3 Pesepakbola Tanah Air yang Berjuang demi Kemerdekaan Indonesia

Berikut para pesepakbola tanah air yang ikut berjuang demi kemerdekaan Indonesia

Galih Priatmojo | BolaTimes.com
Jum'at, 17 Agustus 2018 | 17:05 WIB
Tan Malaka (dw.com/Galih)

Tan Malaka (dw.com/Galih)

Bolatimes.com - Tepat di hari ini, Jumat (17/8/2018), Republik Indonesia tak terasa telah memasuki usia 73 tahun. Kelahiran Indonesia tak bisa dilepaskan dari peran segenap rakyat Indonesia kala itu yang memiliki perasaan sama ingin terbebas dari belenggu penjajahan.

Hampir sebagian besar elemen rakyat kala itu turut andil dan ambil bagian masing-masing dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Salah satu di antara yang ikut berjuang adalah para pesepakbola tanah air.

Berikut para pesepakbola tanah air yang ikut berjuang demi kemerdekaan Indonesia.

Baca Juga: Inilah Daftar Pemain Timnas Indonesia Sebelum Merdeka

Tan Malaka

Bapak republik yang sempat terlupakan ini merupakan tokoh yang punya andil besar dalam kemerdekaan Indonesia. Buah pikirannya yang tertuang dalam karya-karya maestro seperti Madilog telah menginspirasi banyak kaum muda di masa perjuangan untuk bangkit dan melawan penjajahan.

Selain lewat buah pikiran, Tan yang dikenal sebagai petualang politik ini ternyata juga melakukan perjuangan merebut kemerdekaan lewat sepakbola.

Baca Juga: Ini Jadwal Laga dan Siaran Langsung Liga Primer di Pekan Kedua

Ya, Tan Malaka sejak kecil gemar bermain sepakbola. Ia pun pernah bergabung dengan klub profesional bernama Vlugheid Wint di Harleem, Belanda selama dua tahun (1914-1916).

Tan Malaka bersama klub sepakbola di Belanda (Twitter/@MataNajwa)
Tan Malaka (dilingkari) bersama klub sepakbola di Belanda (Twitter/@MataNajwa)

Di klub Belanda itu, Tan memiliki posisi yang cukup prestisius. Ia didaulat sebagai penyerang. Kepiawaian Tan bermain sepakbola ternyata tak kalah dengan sepak terjangnya di panggung politik. Bahkan permainannya makin lihai jika tak mengenakan sepatu alias nyeker.

Kecintaanya terhadap sepak bola juga yang membuatnya jatuh sakit, ia terserang penyakit paru-paru karena tidak pernah mau bermain sepakbola dengan memakai jaket tebal saat musim dingin. Kebiasaan nyeker pun membuat kakinya sering didera cedera.

Baca Juga: Dirgahayu RI, Inilah 5 Pesepakbola Dunia Kelahiran 17 Agustus

Saat kembali dari perantauannya di Belanda, sepakbola masih menjadi alat ia untuk berjuang. Pada saat menjadi pekerja dengan menjadi juru tulis romusha di Banten, tepatnya di daerah Bayah pada Juni 1943, ia menyamar dan dikenal luas dengan nama Ilyas Hussein.

Di sana Tan Malaka menjadi konseptor guna menghidupi gairah sepakbola dan sebagai hiburan bagi romusha yang bekerja di wilayah tersebut. Upaya itu dilakukan utamanya sebagai alat perjuangan.

Ia tak hanya menjadi konseptor tetapi juga membuatkan lapangan sepakbola untuk para romusha hingga ikut turun dan bermain bersama. Tak jarang, setelah pertandingan usai, ia pun sering mentraktir para pemain.

Baca Juga: Raih Trofi AFF U-16, Supriadi Dihadiahi Berangkat ke Liverpool

Tan Malaka juga memiliki tim sepakbola sendiri yang bernama Pantai Selatan. Tim tersebut bahkan pernah ikut turnamen regional. Tak hanya mengikut turnamen, tim sepakbola tersebut juga memiliki pekerjaan sampingan sebagai tim tonil yang sering mengkritik kebijakan pemerintahan Jepang saat itu.

