Gunansar Papua Mandowen, Pencetak Gol Termuda di Liga 1

Penyerang Persipura Jayapura, Gunansar Papua Mandowen menjadi pemain termuda yang mencetak gol di Liga 1. Ia melesatkan gol saat usianya baru menginjak 17 tahun, 4 bulan, 24 hari.

Rabu, 11 April 2018 | 16:19 WIB
Gunansar Papua Mandowen (kiri) saat merayakan gol ke gawang PS Tira.

Gunansar Papua Mandowen (kiri) saat merayakan gol ke gawang PS Tira.

Bolatimes.com - Salah satu pemain muda Persipura Jayapura, Gunansar Papua Mandowen, mencatatkan rekor baru. Ia menjadi pencetak gol paling muda di gelaran Liga 1 musim 2018.

Gunansar melesatkan golnya tersebut ke gawang PS Tira, Sabtu (7/4/2018). Saat itu usianya baru menginjak 17 tahun, 4 bulan, 24 hari.  Luar biasa.

Aksi Gunansar sebelum mencetak gol pun menawan. Dari sisi kiri pertahanan PS Tira, ia dengan percaya diri menguasai bola. Bahkan ia sempat melewati kapten PS Tira, Manahati Lestusen dengan teknik nutmeg sebelum akhirnya melesatkan gol chip indah.

Torehan tersebut memecahkan rekor sebelumnya yang dipegang oleh pemain Persela Lamongan, Saddil Ramdani (18 tahun, 8 bulan, 28 hari).

Saddil kala itu berhasil melesatkan golnya ke gawang Persegres Gresik United pada Liga 1 musim 2017.

Baca Juga: Liam Gallagher Cuit Kemarahan Usai City Gagal di Liga Champions

Siapa Gunansar Papua Mandowen?

Gunansar Papua Mandowen, pemain Persipura Jayapura

Gunansar merupakan pemain kelahiran Sarmi, Papua 14 November 2000. Ia merupakan adik kandung dari mantan striker Persipura Lukas Mandowen.

Baca Juga: fan AS Roma Rayakan Kemenangan Usai Kalahkan Barcelona

Pemain mungil ini hanya bertinggi 157 cm, tetapi selalu ganas saat di depan gawang lawan. Gunansar sempat tergabung di skuat Timnas U-16 Indonesia.

Bahkan, ia turut mencetak gol saat skuat Garuda menang 3-1 atas Timnas U-16 Singapura pada laga uji coba di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), 5 Desember 2015.

Usai perkuat timnas pemain jebolan Persimi Sarmi ini sempat bermain di Jember United bersama dengan beberapa anak Timnas U-16 lainnya seperti Imam Faudji, Rishad Baihaqi, Kevin Sahael, Drey Buyung, Yusran Ramadaul dan Wedha.

Pada musim sebelumnya, Gunansar bermain untuk Persipura Jayapura U-19 di Liga 1 U-19 2017. Ia pun menjadi jawara pada ajang tersebut.

 

Bolatimes.com/Irwan Febri Rialdi

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Bek Persib Bandung Kakang Rudianto langsung terbang ke Dubai untuk bergabung bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam ajang Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Timnas mengawalinya dengan pemusatan latihan di Dubai

bolaindonesia | 12:49 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia Shin Tae-yong masih mempunyai pekerjaan rumah sebelum menjalani debut di Piala Asia U-23 2024 di Qatar

bolaindonesia | 14:34 WIB

Nathan Tjoe-A-On, pemain asal klub Eredivisie Belanda, SC Heerenveen menjadi nama terakhir yang dipanggil Shin Tae-yong bersama 27 pemain timnas Indonesia guna menjalani persiapan Piala Asia U23 2024 di Qatar.

bolaindonesia | 20:34 WIB

Pelatih timnas Indonesia U23, Shin Tae-yong memberi apresiasi bantuan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dan para pemilik klub Liga 1 Indonesia.

bolaindonesia | 20:06 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia, Shin Tae-yong sampaikan terimakasih kepada klub peserta Liga 1 yang sudah memberikan dukungan penuh untuk timnya tampil dalam Piala Asia U-23 Qatar 2024.

bolaindonesia | 16:37 WIB

Pemain Persib Beckham Putra Nugraha kembali batal memperkuat Tim Nasional Indonesia akibat cedera. Sebelumnya absen dalam ajang Asia Games 2023, kali ini tak tampil di Piala Asia U-23 di Qatar

bolaindonesia | 15:45 WIB

Pemain keturunan Seharga Rp31,29 Miliar mengaku sedang melakukan proses naturalisasi, bakal jadi amunisi baru timnas Indonesia kontra Irak?

bolaindonesia | 12:19 WIB

Gelandang Persib Bandung Beckham Putra Nugraha akan fokus untuk menghadapi Bhayangkara FC sebelum berkonsentrasi bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam AFC U23 Cup 2024 di Qatar

bolaindonesia | 12:40 WIB

Pertandingan Persib kontra Bhayangkara akan jadi pertandingan alumni Seri A Italia

bolaindonesia | 20:34 WIB

Gelandang Persib Bandung, Marc Klok mengalami cedera dan harus menjalani pemulihan di Singapura.Kondisi itu membuat Klok tak ikut dalam dalam rombongan Tim Nasional Indonesia untuk menghadapi Vietnam

bolaindonesia | 19:26 WIB

Setelah pemanggilan pada Sabtu (23/3/2024) pukul 02.44 WIB, hari ini Ernando Ari sudah terlihat ikut berlatih bersama rekan-rekan Timnas lainnya di Hanoi, Vietnam.

bolaindonesia | 09:19 WIB

Jelang laga lawan Vietnam, Timnas Indonesia hadapkan krisis pemain. Sehingga STY memanggil punggawa tambahan untuk terbang ke Vietnam.

bolaindonesia | 13:47 WIB

Dalam pertandingan putaran pertama, pada Jumat, (22/3/2024) berakhir imbang 1-1, Arkhan Kaka sama sekali tidak mencetak gol akibat rapatnya pertahanan timnas China.

bolaindonesia | 12:35 WIB

Kabarnya, Timnas Indonesia harus kehilangan lima pemain sekaligus lantaran kondisi kesehatan yang terganggu.

bolaindonesia | 08:45 WIB

Lama tak ada kabar soal kebersamaannya bersama Timnas Indonesia, gelandang Persib, Marck Klok tiba-tiba memberi kabar tak sedap.Pemain berdarah Belanda itu mengaku jika dirinya meninggalkan Timnas Indonesia karena alasan pribadi.

bolaindonesia | 07:15 WIB

Timnas U20 Indonesia bermain dengan formasi 4-3-3 di pertandingan ini. Indra Sjafri memposisikan Arkhan Kaka sebagai striker utama, didukung oleh Afrisal dan Ariansyah di sampingnya.

bolaindonesia | 06:15 WIB

ek tim nasional Indonesia, Jay Idzes dalam laga itu mendapat pujian netizen lantaran permainan yang apik.Dia mampu menunjukkan sikap rendah hati setelah mendapat pujian lantaran mampu memimpin lini belakang secara baik.

bolaindonesia | 16:39 WIB

Shin Tae-yong membuat kaget para fans Timnas Indonesia dengan memasang Hokky Caraka sebagai starter, ternyata dibalik semua itu ada ada alasan ini

bolaindonesia | 13:59 WIB
Tampilkan lebih banyak