MotoGP 2024: Tanpa Marc Marquez, Stefan Bradl Nilai Pengembangan Kuda Besi Honda Jadi Lebih Terbuka

Pebalap penguji Honda Racing Corporation (HRC), Stefan Bradl menyampaikan sisi positif dari kepergian Marc Marquez yang hijrah ke tim satelit Ducati.

Pipin Lukmanul Hakim | BolaTimes.com
Rabu, 31 Januari 2024 | 19:44 WIB
Marc Marquez saat tampil di MotoGP Qatar 2022. (Instagram)

Marc Marquez saat tampil di MotoGP Qatar 2022. (Instagram)

Bolatimes.com - Pebalap penguji Honda Racing Corporation (HRC), Stefan Bradl menyampaikan sisi positif dari kepergian Marc Marquez yang hijrah ke tim satelit Ducati.

Menurut Stefan Bradl, dengan tidak ada Marc Marquez membuat pengembangan motor Honda, RC213V menjadi lebih terbuka.

Sejak 2013-2023, Honda selalu menjadikan Marquez sebagai acuan dalam pengembangan kuda besi RC213V.

Baca Juga: Jadwal Euro 2024: Duel Jerman vs Skotlandia Jadi Pembuka Matchday 1 Grup A

Alhasil, selama bertahun-tahun pebalap Honda lainnya mengeluhkan tunggangannya yang terlalu disesuaikan dengan daya balap The Baby Alien.

Terbukti, saat pebalap asal Spanyol itu diganggu oleh masalah cedera yang tidak kunjung henti, pengembangan motor di tim pabrikan Jepang pun terhambat.

Sampai akhirnya, performa mereka menurun dalam empat musim terakhir di ajang balapan utama MotoGP.

Baca Juga: Membedah Peta Kekuatan Timnas Inggris di Euro 2024, Potensi Lolos 16 Besar hingga Lawan yang Dihadapi

Jelang MotoGP 2024, Honda membuka lembaran baru tanpa seorang Marc Marquez, yang sudah bergabung dengan Gresini Racing.

Sekarang ini, diperkuat Joan Mir dan Luca Marini di tim pabrikan Repsol Honda, serta Takaaki Nakagami dan Johann Zarco di LCR Honda.

Bradl menilai tidak adanya Marc Marquez kini membuat pengembangan motor Honda menjadi lebih terbuka.
Mereka tidak terpaku pada satu pebalap lagi, karena bisa mendapat masukan dari pebalap lainnya.

Baca Juga: Komunitas Indonesia Pride Keluarkan Petisi Desak PSSI Segera Perpanjang Kontrak Shin Tae-yong, Ini Sebabnya

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Brad Binder menyatakan, bahwa dirinya semakin percaya diri bisa tampil kompetitif pada gelaran MotoGP 2024. Pebalap andalan Red Bull KTM itu juga yakin bisa bersaing ketat dengan para pebalap top lainnya di MotoGP 2024 nanti.

arena | 15:57 WIB

Pebalap Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo menilai, tim masih perlu meningkatkan performa motor Yamaha M1 agar bisa tampil lebih kompetitif.

arena | 14:56 WIB

Pebalap Ducati Lenovo, Francesco Bagnaia sukses mempertahankan dominasinya untuk memimpin selama dua hari tes pramusim MotoGP 2024 di Sirkuit Internasional Lusai, pada 19-20 Februari.

arena | 14:35 WIB

Luca Marini merupakan pebalap yang baru pindahan dari tim VR46 ke tim Repsol Honda menggantikan posisi yang ditinggalkan Marc Marquez.

arena | 13:47 WIB

Honda RC213V 2024 membawa sejumlah peningkatan pada seluruh mesin, mulai dari revisi aerodinamis hingga penyempurnaan pada mesin dan sasis.

arena | 09:25 WIB

Red Bull KTM merasa optimistis bahwa tim dan dua pebalap utamanya, Brad Binder dan Jack Miller bisa meraih prestasi lebih baik di MotoGP 2024 dibandingkan musim lalu.

arena | 12:19 WIB

Manajer tim Ducati Lenovo, Davide Tardozzi mengatakan, tim berharap MotoGP 2024 akan menjadi titik balik yang baik bagi satu di antara pebalap utama mereka, Enea Bastianini.

arena | 11:59 WIB

Sementara Marco Bezzecchi masih merasa kesulitan beradaptasi dengan pengaturan motor baru pada tes pramusim MotoGP 2024 hari ketiga di Sirkuit Internasional Sepang.

arena | 15:37 WIB

Duo pebalap tim Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo dan Alex Rins bersepakat, bahwa motor YZR-M1 tunggangan mereka menunjukkan peningkatan secara signifikan.

arena | 15:24 WIB

Pebalap tim Ducati Lenovo, Francesco Bagnaia sukses menjadi yang tercepat dapat tes pramusim MotoGP 2024 di Sirkuit Sepang, Malaysia hari ketiga, pada Kamis (8/2/2024).

arena | 08:04 WIB

Pebalap MotoGP, Francesco Bagnaia menilai tim Ducati Lenovo masih memiliki kesempatan untuk memaksimalkan motor Desmosedici GP agar bisa tampil lebih garang di MotoGP 2024.

arena | 10:39 WIB

Pebalap tim Pertamina Enduro VR46, Marco Bezzecchi mengakui masih belum puas dengan performanya pada uji coba MotoGP 2024 hari kedua di Sirkuit Internasional Sepang, Malaysia.

arena | 09:46 WIB

Tes pramusim resmi MotoGP 2024 yang berlangsung di Sirkuit Sepang, Malaysia berlangsung dari Selasa, (6/2) sampai Kamis, (8/2) mendatang.

arena | 14:23 WIB

Dua pebalap Monster Energy Yamaha Fabio Quartararo dan Alex Rins termotivasi untuk memulai musim baru, dimulai dari uji coba resmi MotoGP 2024 di Sepang.

arena | 10:01 WIB

Jelang perhelatan MotoGP 2024, dua pebalap tim Repsol Honda Joan Mir dan Luca Marini bersepakat untuk memaksimalkan potensi motor baru mereka.

arena | 09:28 WIB

Tim Monster Energy Yamaha menyambut gelaran MotoGP 2024 bersama motor YZR-M1, yang akan menjadi tunggangan dua pebalap utamanya, yakni Fabio Quartararo dan Alex Rins.

arena | 08:42 WIB

Marc Marquez mengatakan, akan menerapkan strategi berbeda ketika mengendarai Ducati untuk menghadapi ajang balap motor dunia, MotoGP 2024 bersama tim Gresini Racing.

arena | 19:25 WIB

Sang juara dunia dua kali, Francesco Bagnaia kontraknya bersama Ducati akan berakhir pada musim ini, seperti dipetik dari laman MotoGP.

arena | 10:47 WIB
Tampilkan lebih banyak