Digelar Hari Ini, Berikut Deretan Pebulu Tangkis Indonesia yang Pernah Sabet Gelar di Thailand Open

Thailand Open 2023 resmi digelar hari ini Selasa (20/5) hingga 4 Juni.

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Selasa, 30 Mei 2023 | 20:52 WIB
Pebulu tangkis ganda putri Indonesia, Greysia Polii (kiri) berfoto dengan mantan pasangan bulu tangkis ganda putrinya Apriyani Rahayu (kanan) pada acara

Pebulu tangkis ganda putri Indonesia, Greysia Polii (kiri) berfoto dengan mantan pasangan bulu tangkis ganda putrinya Apriyani Rahayu (kanan) pada acara "Testimonial Day Greysia Polii" di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (12/6/2022). (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

Bolatimes.com - Hari pertama Thailand Open 2023 bergulir pada Selasa (30/5/2023), turnamen yang memperebutkan hadiah utama 420 ribu dolar AS atau sekitar Rp6,2 miliar digelar sampai 4 Juni 2023.

Turnamen yang sejatinya tidak asing bagi atlet Indonesia, lebih dari 30 gelar juara Thailand Open berhasil direngkuh dari lima sektor berbeda.

Nama-nama tenar yang pernah jadi andalan Indonesia di berbagai sektor, beberapa di antaranya sudah menyandang status legenda bulu tangkis Tanah Air.

Baca Juga: CEK FAKTA: Gadis Cantik Kamboja Reth Malita Tiba di Indonesia, bakal Temui Ibunda Marselino Ferdinan

Beberapa di antaranya masih berjuang, tetap berada di jalur menuju puncak tertinggi turnamen dan mencoba mengulang sejarah untuk kembali juara.

Lantas siapa saja atlet bulu tangkis Indonesia yang pernah merengkuh gelar juara di Thailand Open? berikut ini di antaranya.

1. Sony Dwi Kuncoro

Baca Juga: Viral, Pemain Inter Milan Tirukan Joget Marselino Ferdinan dan Pratama Arhan

Kali terakhir gelar juara Thailand Open diraih pada 2012 lalu, saat di mana pebulu tangkis tunggal putra Indonesia ini baru merintis karier internasional.

Menjadi sebuah kejutan saat Sony sukses merengkuh gelar juara ini, bahkan mengalahkan wakil China di final, Chen Yue Kun dengan skor akhir 21-17, 21-14.

2. Susy Susanti

Baca Juga: Ucapkan Selamat Ulang Tahun ke Erick Thohir, Jose Mourinho Malah Didoakan Netizen Jadi Pelatih Timnas Indonesia

Susy Susanti menjadi tunggal putri pertama dan terakhir Indonesia yang sukses meraih gelar juara Thailand Open dan berhasil mengoleksi 4 gelar.

Menariknya empat gelar tersebut diraih secara beruntun, medio 1991-1994, sejak saat itu belum ada lagi tunggal putri Indonesia yang berhasil mengikuti jejak Susy.

3. Berry Angriawan/Hardianto

Baca Juga: Permintaan Argentina untuk Agenda Selama di Indonesia Dirahasiakan demi Keamanan, Netizen: Tas Istri Pejabat Saja Tahu

Ganda putra Indonesia kali terakhir merengkuh gelar juara Thailand Open pada 2017, lewat pasangan Berry Angriawan/Hardianto.

Berstatus sebagai unggulan kelima, Berry/Hardianto mengalahkan wakil Jerman, Raphael Beck/Peter Kaesbauer dengan skor 21-16, 21-16.

4. Greysia Polii/Apriyani Rahayu

Pasangan legendaris ganda putri Indonesia peraih medali emas Olimpiade, pada 2020 lalu Greysia/Apriyani sukses menyabet gelar juara Thailand Open.

Di partai final turnamen, Greysia/Apriyani berhasil mengalahkan wakil tuan rumah, Jongkolphan Kititharakul/Rawinda Prajongjai dengan skor 21-15, 21-12.

5. Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja

Ganda campuran terakhir Indonesia yang pernah menyabet gelar juara di Thailand Open, diraih pada edisi 2018 saat melawan wakil Inggris.

Chris Adcock/Gabrielle Adcock sukses dihempaskan Hafiz/Gloria lewat dua gim langsung dengan skor akhir 21-12, 21-12.

