Melihat Peluang Persaingan Liga 1 2018, Siapa yang Pantas Juara ?

Bhayangkara FC vs Persija Jakarta akan membuka Liga 1 2018

Reky Kalumata | BolaTimes.com
Rabu, 21 Maret 2018 | 15:37 WIB
Kolase foto

Kolase foto

Bolatimes.com - Liga 1 2018 akan dimulai pada 23 Maret mendatang dengan ditandai partai pembuka antara juara bertahan Bhayangkara FC melawan Persija Jakarta, yang merupakan kampiun Piala Presiden edisi musim ini. Partai tersebut akan berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta.

Sebanyak 18 tim bakal bersaing demi menjadi yang terbaik pada musim ini. Lantas siapa tim yang mampu menjuarainya? Rasanya masih sulit diprediksi.

Liga Indonesia memang sulit diprediksi. Tim-tim besar yang ada tidak bisa jadi jaminan bisa bersaing memperebutkan gelar juara. Sebagai contoh, Bhayangkara FC yang sama sekali tak diunggulkan berhasil menjadi jawara musim 2017.

Tim-tim yang diunggulkan seperti Persib Bandung, Arema FC, Sriwijaya, hingga Persipura Jayapura tidak bisa berbuat banyak. Bahkan, Semen Padang yang merupakan tim kasta teratas harus terdegradasi.

Justru tim yang terbilang baru seperti Bhayangkara FC, Bali United, dan Madura United berada di papan tas musim lalu. Hanya ada Persija Jakarta dan PSM Makassar yang menghuni posisi lima besar.

Lalu, bagaimana pada musim ini?. Jika dilihat dari kesiapannya mengarungi musim 2018, beberapa tim bisa menjadi juara Liga 1.

Berprestasi di Pramusim

Tim mana yang paling prestasi di pramusim? Dialah Persija Jakarta. Macan Kemayoran berhasil menyabet dua gelar dalam persiapan mengarungi liga yaitu Piala Presiden 2018 dan turnamen Boost Sportsfix di Malaysia.

Persija Jakarta juara Piala Presiden 2018 (Suara.com/Kurniawan Ma'sud)

Selain itu, transfer pemain yang dilakukan Persija terbilang cukup sukses. Salah satunya adalah striker asal Kroasia Marko Simic. Sang pemain menjadi pencetak gol terbanyak di Piala Presiden dengan torehan 11 gol.

Kini, tim asuhan Stefano Cugurra Teco dihadapkan dengan tiga kejuaraan berbeda, yakni Liga 1, Piala Indonesia, dan Piala AFC pada musim ini. Mampukah Persija berprestasi? Kita tunggu saja.

Skuat dengan Pemain Bintang

Demi berprestasi di musim 2018, klub-klub Liga 1 mendatangkan sejumlah pemain berkualitas. Tim yang paling terlihat banyak mendatangkan pemain adalah Sriwijaya FC dan Bali United.

Sriwijaya FC yang menunjuk Rahmad Darmawan sebagai pelatih tak ingin menyianyiakan kesempatan yang ada. Manajemen tim berjuluk Laskar Wong Kito itupun merekrut sejumlah pemain hebat.

Presiden Sriwijaya FC Dodi Reza Alex Noerdin (tengah) berfoto bersama dengan pemain, pelatih dan ofisial tim Sriwijaya FC. (Antara/ Nova Wahyudi)

Sebut saja Adam Alis yang merupakan pemain terbaik Piala Presiden 2017, Makan Konate eks mega bintang Persib Bandung, duo timnas U-19 Syahrian Abimanyu dan Samuel Chritianson, serta mantan palang pintu Arema FC Esteban Vizcarra.

Tak kalah dari Sriwijaya FC, Bali United pun terlihat jor-joran di bursa transfer. Finis sebagai runner up pada musim lalu, tim asuhan Widodo Cahyono Putro itu ingin memperbaikinya.

Dimulai dengan mendatangkan Ilija Spasojevic untuk menggantikan Sylvano Comvalius yang hengkang. Kemudian pemain timnas U-19 Hanis Saghara Putra.

Pemain tim Bali United melakukan uji lapangan menjelang laga Piala AFC 2018 di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Senin (12/2). ANTARA FOTO/Fikri Yusuf

Selain itu adanya Kevin Brand, Nick Van Der Velden untuk pemain asing membuat aroma Belanda kian terasa. Itu setelah adanya Stefano Lilipaly yang merupakan pemain naturalisasi dan Irfan Bachdim yang memiliki keturuan Belanda.

Tentunya, Bali United tidak ingin mengulang kegagalan musim lalu setelah hanya kalah head to head dari Bhayangkara FC. Skuat berjuluk Serdadu Tridatu tersebut pastinya ingin juara musim ini.

Mental Juara Persipura Jayapura

Siapa yang tidak tahu Persipura Jayapura?. Tim asal Papua ini selalu berhasil membuat kejutan. Meski minim persiapan di musim ini, tim skuat berjuluk Mutiara Hitam itu diprediksi bisa bersaing di papan atas.

Berkaca pada ajang Indonesia Soccer Championship 2016, Persipura keluar sebagai juara. Padahal, di musim itu Boaz Solossa dan kawan-kawan juga kurang dalam hal persiapan.

Pemain Persipura rayakan gol Boaz Solossa ke gawang Pesegres dalam laga lanjutan Kompetisi Liga 1 di Stadion Mandala, Jayapura, Papua, Selasa (18/4). [Antara]

Musim lalu, Persipura memang hanya finis di posisi keenam. Namun, itu sudah cukup baik mengingat mereka terpuruk di awal kompetisi 2017.

