Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2023: Berguguran, 4 Wakil Indonesia Lolos ke Perempat Final

Empat wakil Indonesia lolos ke semifinal Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2023.

Husna Rahmayunita | BolaTimes.com
Jum'at, 25 Agustus 2023 | 09:37 WIB
Tunggal putri Gregoria Mariska Tunjung gagal rebut juara Malaysia Masters 2023. (ANTARA/HO-PP PBSI)

Tunggal putri Gregoria Mariska Tunjung gagal rebut juara Malaysia Masters 2023. (ANTARA/HO-PP PBSI)

Bolatimes.com - Sebanyak empat wakil Indonesia dipastikan lolos ke perempat final Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2023. Keempatnya akan berburu tiket ke semifinal, hari ini Jumat (25/8/2023).

Empat wakil Merah Putih yang melaju yakni Gregoria Mariska Tunjung (tunggal putri), Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti (ganda putra), Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan dan Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana (ganda putra).

Lawan tangguh akan dihadapi Gregoria Mariska di semifinal. Pebulu tangkis asal Wonogiri tersebut akan duel lawan unggulan kedua Akane Yamaguchi.

Baca Juga: Respons Berkelas Shin Tae-yong Lihat Thailand Main Kasar Lawan Timnas Indonesia U-23

Untuk memberikan perlawanan maksimal nanti, Gregoria Mariska mengatakan istirahat yang cukup dan menjaga kondisi mental serta fisik menjadi kunci utama, lantaran ia selalu bermain rubber game pada dua pertandingan terakhir.

"Dua pertandingan sebelumnya, saya selalu bermain rubber game. Jadi saya perlu istirahat yang maksimal setelah ini. Saya mau terapi dan fokus menghadapi pertandingan nanti,” kata Gregoria dikutip dari keterangan tertulis PBSI di Jakarta, Jumat.

"Cuma saya tak bisa melihat permainan Akane yang menang tanpa bertanding. Untuk melawan Akane, saya akan tampil lebih rileks. Target saya ingin tampil maksimal. Semoga hasilnya juga maksimal,” ujarnya.

Baca Juga: Cedera, Bagas Kaffa Diprediksi Absen Bela Timnas Indonesia U-23 di Final Piala AFF U-23 2023

Gregoria sebelumnya maju ke babak delapan besar setelah mengalahkan Han Yue (China) yang merupakan unggulan kesembilan di turnamen tersebut. Gregoria menang melalui rubber game ketat 13-21, 21-19, 21-11.

Bagi Gregoria yang merupakan unggulan kedelapan, ini merupakan kesempatan keempatnya di Kejuaraan Dunia serta langkahnya yang paling jauh selama ini. Ia mengatakan akan menjadikan hal tersebut sebagai motivasi.

Pada gim pertama, Gregoria mengaku kurang nyaman saat bermain lantaran angin cukup kencang di lapangan sehingga tak leluasa baginya untuk mengontrol bola dengan baik.

Baca Juga: Timnas Indonesia U-23 Bungkam Thailand, Erick Thohir Minta Jangan Jemawa

"Saat unggul di gim kedua, bukannya bermain lepas, saya malah tegang dan bermain lebih hati-hati. Lawan juga bisa menyamakan angka. Saat kedudukan 19-19, akhirnya saya bisa bermain lebih tenang dan lawan malah salah sendiri,” kata Gregoria.

"Gim ketiga saya hanya bermain untuk mengurangi kesalahan. Juga tak gampang memberi poin ke lawan saja,” imbuhnya.

Selain Gregoria, Indonesia meloloskan tiga wakil lainnya di babak perempat final Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2023.

Baca Juga: Salut, Timnas Indonesia U-23 dan Thailand Saling Respek usai Duel Panas di Semifinal Piala AFF U-23 2023

Tiket pertama diamankan oleh ganda putri Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti yang akan berhadapan dengan Yuki Fukushima/Sayaka Hirota (Jepang) di babak delapan besar.

Dua tiket lainnya adalah dari sektor ganda putra yaitu Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan yang akan bersua dengan Kang Min Hyuk/Seo Seung Jae (Korea Selatan), serta Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana yang bakal berjumpa dengan Liang Wei Keng/Wang Chang (China).