Maulwi Saelan

Maulwi Saelan adalah salah satu pesepakbola Indonesia yang sukses dalam karier olahraga. Bersama timnas Indonesia ia berkontribusi besar untuk membawa timnas melaju ke semi final Asian Games 1954, dan meraih medali perunggu di Asian Games 1958.

Pemain kelahiran Makassar, 8 Agustus 1928 ini bermain di posisi penjaga gawang. Penampilan monumentalnya terjadi di pertandingan Olimpiade Melbourne 1956. Kala itu, timnas Indonesia berhasil menahan gempuran Uni Soviet tanpa gol. Ia yang menjadi tembok terakhir timnas Indonesia berjuang mati-matian agar gawangnya tak kebobolan.

Maulwi Saelan (@KEMENPORA_RI)
Maulwi Saelan (@KEMENPORA_RI)

Namun, sebelum masuk pada fase tersebut, Maulwi lebih dahulu mengangkat senjata untuk melawan agresi Belanda. Pada 1945, ia ikut dalam penyerbuan markas NICA di Makassar. Di situ, ia bertemu dengan Wolter Monginsdi, yang kelak menjadi pemimpin perlawanan di Makassar.

Ia pun meneruskan perjuangan ke Pulau Jawa dan bertempur di Malang Selatan. Setelah Konferensi Meja Bundar pada 1949, ia ditunjuk sebagai Wakil Komandan YON VII/CPM Makassar. Dalam karirnya sebagai pesepakbola, Saelan tak melepaskan pekerjaan kemiliterannya. Dia tetap aktif sebagai tentara.

Pada 1962 ia dimasukkan sebagai staf Resimen Tjakrabirawa sebuah pasukan pengamanan presiden. Pada 1966, Maulwi menjadi ajudan Sukarno hingga akhir hidupnya.

Soeratin Sosrosoegondo

Sosok yang dikenal sebagai bapaknya PSSI ini merupakan tokoh yang punya andil besar dalam perjalanan sepakbola Indonesia di masa perjuangan kemerdekaan.

Sejalan dengan berdirinya organisasi Budi Utomo pada 1928, Soeratin mencoba mengembangkan nasionalisme lewat olahraga. Dalam kongres Societit Hadiprojo, Yogyakarta, tujuh klub pribumi berembuk. Mereka adalah VIJ Jakarta, BIVB Bandung, IVBM Mangelang, Â MVB Makasar, SIVB Surabaya, VVB Solo, dan PSIM Yogyakarta. Soeratin menjabat sebagai ketua PSSI selama 10 tahun dalam periode 1930-1940.

Soeratin
Soeratin

Setelah itu, Soeratin pulang ke Bandung. Sayang, rumahnya sempat diobrak-abrik Belanda. Ia pernah aktif melawan Belanda dan bergabung Tentara Keamanan Rakyat (TKR). Di TKR sendiri, Soeratin memiliki pangkat letnan kolonel dan bertugas sebagai kepala divisi persenjataan di Jawa Barat.

Pasca kemerdekaan di ditawari Soekarno untuk menjabat pejabat tinggi di Djawatan Kereta Api Indonesia, tapi ekonomi Soeratin semakin memburuk. Puncaknya, pada 1952 saat ia meninggal dunia. Kabarnya, ia meninggal karena tak mampu untuk membeli obat. Rumahnya pun hanya berdinding kayu di Jalan Lombok, Bandung.

Tidak ada yang tersisa kecuali perjuangannya untuk sepakbola Indonesia.