Kini, Persipura siap bersaing di papan atas Liga 1 2018. Dengan mengandalkan pemain muda asal Papua, Persipura bakal bersaing menjadi yang terbaik musim ini.

Ambisi Juara Bertahan

Meski kurang greget di pramusim, Bhayangkara FC tetap berpeluang meraih gelar juara pada musim ini. Pastinya, The Guardian berambisi mempertahankan gelar tersebut.

Para pemain Bhayangkara FC (ANTARAFOTO/Reno Esnir)

Skuat asuhan Simon McMenemy itu tentunya akan termotivasi dengan hal itu. Kerja keras dan semangat yang menjadi gaya permainan dari Bhayangkara, membuatnya bisa kembali merengkuh gelar juara Liga 1 2018.

Liga 1 2018 dijamin bakal berjalan lebih menarik lantaran kembalinya tiga tim dengan penuh sejarah seperti Persipura Jayapura, PSIM Semarang, dan PSMS Medan. Bukan tidak mungkin juga, di bawah asuhan pelatih anyar Roberto Carlos Mario Gomez, Persib kembali dalam persaingan juga.

Tim mana yang akan menjadi juara Liga 1 2018? Kita tunggu saja awa Desember nanti saat berakhirnya liga. (Adie Prasetyo Nugraha)

 

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Kiper Naturalisasi Timnas Indonesia yang saat ini bermain di klub FC Dallas, Maarten Paes sangat optimis bakal debut bersama skuad Garuda di bulan Juni mendatang.

bolaindonesia | 17:15 WIB

Usai menjadi WNI, kiper Naturalisasi Timnas Indonesia, Maarten Paes beberkan impiannya bersama skuad Garuda asuhan Shin Tae Yong.

bolaindonesia | 16:39 WIB

Ketua umum PSSI, Erick Thohir bakal protes ke FIFA setelah Wasit Thailand Sivakorn Pu-Udom Kembali Jadi Wasit VAR Laga Timnas Indonesia kontra Irak di perebutan posisi ketiga Piala Asia U-23 Qatar.

bolaindonesia | 13:45 WIB

Wasit asal Thailand, Sivakorn Pu-Udom Kembali akan menjadi Wasit VAR Laga Timnas Indonesia U-23 Kontra Irak, Erick Thohir Dituntut lakukan protes ke AFC, bakal digubris?

bolaindonesia | 13:11 WIB

Salah Sasaran! Bukan Sivakorn Puudom, Suporter Timnas Indonesia U-23 Malah Ancam Artis Thailand ini Usai Kalah di Piala Asia Qatar

bolaindonesia | 12:37 WIB

Resmi mendapatkan warga negara Indonesia, kasus Kiper FC Dallas, Maarten Paes di CAS sudah clear, bakal debut kontra Irak?

bolaindonesia | 12:07 WIB

Masyarakat Indonesia memiliki antusias dengan pelatih tim nasional Indonesia. Kiprahnya membawa timnas Indonesia bermain dengan gemilang dalam kancah internasional. Apakah Shin Tae Yong tetap berlanjut mengkomandoi para pemain andalan Indonesia?

bolaindonesia | 14:39 WIB

Bek Persib Bandung Kakang Rudianto langsung terbang ke Dubai untuk bergabung bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam ajang Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Timnas mengawalinya dengan pemusatan latihan di Dubai

bolaindonesia | 12:49 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia Shin Tae-yong masih mempunyai pekerjaan rumah sebelum menjalani debut di Piala Asia U-23 2024 di Qatar

bolaindonesia | 14:34 WIB

Nathan Tjoe-A-On, pemain asal klub Eredivisie Belanda, SC Heerenveen menjadi nama terakhir yang dipanggil Shin Tae-yong bersama 27 pemain timnas Indonesia guna menjalani persiapan Piala Asia U23 2024 di Qatar.

bolaindonesia | 20:34 WIB

Pelatih timnas Indonesia U23, Shin Tae-yong memberi apresiasi bantuan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dan para pemilik klub Liga 1 Indonesia.

bolaindonesia | 20:06 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia, Shin Tae-yong sampaikan terimakasih kepada klub peserta Liga 1 yang sudah memberikan dukungan penuh untuk timnya tampil dalam Piala Asia U-23 Qatar 2024.

bolaindonesia | 16:37 WIB

Pemain Persib Beckham Putra Nugraha kembali batal memperkuat Tim Nasional Indonesia akibat cedera. Sebelumnya absen dalam ajang Asia Games 2023, kali ini tak tampil di Piala Asia U-23 di Qatar

bolaindonesia | 15:45 WIB

Pemain keturunan Seharga Rp31,29 Miliar mengaku sedang melakukan proses naturalisasi, bakal jadi amunisi baru timnas Indonesia kontra Irak?

bolaindonesia | 12:19 WIB

Gelandang Persib Bandung Beckham Putra Nugraha akan fokus untuk menghadapi Bhayangkara FC sebelum berkonsentrasi bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam AFC U23 Cup 2024 di Qatar

bolaindonesia | 12:40 WIB

Pertandingan Persib kontra Bhayangkara akan jadi pertandingan alumni Seri A Italia

bolaindonesia | 20:34 WIB

Gelandang Persib Bandung, Marc Klok mengalami cedera dan harus menjalani pemulihan di Singapura.Kondisi itu membuat Klok tak ikut dalam dalam rombongan Tim Nasional Indonesia untuk menghadapi Vietnam

bolaindonesia | 19:26 WIB

Setelah pemanggilan pada Sabtu (23/3/2024) pukul 02.44 WIB, hari ini Ernando Ari sudah terlihat ikut berlatih bersama rekan-rekan Timnas lainnya di Hanoi, Vietnam.

bolaindonesia | 09:19 WIB
Tampilkan lebih banyak