersama Timnas Indonesia di Piala AFF 2016. Ia bersama Bambang Pamungkas cs di bawah asuhan Alfred Riedl mampu melangkah hingga babak puncak.

Namun, salah satu momen yang sulit dilupakan dari Abduh Lestaluhu yakni pada final leg kedua Piala AFF 2018. Ketika itu Indonesia yang sudah unggul agregat 2-1 menelan kekalahan 0-2 pada final leg kedua di Stadion Rajamangala, Thailand, Sabtu (17/12/2016).

Dalam laga tersebut, Abduh Lestaluhu harus mendapatkan kartu merah karena terkena provokasi dari para pemain Thailand yang sengaja mengulur-ulur waktu dengan menahan bola yang keluar lapangan saat Indonesia akan melakukan lemparan ke dalam.

Abduh sudah meminta bola kepada ofisial Thailand, akan tetapi bola malah masih ditahan. Ia pun tak sabar, saat bola diberikan, bola ditendang oleh Abduh ke arah bench pemain Thailand.

Aksi berani Abduh Lestaluhu sempat membuat pertandingan geger dan terhenti sementara. Namun, hingga akhir pertandingan, Thailand tetap berhasil mempertahankan kedudukan dan sukses menjuarai Piala AFF 2016 yang kelima.

Sementara itu, kegagalan Indonesia di final Piala AFF 2016 menjadi yang kelima setelah empat laga final sebelumnya juga mengalami nasib yang serupa.

Dua tahun berlalu, kini Abduh Lestaluhu kembali ke Timnas Indonesia. Sebelum kembali terjun di Piala AFF 2018 bersama skuat Garuda, ia bersama pemain Timnas Indonesia lainnya akan menggelar laga uji coba melawan Hong Kong di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Selasa (16/10/2018).

Berita Terkait

Berita Terkini