Bolaindonesia

Indonesia Vs Malaysia di Piala AFF U-16 Deja Vu Piala AFF U-19

Timnas Indonesia U-16 akan membalas dendam kakaknya beberapa bulan lalu di Piala AFF U-19.

Stephanus Aranditio

Skuat Timnas Indonesia U-16 (PSSI)
Skuat Timnas Indonesia U-16 (PSSI)

Bolatimes.com - Piala AFF U-16 2018 segera memasuki babak semifinal dimana timnas Indonesia U-16 akan bertemu Malaysia U-16 dan Thailand U-16 akan bertemu Myanmar U-16. Pertemuan ini mirip dengan turnames kelompok umur di atasnya yakni Piala AFF U-19 yang baru selesai satu bulan lalu.

Kala itu Egy Maulana Vikri dkk juga bertemu Malaysia di babak semifinal namun gagal lolos lewat drama adu penalti setelah bermain imbang 1-1 sepanjang 90 menit, sementara itu Myanmar berhasil lolos ke babak final setelah mengalahkan Thailand dengan skor 1-0.

Di partai final Malaysia berhasil mengunci gelar juara Piala AFF U-19 setelah melalui pertandingan berat saling berbalas gol dengan skor akhir 4-3. Pemain Malaysia, Nik Akif Syahiran jadi penentu kemenangan lewat golnya pada menit akhir.

Timnas Indonesia U-19 sendiri berhasil membawa pulang gelar peringkat ketiga Piala AFF U-19 setelah mengalahkan Thailand dengan skor tipis 2-1, Feby Eka Putra dan Syahrian Abimanyu jadi pencetak gol pada pertandingan itu.

Kini, junior mereka yang diasuh Fakhri Husaini akan meneruskan perjuangan kakak mereka dengan lawan, posisi bagan turnamen, hingga stadion dan atmosfer yang sama di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Kamis (9/8/2018) 19:00 WIB.

Pesepak bola Indonesia U-16 melakukan selebrasi ketika berhasil mencetak gol ke gawang Vietnam U-16 dalam laga penyisihan grup A Piala AFF U-16 di Gelora Delta Sidoarjo, Sidoarjo, Jawa Timur, Kamis (2/8). (ANTARA FOTO/Zabur Karuru)
Pesepak bola Indonesia U-16 melakukan selebrasi ketika berhasil mencetak gol ke gawang Vietnam U-16 dalam laga penyisihan grup A Piala AFF U-16 di Gelora Delta Sidoarjo, Sidoarjo, Jawa Timur, Kamis (2/8). (ANTARA FOTO/Zabur Karuru)

Pelatih timnas Indonesia U-16, Fakhi Husaini menegaskan tujuan utama timnas usia muda ini tidak dibentuk untuk menjadi juara, mereka dibentuk untuk perkembangan timnas Indonesia jangka panjang hingga ke level senior.

Pertandingan melawan Malaysia akan menjadi sangat sengit setelah berbagai macam drama yang terjadi sebelum turnamen ini dimulai, Fakhri bersama timnas Indonesia U-16 hanya ingin menghibur suporter yang sudah mendukung di stadion.

“Malaysia adalah salah satu tim terbaik di sini, terbukti dalam pertandingan mereka melawan Laos dan Thailand. Tapi sementara target kami bukan untuk kejuaraan ini, kami masih ingin melakukannya dengan baik dan menang untuk para penggemar yang datang ke stadion untuk mendukung kami, ” kata Fakhri Hussaini.

Timnas U-16 Indonesia. (Sumber: PSSI.org).
Timnas U-16 Indonesia. (Sumber: PSSI.org).

Sementara pelatih Malaysia U-16, Raja Azlan Shah mengaku melawan Indonesia akan sangat sulit terlebih mereka harus menghadapi teror oleh suporter Indonesia sepanjang 90 menit pertandingan.

“Kami akan memiliki satu pemain yang ditangguhkan (Muhammad Fahmi Daniel Zaaim). Tetapi kami memiliki pemain lain karena rencana kami selalu memberi waktu bermain bagi semua pemain. Itu penting. Ini akan menjadi pertandingan yang sulit di semifinal dengan para pendukung mereka, tetapi mereka harus menikmati pengalaman itu,” jelas Raja Azlan Shah.

Apapun hasilnya nanti, suporter Indonesia diminta untuk bersikap dewasa untuk menghormati seluruh lawan termasuk sang rival Malaysia. Turnamen ini adalah bentuk pembinaan usia muda untuk tim di ASEAN sehingga lebih kepada pengalaman bermain secara fairplay dan pengembangan bakat, bukan sekedar mencari gelar juara.

Berikut jadwal semifinal Piala AFF U-16 di Stadion Delta Sidoarjo, Jawa Timur:

Kamis, 9 Agustus 2018:

15:30 WIB: Timnas Thailand U-16 vs Timnas Myanmar U-16

19:00 WIB: Timnas Indonesia U-16 vs Timnas Malaysia U-16

loading...

Berita Terkait

Berita Terkini