Kisah Misha Zilberman, Pebulu Tangkis Israel yang Sempat Ditolak Masuk Indonesia untuk Tampil di Kejuaraan Dunia

Pebulu tangkis Israel, Misha Zilberman pernah ditolak masuk Indonesia untuk tampil di Kejuaraan Dunia pada 2015.

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Selasa, 08 Agustus 2023 | 17:00 WIB
Pebulu tangkis Isarel, Misha Zilberman. (Twitter)

Pebulu tangkis Isarel, Misha Zilberman. (Twitter)

Bolatimes.com - Mengenang kisah Misha Zilberman, pebulu tangkis Israel yang sempat ditolak masuk ke Indonesia untuk tampil di ajang Kejuaraan Dunia Bulutangkis pada 2015 silam.

Bukan rahasia lagi jika isu Israel menjadi isu paling sensitif di Indonesia. Isu ini bahkan sempat merembet ke beberapa ajang olahraga internasional di Tanah Air.

Salah satu ajang olahraga internasional di Indonesia yang terdampak dari isu Israel ini adalah Piala Dunia U-20 2023 yang digelar pada Mei lalu.

Baca Juga: Profil Fergus Tierney, Pemain Keturunan Skotlandia yang Bakal Perkuat Timnas Malaysia U-23 di Piala AFF U-23 2023

Sebulan jelang turnamen ini digelar, isu Israel menjadi perdebatan di kalangan masyarakat Indonesia, baik dari pecinta olahraga, ormas, hingga politisi.

Saat itu, Israel menjadi salah satu peserta Piala Dunia U-20 2023 yang rencananya akan digelar di Indonesia. Tapi, kehadiran negara dengan logo bintang daud itu mendapat penolakan.

Penolakan datang dari para Gubernur di wilayah yang jadi tuan rumah penyelenggaraann seperti Jawa Tengah oleh Ganjar Pranowo dan Bali oleh I Wayan Koster.

Baca Juga: Mirisnya Jumlah Penonton Arema FC di 3 Laga Kandang Liga 1 2023/2024: Paling Mentok Hanya 2% dari Kapasitas Stadion

Selain itu penolakan juga datang dari berbagai ormas. Alhasil, Piala Dunia U-20 2023 batal digelar di Indonesia dan dipindahkan ke Argentina oleh FIFA.

Nyatanya, isu Israel di ajang olahraga internasional yang digelar di Indonesia ternyata tak hanya terjadi di sepak bola, melainkan di bulutangkis.

Hal tersebut terjadi pada 2015 silam di ajang Kejuaraan Dunia Bulutangkis yang melibatkan pebulutangkis Israel, Misha Zilberman.

Baca Juga: Thailand Hanya Panggil 3 Pemain Jebolan SEA Games di Piala AFF U-23 2023, Takut Kalah Lagi Lawan Timnas Indonesia?

Ditolak hingga Dipantau Ormas saat Bertanding

Misha Zilberman merupakan pebulutangkis asal Israel yang berhak tampil di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2015 yang digelar di Indonesia.

Usai lolos dan berhak tampil di ajang tersebut, Misha Zilberman harus mendapat beragam kesulitan. Kesulitan pertama adalah saat mengurus visa.

Baca Juga: Pelatih Borneo FC Berat Hati Lepas Pemainnya ke Timnas Indonesia U-23: Kita Lihat Situasinya Nanti

Karena Indonesia tak punya hubungan diplomatik dengan Israel, Misha Zilberman sempat dipersulit dalam mengurus visanya dan ia harus menunggu selama dua pekan di Singapura.

Setelah BWF turun tangan, akhirnya Misha Zilberman mendapat visanya dan bisa masuk ke Indonesia hanya beberapa jam jelang Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2015.

Kesulitan tak cukup sampai di situ saja. Saat bertanding, Misha Zilberman harus mendapati dirinya tampil tanpa adanya bendera negaranya, yakni Israel.

Bahkan saat bertanding, Misha Zilberman harus mendapat pengawasan dari salah satu ormas di Indonesia yang kini sudah dilarang beraktivitas.

Hal tersebut diungkapkan oleh petinggi PBSI, Bambang Roedyanto, yang mengaku dirinya pernah dihubungi ormas tersebut saat Misha Zilberman bertanding di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2015.

Bahkan, ormas tersebut datang dan menonton di Istora yang jadi tempat diselenggarakannya ajang bergengsi di bulutangkis tersebut.

Kesulitan-kesulitan yang dialami Misha Zilberman ini dibarengi hasil tak memuaskan yang didapatkannya, di mana ia langsung tersingkir di babak pertama.

Saat itu, Misha Zilberman harus tersingkir di babak pertama usai dikalahkan oleh pebulutangkis Chinese Taipei, Hsu Jen Hao dengan skor 14-21, 14-21.