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Pertandingan Persib kontra Bhayangkara akan jadi pertandingan alumni Seri A Italia

bolaindonesia | 20:34 WIB

Gelandang Persib Bandung, Marc Klok mengalami cedera dan harus menjalani pemulihan di Singapura.Kondisi itu membuat Klok tak ikut dalam dalam rombongan Tim Nasional Indonesia untuk menghadapi Vietnam

bolaindonesia | 19:26 WIB

Setelah pemanggilan pada Sabtu (23/3/2024) pukul 02.44 WIB, hari ini Ernando Ari sudah terlihat ikut berlatih bersama rekan-rekan Timnas lainnya di Hanoi, Vietnam.

bolaindonesia | 09:19 WIB

Jelang laga lawan Vietnam, Timnas Indonesia hadapkan krisis pemain. Sehingga STY memanggil punggawa tambahan untuk terbang ke Vietnam.

bolaindonesia | 13:47 WIB

Dalam pertandingan putaran pertama, pada Jumat, (22/3/2024) berakhir imbang 1-1, Arkhan Kaka sama sekali tidak mencetak gol akibat rapatnya pertahanan timnas China.

bolaindonesia | 12:35 WIB

Kabarnya, Timnas Indonesia harus kehilangan lima pemain sekaligus lantaran kondisi kesehatan yang terganggu.

bolaindonesia | 08:45 WIB

Lama tak ada kabar soal kebersamaannya bersama Timnas Indonesia, gelandang Persib, Marck Klok tiba-tiba memberi kabar tak sedap.Pemain berdarah Belanda itu mengaku jika dirinya meninggalkan Timnas Indonesia karena alasan pribadi.

bolaindonesia | 07:15 WIB

Timnas U20 Indonesia bermain dengan formasi 4-3-3 di pertandingan ini. Indra Sjafri memposisikan Arkhan Kaka sebagai striker utama, didukung oleh Afrisal dan Ariansyah di sampingnya.

bolaindonesia | 06:15 WIB

ek tim nasional Indonesia, Jay Idzes dalam laga itu mendapat pujian netizen lantaran permainan yang apik.Dia mampu menunjukkan sikap rendah hati setelah mendapat pujian lantaran mampu memimpin lini belakang secara baik.

bolaindonesia | 16:39 WIB

Shin Tae-yong membuat kaget para fans Timnas Indonesia dengan memasang Hokky Caraka sebagai starter, ternyata dibalik semua itu ada ada alasan ini

bolaindonesia | 13:59 WIB

Gol tunggal Egy Maulana Vikri yang sukses mengamankan tiga poin di kandang benar-benar membuat seisi stadion bergemuruh.Tiga poin di kandang berhasil diamankan Timnas Indonesia melalui gol tunggal Egy Maulana Vikri pada menit ke-52.

bolaindonesia | 06:15 WIB

Erik ten Hag masih memegang kendali sebagai pelatih Manchester United pada musim 2023-2024.Namun, kepercayaan terhadap Ten Hag mulai pudar di antara manajemen Setan Merah.

bolaindonesia | 21:11 WIB

Berikut adalah link live streaming pertandingan Indonesia vs Vietnam di Kualifikasi Piala Dunia 2026.

bolaindonesia | 08:45 WIB

Shin Tae-Yong mengkritik kualitas jersey latihan teranyar Timnas Indonesia yang baru saja dipakai dalam latihan perdana pada Senin (18/03/2024) di Stadion Madya, Senayan, Jakarta Pusat.

bolaindonesia | 11:04 WIB

Pemain naturalisasi, Thom Haye mengungkapkan, rasa bahagianya setelah menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) pasca merampungkan proses itu seusai melakoni jadwal padat membela klubnya SC Heerenveen di Liga Belanda

bolaindonesia | 09:48 WIB

Sudah diberi kesempatan untuk bergabung bersama Timnas Indonesia, dua pemain keturunan masih saja absen dalam persiapan laga U-20. Hingga latihan terbaru, kedua pemain keturunan Welber Jardim dan Chow Yun Damanik belum terlihat.

bolaindonesia | 18:16 WIB

Seperti fakta di lapangan yang terjadi, Persib harus bermain dengan kekuatan 10 orang sejak menit 36. Persib kehilangan satu pemain setelah Dedi Kusnandar diusir wasit.

bolaindonesia | 17:43 WIB

Do Duy Manh bek Timnas Vietnam baru-baru ini turut mengomentari banyaknya pemain naturalisasi yang dilakukan Timnas Indonesia, Shin Tae-yong memberikan respon seperti ini.

bolaindonesia | 10:12 WIB
Tampilkan lebih banyak