SUGBK Hadirkan Teknologi Canggih Jelang Asian Games 2018

Jelang gelaran Asian Games 2018, Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) terus bersolek. Teknologi canggih dihadirkan di dalam stadion bersejarah ini.

Galih Priatmojo | BolaTimes.com
Selasa, 07 Agustus 2018 | 09:16 WIB
Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) di Jakarta akan menggelar laga antara Timnas Indonesia vs Islandia pada Minggu (14/1). [Antara/Akbar Nugroho Gumay]

Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) di Jakarta akan menggelar laga antara Timnas Indonesia vs Islandia pada Minggu (14/1). [Antara/Akbar Nugroho Gumay]

Bolatimes.com - Seiring ditunjuknya Indonesia sebagai tuan rumah pesta olahraga terbesar Asian Games 2018, Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) yang jadi ikon kebanggaan pun terus berbenah.  Stadion bersejarah yang dibangun di era Soekarno itupun disulap jadi stadion kekinian nan canggih.

Hingga beberapa hari menjelang Asian Games, SUGBK terus bersolek. Hingga kini persiapannya pun sudah hampir 100 persen.

Renovasi stadion yang menghabiskan dana 799 Miliar tersebut mempunyai fasilitas dan teknologi terbaru.

Baca Juga: Cetak Hat-trick ke Gawang Kamboja, Bagus Kahfi Cetak Rekor Baru

Nantinya Stadion Gelora Bung Karno akan dilengkapi dengan ratusan CCTV yang terpasang di luar dan di dalam stadion dengan resolusi tinggi.

Karena resolusi yang tinggi, memungkinkan pihak keamanan dapat mengenali wajah dan dapat juga mendeteksi gerak-gerik seseorang yang terlihat mencurigakan.

Stadion yang balak dipakai sebagai upacara pembukaan Asian Games 18 Agustus 2018 mendatang ini juga dilengkapi dengan 1293 modul panel surya yang terhubung langsung dengan PLN.

Baca Juga: Bantai Kamboja, Timnas Indonesia U-16 Juara Grup A Piala AFF U-16

Dengan adanya solar panel tersebut, listrik akan lebih hemat sekitar 23 persen.

Teknologi Stadion Gelora Bung Karno. (Wikipedia)
Teknologi Stadion Gelora Bung Karno. (Wikipedia)

Tak hanya itu, Stadion Geloran Bung Karno ini juga dipasang dengan 610 lampu dengan standar tertinggi FIFA.

Lighting yang baru dimiliki stadion ini akan terkoneksi langsung dengan sound system di SUGBK.

Baca Juga: 4 Penyerang Tajam yang Terkena Kutukan Nomor 9 Chelsea

Selain itu, untuk tribun VVIP, dilengkapi dengan kaca anti peluru yang akan melindungi tamu yang hadir saat menonton pertandingan.

Kaca anti peluru ini juga diklaim tahan peluru hingga kaliber 7.62 MM dan diimpor langsung dari negeri sakura, Jepang.

Stadion Gelora Bung Karno juga sudah dilengkapi fasilitas untuk para penyandang disabilitas hingga toilet khusus.

Baca Juga: Timnas Indonesia U-16 Pesta Gol Lawan Kamboja di Babak Pertama

Rumput di Stadion Gelora Bung Karno pun juga telah menggunakan rumput setara dengan FIFA.

Dengan jenis Zoy Matrella, rumput ini mempunyai ciri yang runcing, berwarna hijau pekat dan memiliki akar yang kuat.

Untuk trek atletik, Stadion Gelora Bung Karno juga sudah full sintesis yang merupakan kelas satu di kelasnya.

Wah Indonesia sudah siap menyambut Asian Games 2018 nih, kalau kamu sudah siap mendukung atlet favorit kamu kan?