Kontributor: Felix Indrajaya
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Liberty Media membeli 86 persen saham MotoGP, dengan Dorna Sports mempertahankan 14 persen saham. Nilai perusahaan MotoGP ditaksir bernilai 4,2 miliar euro atau setara dengan Rp72 triliun.

arena | 20:51 WIB

Uji coba privat tim Monster Energy Yamaha bersama Fabio Quartararo dan Alex Rins itu dilakukan sebelum balapan seri ketiga MotoGP Amerika Serikat di Austin.

arena | 14:18 WIB

Pemilik kejuaraan balap mobil Formula 1, Liberty Media disebut siap untuk melakukan finalisasi pembelian, dan mengambil alih kejuaraan balap motor MotoGP, yang diprediksi mencapai angka 4 miliar dolar AS.

arena | 12:56 WIB

Dani Pedrosa merupakan juara dunia tiga kali, yang sebelumnya juga sempat turun sebagai wildcard untuk tim Red Bull KTM, dan finis di posisi keenam pada balapan Sprint, serta posisi ketujuh pada balapan utama GP Spanyol 2023.

arena | 12:37 WIB

Marco Bezzecchi dan Fabio Di Giannantonio tak segera berpuas diri usai sama-sama mencapai daftar 10 besar pada MotoGP Portugal di Sirkuit Algarve, Portimao akhir pekan lalu.

arena | 15:34 WIB

Duo pebalap Gresini Racing, Marc Marquez dan Alex menyatakan, siap mengalihkan fokus dan menatap balapan seri berikut di Sirkuit Austin, MotoGP Amerika Serikat pada 12-15 April 2024.

arena | 15:04 WIB

Pebalap Maverick Vinales mengakui, bahwa dirinya tidak terlalu mempersoalkan kegagalannya finis di MotoGP 2024 seri Portugal di Sirkuit Algarve, Portimao, pada Minggu (24/3/2024).

arena | 20:51 WIB

Pebalap Ducati Lenovo, Francesco Bagnaia langsung menatap balapan MotoGP 2024 seri selanjutnya di Sirkuit Amerika pada 12-14 April mendatang.

arena | 19:37 WIB

Meskipun tidak meraih kemenangan dalam sprint MotoGP Portugal 2024, Francesco Bagnaia dari tim Ducati tetap kokoh di puncak klasemen sementara. Di hari kedua di Sirkuit Internasional Algarve, Portimao, dia bersaing dalam latihan bebas 2, kualifikasi

arena | 06:22 WIB

Marc Marquez mengakui, jika pebalap muda tim Red Bull GASGAS Tech3, Pedro Acosta menjadi satu di antara pesaing yang harus diwaspadai di MotoGP 2024.

arena | 13:01 WIB

Adapun jadwal siaran langsung MotoGP Portugal 2024, pada Sabtu (23/3/2024) akan memulai ajang Sprint Race pukul 22.00 WIB.

arena | 09:29 WIB

Pebalap Marco Bezzecchi berhasil menumbuhkan kepercayaan dirinya menjelang babak kualifikasi, balapan Sprint, dan balapan utama MotoGP Portugal, yang berlangsung di Sirkuit Algarve Portimao, akhir pekan ini.

arena | 09:04 WIB

Bagnaia menjadi bagian sukses baru Ducati, dan Marquez baru menjalani debut yang tergolong gemilang dengan motor dari pabrikan asal Italia itu.

arena | 11:21 WIB

Pebalap Jorge Martin bereaksi setelah hanya memimpin klasemen MotoGP 2024 dalam waktu singkat, pasca Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) keluar sebagai juara MotoGP Qatar.

arena | 11:06 WIB

Manajer tim Ducati Lenovo, Luigi Dall'Igna menilai strategi Francesco Bagnaia demi meraih kemenangan dalam seri pembuka MotoGP 2024 karena berani mengambil risiko yang besar.

arena | 19:20 WIB

Mereka masing-masing finis di posisi kelima dan tujuh dalam Sprint Race MotoGP Qatar yang berlangsung di Sirkuit Internasional Lusail, pada Sabtu (9/3/2024).

arena | 11:49 WIB

Berstatus sebagai polesitter, Jorge Martin tampil dengan apik sejak lampu hijau dinyalakan pada balapan 11 lap di Sirkuit Internasional Lusai, Sabtu (10/3/2024).

arena | 11:29 WIB

Pebalap tim Prima Pramac, Jorge Martin merebut pole position perdana pada MotoGP 2024, usai menjadi yang tercepat dalam sesi kualifikasi MotoGP Qatar.

arena | 09:46 WIB
Tampilkan lebih banyak