Mantap, Timnas Basket Putri Indonesia Lolos ke Semifinal Piala Asia FIBA 2023 usai Kalahkan Iran

Timnas Basket Putri Indinesia kalahkan Iran dengan skor 65-56.

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Rabu, 16 Agustus 2023 | 16:17 WIB
Timnas Basket Putri Indonesia saat mengalahkan Iran untuk lolos ke semifinal Piala Asia FIBA 2023. (Instagram/official_timnasbasket)

Timnas Basket Putri Indonesia saat mengalahkan Iran untuk lolos ke semifinal Piala Asia FIBA 2023. (Instagram/official_timnasbasket)

Bolatimes.com - Timnas basket putri Indonesia berhasil melaju ke semifinal Piala Asia FIBA 2023 Divisi B seusai mengalahkan Iran dengan skor 65-56 dalam laga yang digelar di Nimbutr Stadium Bangkok, Thailand, Selasa (15/8/2023).

Dengan kemenangan tersebut, timnas basket putri Indonesia telah mengalahkan seluruh lawannya pada babak penyisihan Grup A dan berhak ke semifinal.

Sebelumnya, Henny Sutjiono dan kawan-kawan telah mengalahkan Mongolia 69-52, dan Malaysia dengan skor 60-55. Dengan tiga kemenangan beruntun tersebut, Indonesia berhak menduduki peringkat pertama klasemen Grup A dengan 6 poin.

Baca Juga: Dibawa STY ke Piala AFF U-23 2023, Duo Persita Tangerang Berambisi Antarkan Timnas Indonesia U-23 Juara

Timnas putri tidak mendapatkan kemenangan atas Iran dengan mudah. Berdasarkan statistik pertandingan yang dikutip dari laman resmi FIBA, pada awal laga Indonesia sempat memimpin 19-13 di kuarter pertama.

Pada kuarter dua, Iran mulai menyusul dan Indonesia hanya bisa mencetak delapan poin di kuarter itu. Hal itu membuat Iran membalikkan keadaan walaupun hanya unggul satu poin, yakni 27-28.

Pada kuarter tiga, persaingan ketat dipertontonkan oleh kedua tim. Indonesia dan Iran saling mengejar perolehan poin. Namun, Iran masih memegang kendali di akhir kuarter tiga dengan skor menjadi 40-44.

Baca Juga: 5 Fakta Menarik Jelang Duel Lee Man FC vs Bali United di Kualifikasi Liga Champions Asia Malam Ini

Di kuarter terakhir, para srikandi basket Indonesia tampil dominan dengan mencetak 24 poin, sementara Iran hanya diberikan kesempatan menambah 12 poin.

Lagi-lagi Kimberley Pierre-Louis tampil paling baik dengan 26 poin, 15 rebound, 5 assist, 3 steal, dan 2 blok. Clarita Antonio kembali menjadi pencetak poin terbanyak kedua dengan sembilan poin, dan Dewa Ayu Made Sriartha Kusuma menambahkan delapan poin.

Dari kubu Iran, pencetak poin terbanyak adalah Negin Rasoulipour khameneh dengan 16 poin, dan Faezeh Shahriari 12 poin.

Baca Juga: Taktik Vietnam di Piala AFF U-23 Terbongkar, Keuntungan Buat Timnas Indonesia

Selanjutnya, Timnas Basket Putri akan melakoni laga semifinal pada Jumat (18/8). Lawan Indonesia ditentukan dari pemenang antara Malaysia dan peringkat dua klasemen Grup B yang akan beradu pada babak kualifikasi menuju semifinal, demikian dilansir dari Antara.