Kontributor: Eko
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Pebalap MotoGP dari tim Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo tak ingin mengendurkan semangatnya untuk balapan di MotoGP Spanyol akhir pekan ini.

arena | 18:49 WIB

Fabio Di Giannantonio dan Marco Bezzecchi mengaku optimistis, karena keduanya berhasil finis di daftar delapan besar pada balapan utama MotoGP Amerika dua pekan lalu.

arena | 15:15 WIB

Pebalap Monster Energy Yamaha, Alex Rins bertekad untuk mengulangi kemenangan pada MotoGP Amerika Serikat 2024.

arena | 13:25 WIB

Pebalap Gresini Racing tersebut mengatakan, ingin meraih podium pertamanya di balapan yang berlangsung di Circuit of The Americas (COTA) Austin, Texas, pada akhir pekan ini.

arena | 12:30 WIB

Liberty Media membeli 86 persen saham MotoGP, dengan Dorna Sports mempertahankan 14 persen saham. Nilai perusahaan MotoGP ditaksir bernilai 4,2 miliar euro atau setara dengan Rp72 triliun.

arena | 20:51 WIB

Uji coba privat tim Monster Energy Yamaha bersama Fabio Quartararo dan Alex Rins itu dilakukan sebelum balapan seri ketiga MotoGP Amerika Serikat di Austin.

arena | 14:18 WIB

Pemilik kejuaraan balap mobil Formula 1, Liberty Media disebut siap untuk melakukan finalisasi pembelian, dan mengambil alih kejuaraan balap motor MotoGP, yang diprediksi mencapai angka 4 miliar dolar AS.

arena | 12:56 WIB

Dani Pedrosa merupakan juara dunia tiga kali, yang sebelumnya juga sempat turun sebagai wildcard untuk tim Red Bull KTM, dan finis di posisi keenam pada balapan Sprint, serta posisi ketujuh pada balapan utama GP Spanyol 2023.

arena | 12:37 WIB

Marco Bezzecchi dan Fabio Di Giannantonio tak segera berpuas diri usai sama-sama mencapai daftar 10 besar pada MotoGP Portugal di Sirkuit Algarve, Portimao akhir pekan lalu.

arena | 15:34 WIB

Duo pebalap Gresini Racing, Marc Marquez dan Alex menyatakan, siap mengalihkan fokus dan menatap balapan seri berikut di Sirkuit Austin, MotoGP Amerika Serikat pada 12-15 April 2024.

arena | 15:04 WIB

Pebalap Maverick Vinales mengakui, bahwa dirinya tidak terlalu mempersoalkan kegagalannya finis di MotoGP 2024 seri Portugal di Sirkuit Algarve, Portimao, pada Minggu (24/3/2024).

arena | 20:51 WIB

Pebalap Ducati Lenovo, Francesco Bagnaia langsung menatap balapan MotoGP 2024 seri selanjutnya di Sirkuit Amerika pada 12-14 April mendatang.

arena | 19:37 WIB

Meskipun tidak meraih kemenangan dalam sprint MotoGP Portugal 2024, Francesco Bagnaia dari tim Ducati tetap kokoh di puncak klasemen sementara. Di hari kedua di Sirkuit Internasional Algarve, Portimao, dia bersaing dalam latihan bebas 2, kualifikasi

arena | 06:22 WIB

Marc Marquez mengakui, jika pebalap muda tim Red Bull GASGAS Tech3, Pedro Acosta menjadi satu di antara pesaing yang harus diwaspadai di MotoGP 2024.

arena | 13:01 WIB

Adapun jadwal siaran langsung MotoGP Portugal 2024, pada Sabtu (23/3/2024) akan memulai ajang Sprint Race pukul 22.00 WIB.

arena | 09:29 WIB

Pebalap Marco Bezzecchi berhasil menumbuhkan kepercayaan dirinya menjelang babak kualifikasi, balapan Sprint, dan balapan utama MotoGP Portugal, yang berlangsung di Sirkuit Algarve Portimao, akhir pekan ini.

arena | 09:04 WIB

Bagnaia menjadi bagian sukses baru Ducati, dan Marquez baru menjalani debut yang tergolong gemilang dengan motor dari pabrikan asal Italia itu.

arena | 11:21 WIB

Pebalap Jorge Martin bereaksi setelah hanya memimpin klasemen MotoGP 2024 dalam waktu singkat, pasca Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) keluar sebagai juara MotoGP Qatar.

arena | 11:06 WIB
Tampilkan lebih banyak