 

Tulisan ini sudah dimuat di hitekno.com

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Bek Persib Bandung Kakang Rudianto langsung terbang ke Dubai untuk bergabung bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam ajang Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Timnas mengawalinya dengan pemusatan latihan di Dubai

bolaindonesia | 12:49 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia Shin Tae-yong masih mempunyai pekerjaan rumah sebelum menjalani debut di Piala Asia U-23 2024 di Qatar

bolaindonesia | 14:34 WIB

Nathan Tjoe-A-On, pemain asal klub Eredivisie Belanda, SC Heerenveen menjadi nama terakhir yang dipanggil Shin Tae-yong bersama 27 pemain timnas Indonesia guna menjalani persiapan Piala Asia U23 2024 di Qatar.

bolaindonesia | 20:34 WIB

Pelatih timnas Indonesia U23, Shin Tae-yong memberi apresiasi bantuan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dan para pemilik klub Liga 1 Indonesia.

bolaindonesia | 20:06 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia, Shin Tae-yong sampaikan terimakasih kepada klub peserta Liga 1 yang sudah memberikan dukungan penuh untuk timnya tampil dalam Piala Asia U-23 Qatar 2024.

bolaindonesia | 16:37 WIB

Pemain Persib Beckham Putra Nugraha kembali batal memperkuat Tim Nasional Indonesia akibat cedera. Sebelumnya absen dalam ajang Asia Games 2023, kali ini tak tampil di Piala Asia U-23 di Qatar

bolaindonesia | 15:45 WIB

Pemain keturunan Seharga Rp31,29 Miliar mengaku sedang melakukan proses naturalisasi, bakal jadi amunisi baru timnas Indonesia kontra Irak?

bolaindonesia | 12:19 WIB

Gelandang Persib Bandung Beckham Putra Nugraha akan fokus untuk menghadapi Bhayangkara FC sebelum berkonsentrasi bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam AFC U23 Cup 2024 di Qatar

bolaindonesia | 12:40 WIB

Pertandingan Persib kontra Bhayangkara akan jadi pertandingan alumni Seri A Italia

bolaindonesia | 20:34 WIB

Gelandang Persib Bandung, Marc Klok mengalami cedera dan harus menjalani pemulihan di Singapura.Kondisi itu membuat Klok tak ikut dalam dalam rombongan Tim Nasional Indonesia untuk menghadapi Vietnam

bolaindonesia | 19:26 WIB

Setelah pemanggilan pada Sabtu (23/3/2024) pukul 02.44 WIB, hari ini Ernando Ari sudah terlihat ikut berlatih bersama rekan-rekan Timnas lainnya di Hanoi, Vietnam.

bolaindonesia | 09:19 WIB

Jelang laga lawan Vietnam, Timnas Indonesia hadapkan krisis pemain. Sehingga STY memanggil punggawa tambahan untuk terbang ke Vietnam.

bolaindonesia | 13:47 WIB

Dalam pertandingan putaran pertama, pada Jumat, (22/3/2024) berakhir imbang 1-1, Arkhan Kaka sama sekali tidak mencetak gol akibat rapatnya pertahanan timnas China.

bolaindonesia | 12:35 WIB

Kabarnya, Timnas Indonesia harus kehilangan lima pemain sekaligus lantaran kondisi kesehatan yang terganggu.

bolaindonesia | 08:45 WIB

Lama tak ada kabar soal kebersamaannya bersama Timnas Indonesia, gelandang Persib, Marck Klok tiba-tiba memberi kabar tak sedap.Pemain berdarah Belanda itu mengaku jika dirinya meninggalkan Timnas Indonesia karena alasan pribadi.

bolaindonesia | 07:15 WIB

Timnas U20 Indonesia bermain dengan formasi 4-3-3 di pertandingan ini. Indra Sjafri memposisikan Arkhan Kaka sebagai striker utama, didukung oleh Afrisal dan Ariansyah di sampingnya.

bolaindonesia | 06:15 WIB

ek tim nasional Indonesia, Jay Idzes dalam laga itu mendapat pujian netizen lantaran permainan yang apik.Dia mampu menunjukkan sikap rendah hati setelah mendapat pujian lantaran mampu memimpin lini belakang secara baik.

bolaindonesia | 16:39 WIB

Shin Tae-yong membuat kaget para fans Timnas Indonesia dengan memasang Hokky Caraka sebagai starter, ternyata dibalik semua itu ada ada alasan ini

bolaindonesia | 13:59 WIB
Tampilkan lebih banyak