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Pebalap MotoGP dari tim Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo tak ingin mengendurkan semangatnya untuk balapan di MotoGP Spanyol akhir pekan ini.

arena | 18:49 WIB

Fabio Di Giannantonio dan Marco Bezzecchi mengaku optimistis, karena keduanya berhasil finis di daftar delapan besar pada balapan utama MotoGP Amerika dua pekan lalu.

arena | 15:15 WIB

Pebalap Monster Energy Yamaha, Alex Rins bertekad untuk mengulangi kemenangan pada MotoGP Amerika Serikat 2024.

arena | 13:25 WIB

Pebalap Gresini Racing tersebut mengatakan, ingin meraih podium pertamanya di balapan yang berlangsung di Circuit of The Americas (COTA) Austin, Texas, pada akhir pekan ini.

arena | 12:30 WIB

Liberty Media membeli 86 persen saham MotoGP, dengan Dorna Sports mempertahankan 14 persen saham. Nilai perusahaan MotoGP ditaksir bernilai 4,2 miliar euro atau setara dengan Rp72 triliun.

arena | 20:51 WIB

Uji coba privat tim Monster Energy Yamaha bersama Fabio Quartararo dan Alex Rins itu dilakukan sebelum balapan seri ketiga MotoGP Amerika Serikat di Austin.

arena | 14:18 WIB

Pemilik kejuaraan balap mobil Formula 1, Liberty Media disebut siap untuk melakukan finalisasi pembelian, dan mengambil alih kejuaraan balap motor MotoGP, yang diprediksi mencapai angka 4 miliar dolar AS.

arena | 12:56 WIB

Dani Pedrosa merupakan juara dunia tiga kali, yang sebelumnya juga sempat turun sebagai wildcard untuk tim Red Bull KTM, dan finis di posisi keenam pada balapan Sprint, serta posisi ketujuh pada balapan utama GP Spanyol 2023.

arena | 12:37 WIB

Marco Bezzecchi dan Fabio Di Giannantonio tak segera berpuas diri usai sama-sama mencapai daftar 10 besar pada MotoGP Portugal di Sirkuit Algarve, Portimao akhir pekan lalu.

arena | 15:34 WIB

Duo pebalap Gresini Racing, Marc Marquez dan Alex menyatakan, siap mengalihkan fokus dan menatap balapan seri berikut di Sirkuit Austin, MotoGP Amerika Serikat pada 12-15 April 2024.

arena | 15:04 WIB

Pebalap Maverick Vinales mengakui, bahwa dirinya tidak terlalu mempersoalkan kegagalannya finis di MotoGP 2024 seri Portugal di Sirkuit Algarve, Portimao, pada Minggu (24/3/2024).

arena | 20:51 WIB

Pebalap Ducati Lenovo, Francesco Bagnaia langsung menatap balapan MotoGP 2024 seri selanjutnya di Sirkuit Amerika pada 12-14 April mendatang.

arena | 19:37 WIB

Meskipun tidak meraih kemenangan dalam sprint MotoGP Portugal 2024, Francesco Bagnaia dari tim Ducati tetap kokoh di puncak klasemen sementara. Di hari kedua di Sirkuit Internasional Algarve, Portimao, dia bersaing dalam latihan bebas 2, kualifikasi

arena | 06:22 WIB

Marc Marquez mengakui, jika pebalap muda tim Red Bull GASGAS Tech3, Pedro Acosta menjadi satu di antara pesaing yang harus diwaspadai di MotoGP 2024.

arena | 13:01 WIB

Adapun jadwal siaran langsung MotoGP Portugal 2024, pada Sabtu (23/3/2024) akan memulai ajang Sprint Race pukul 22.00 WIB.

arena | 09:29 WIB

Pebalap Marco Bezzecchi berhasil menumbuhkan kepercayaan dirinya menjelang babak kualifikasi, balapan Sprint, dan balapan utama MotoGP Portugal, yang berlangsung di Sirkuit Algarve Portimao, akhir pekan ini.

arena | 09:04 WIB

Bagnaia menjadi bagian sukses baru Ducati, dan Marquez baru menjalani debut yang tergolong gemilang dengan motor dari pabrikan asal Italia itu.

arena | 11:21 WIB

Pebalap Jorge Martin bereaksi setelah hanya memimpin klasemen MotoGP 2024 dalam waktu singkat, pasca Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) keluar sebagai juara MotoGP Qatar.

arena | 11:06 WIB
Tampilkan lebih banyak