(Antara)

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Pebalap MotoGP dari tim Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo tak ingin mengendurkan semangatnya untuk balapan di MotoGP Spanyol akhir pekan ini.

arena | 18:49 WIB

Fabio Di Giannantonio dan Marco Bezzecchi mengaku optimistis, karena keduanya berhasil finis di daftar delapan besar pada balapan utama MotoGP Amerika dua pekan lalu.

arena | 15:15 WIB

Pebalap Monster Energy Yamaha, Alex Rins bertekad untuk mengulangi kemenangan pada MotoGP Amerika Serikat 2024.

arena | 13:25 WIB

Pebalap Gresini Racing tersebut mengatakan, ingin meraih podium pertamanya di balapan yang berlangsung di Circuit of The Americas (COTA) Austin, Texas, pada akhir pekan ini.

arena | 12:30 WIB

Liberty Media membeli 86 persen saham MotoGP, dengan Dorna Sports mempertahankan 14 persen saham. Nilai perusahaan MotoGP ditaksir bernilai 4,2 miliar euro atau setara dengan Rp72 triliun.

arena | 20:51 WIB

Uji coba privat tim Monster Energy Yamaha bersama Fabio Quartararo dan Alex Rins itu dilakukan sebelum balapan seri ketiga MotoGP Amerika Serikat di Austin.

arena | 14:18 WIB

Pemilik kejuaraan balap mobil Formula 1, Liberty Media disebut siap untuk melakukan finalisasi pembelian, dan mengambil alih kejuaraan balap motor MotoGP, yang diprediksi mencapai angka 4 miliar dolar AS.

arena | 12:56 WIB

Dani Pedrosa merupakan juara dunia tiga kali, yang sebelumnya juga sempat turun sebagai wildcard untuk tim Red Bull KTM, dan finis di posisi keenam pada balapan Sprint, serta posisi ketujuh pada balapan utama GP Spanyol 2023.

arena | 12:37 WIB

Marco Bezzecchi dan Fabio Di Giannantonio tak segera berpuas diri usai sama-sama mencapai daftar 10 besar pada MotoGP Portugal di Sirkuit Algarve, Portimao akhir pekan lalu.

arena | 15:34 WIB

Duo pebalap Gresini Racing, Marc Marquez dan Alex menyatakan, siap mengalihkan fokus dan menatap balapan seri berikut di Sirkuit Austin, MotoGP Amerika Serikat pada 12-15 April 2024.

arena | 15:04 WIB

Pebalap Maverick Vinales mengakui, bahwa dirinya tidak terlalu mempersoalkan kegagalannya finis di MotoGP 2024 seri Portugal di Sirkuit Algarve, Portimao, pada Minggu (24/3/2024).

arena | 20:51 WIB

Pebalap Ducati Lenovo, Francesco Bagnaia langsung menatap balapan MotoGP 2024 seri selanjutnya di Sirkuit Amerika pada 12-14 April mendatang.

arena | 19:37 WIB

Meskipun tidak meraih kemenangan dalam sprint MotoGP Portugal 2024, Francesco Bagnaia dari tim Ducati tetap kokoh di puncak klasemen sementara. Di hari kedua di Sirkuit Internasional Algarve, Portimao, dia bersaing dalam latihan bebas 2, kualifikasi

arena | 06:22 WIB

Marc Marquez mengakui, jika pebalap muda tim Red Bull GASGAS Tech3, Pedro Acosta menjadi satu di antara pesaing yang harus diwaspadai di MotoGP 2024.

arena | 13:01 WIB

Adapun jadwal siaran langsung MotoGP Portugal 2024, pada Sabtu (23/3/2024) akan memulai ajang Sprint Race pukul 22.00 WIB.

arena | 09:29 WIB

Pebalap Marco Bezzecchi berhasil menumbuhkan kepercayaan dirinya menjelang babak kualifikasi, balapan Sprint, dan balapan utama MotoGP Portugal, yang berlangsung di Sirkuit Algarve Portimao, akhir pekan ini.

arena | 09:04 WIB

Bagnaia menjadi bagian sukses baru Ducati, dan Marquez baru menjalani debut yang tergolong gemilang dengan motor dari pabrikan asal Italia itu.

arena | 11:21 WIB

Pebalap Jorge Martin bereaksi setelah hanya memimpin klasemen MotoGP 2024 dalam waktu singkat, pasca Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) keluar sebagai juara MotoGP Qatar.

arena | 11:06 WIB
Tampilkan lebih banyak