Bolaindonesia

Sumbangan Dua Gol Kokohkan Bagus Sebagai Top Skor AFF U-16

Timnas Indonesia U-16 sukses menundukkan lawan berat Vietnam U-16 di laga ketiga AFF U-16 dengan skor 4-2. Amiruddin turut menyumbang dua gol yang memantapkannya sebagai top skor sementara.

Galih Priatmojo

Selebrasi Amiruddin Bagus Kahfi Al-Fikri usai cetak gol ke gawang Vietnam U-16 (Instagram/Galih)
Selebrasi Amiruddin Bagus Kahfi Al-Fikri usai cetak gol ke gawang Vietnam U-16 (Instagram/Galih)

Bolatimes.com - Amiruddin Bagus Kahfi Al-Fikri berhasil memantapkan posisinya sebagai top skor sementara AFF U-16 setelah mampu menyumbang dua gol ke gawang Vietnam U-16, Kamis (2/8/2018).

Berlaga di Stadion Delta Sidoarjo, Timnas Indonesia U-16 menghadapi lawan berat menghadapi Vietnam U-16. Laga yang diprekdiksi bakal berlangsung alot, nyatanya benar terjadi.

Vietnam U-16 memetik keunggulan lebih dulu lewat gol cepat yang dicetak Dinh Thanh Trung di menit keenam. Berawal dari kesalahan Komang Teguh saat berusaha membuang bola, arah bola ternyata mendarat ke kaki pemain Vietnam. Penyerang Vietnam yang sudah mengemas tiga gol itu dengan cepat menyosor bola dan berhasil menjebol gawang Indonesia.

Tertinggal 1-0, David Maulana dkk berusaha membalas. Tapi skuat Garuda Asia kesulitan membongkar lini pertahanan Vietnam yang rapat. Juru taktik Timnas Indonesia U-16, Fakhri Husaini pun memutuskan untuk memasukkan Supriadi pada menit 26 dan menarik keluar Amanar Abdilah. Luar biasanya, efeknya langsung terasa tiga menit kemudian.

Supriadi berhasil menyamakan kedudukan pada menit 29 lewat aksi individu gemilang. Dengan gesit anak penjual es itu melakukan drive ke kotak penalti Vietnam dan sukses melewati tiga pemain lawan, sebelum menaklukkan kiper Thanh Trung lewat dengan dingin lewat tendangan mendatar. Skor pun berubah 1-1.

Selanjutnya kedua tim jual beli serangan, namun hingga akhir babak pertama, skor imbang 1-1 tetap bertahan.

Di awal babak kedua, Fakhri memasukkan Bagus Kahfi dan Fajar Faturahman. Bagus kemudian sukses membawa Garuda Asia berbalik unggul 2-1 lewat penalti pada menit 44, setelah Indonesia mendapat penalti karena David Maulana dilanggar.

Masuknya Bagus benar-benar membuat serangan Indonesia menjadi hidup. Pada menit 60, Bagus mencetak gol keduanya sekaligus membawa Indonesia unggul 3-1 setelah meneruskan umpan silang bek Bagas Kaffa. Benar-benar seorang super-sub!

Pertandingan kemudian sempat terhenti pada menit 66 setelah keributan terjadi. Wasit kemudian memberi kartu merah untuk pemain Vietnam Vo Nguyen Hoang dan Bagas.

Sama-sama tampil dengan sepuluh pemain, Indonesia kemudian berada dalam tekanan setelah Vietnam berhasil mendapat penalti pada menit 72. Thanh Trung yang dipercaya menjadi eksekutor sukses memperkecil kedudukan menjadi 2-3 untuk Vietnam.

Meski demikian, Indonesia mampu tetap tenang di sisa waktu pertandingan. Tim Garuda Asia malah justru memperbesar keunggulan mereka di penghujung laga, lewat gol Andre Oktaviansyah di injury time babak kedua. Andre sukses memanfaatkan umpan terobosan Bagus.

Skor 4-2 untuk kemenangan Timnas Indonesia U-16 pun bertahan hingga laga usai. Selanjutnya Supriadi dan kawan-kawan akan menghadapi Timor Leste pada matchday 4 di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, Sabtu (4/8/2018).

Dengan hasil ini, Timnas Indonesia U-16 makin kokoh di puncak klasemen dengan torehan 9 poin. Sementara di tempat kedua ada Myanmar yang mengumpulkan 6 poin setelah berhasil merontokkan Filipina dengan skor 0-7. Sedangkan Vietnam berada di tempat ketiga dengan poin sama dengan Myanmar 6 poin beda selisih gol.

Berita Terkait

Berita Terkini