Profil Bona Septano, Peraih Medali Emas SEA Games bersama Muhammad Ahsan yang Banting Setir Jadi Pilot

Bona Septano tengah menjadi perbincangan usai profesi barunya terkuak ke publik

Irwan Febri Rialdi | BolaTimes.com
Minggu, 21 Mei 2023 | 13:00 WIB
Kolase Bona Septano yang kini menjadi seorang pilot. (Instagram/@bona_septano)

Kolase Bona Septano yang kini menjadi seorang pilot. (Instagram/@bona_septano)

Bolatimes.com - Mantan partner Mohammad Ahsan saat merengkuh medali emas SEA Games 2011, Bona Septano tengah menjadi perbincangan usai profesi barunya terkuak ke publik.

Profesi baru Bona Septano cukup mengejutkan penggemar bulu tangkis Tanah Air karena melenceng jauh dari awal namanya menanjak.

Sukses meraih medali emas SEA Games 2011 membuat nama Bona Septano menjadi salah satu yang diperhitungkan di nomor ganda putra Indonesia.

Baca Juga: Pertama dalam Sejarah! Klub Voli Indonesia Lolos ke Final Kejuaraan Bola Voli Klub Asia, Hajar Wakil Qatar

Bona selalu menjadi andalan Indonesia di nomor ganda putra, tak kalah tangguh dari mendiang sang kakak sekaligus legenda bulu tangkis Tanah Air, Markis Kido.

Meskipun kiprahnya sebagai pebulu tangkis tak bertahan lama, Bona memutuskan pensiun pada 2014 untuk kemudian memutuskan mengejar mimpinya.

Mimpi yang sempat ditentang keluarganya, yakni berprofesi sebagai pilot dan hal itu dibuktikan dengan keputusna masuk ke sekolah Bali International Flight Academy (BIFA).

Baca Juga: Segrup dengan Timnas Indonesia, Striker Vietnam di Liga Korea Sesumbar Lolos ke 16 Besar Piala Asia 2023

Hanya butuh dua tahun bagi Bona untuk memastikan kelulusan dari sekolah tersebut, tepatnya pada 2-15 dan kariernya sebagai pilot pun dimulai.

"Waktu itu (akhir 2013) keluarga saya awalnya sempat tak mendukung, saya bilang mau pensiun, mau jadi pilot," ucap Bona Septano.

"Keluarga saya kaget, karena jauh banget nyasarnya. Mereka sempat tak percaya niat saya. 'Ini orang mabok atau apa', terutama yang gak percaya itu Kido, kalau Pia iya-iya saja.

Baca Juga: Selamat Datang! Jonathan Khemdee ke Indonesia untuk Hadapi Persija Jakarta di JIS

"Mereka takut saya berpikiran untuk jadi pilot hanya sebagai pelarian doang, karena saya lagi down di bulutangkis.

"Akhirnya di 2014 saya bilang ke mamah. Awalnya saat saya bilang di 2013 dia menolak tapi tak mentah. Mamah ternyata diam-diam mencari tahu soal pilot.

"Dia mencari tahu sekolah pilot yang bagus di mana, begitu 2014 saya bilang lagi, nah nyokap saya setuju. Dia bertanya saya mau sekolah di mana." imbuhnya.

Baca Juga: Duh Bayern Muenchen, Terancam Gagal Juara Bundesliga Jerman usai Kalah dari 1-3 RB Leipzig

Bona pun tak jarang membagikan aktivitas menerbangkan pesawat terbang lewat foto yang diunggah pada akun Instagram pribadi.

Berikut profil singkat Bona Septano.

Nama Lengkap : Bona Septano
Profesi saat ini : Pilot
Tempat Lahir : Medan, Sumatera Utara
Tanggal Lahir : Selasa, 22 September 1987
Ayah : Djumharbey Anwar
Ibu : Yul Asteria Zakaria
Saudara : Markis Kido (Alm), Pia Zebadiah Bernadet

Penghargaan Bulu Tangkis

2008:

Perempat Final Djarum Indonesia Super Series 2008 (Mohammad Ahsan)
Perempat Final Chinese Taipei Grand Prix (Mohammad Ahsan)
Runner-up Yonex Japan Super Series 2008 (Mohammad Ahsan)

2009:
Perempat final Yonex Korea Super Series 2009 (Mohammad Ahsan)
Perempat final Yonex All England Open Super Series 2009 (Mohammad Ahsan)
Juara Bingo Bonanza Philippine Grand Prix 2009 (Mohammad Ahsan)
Perempat final Yonex French Super Series 2009 (Mohammad Ahsan)

2010:
Perempat final Djarum Indonesia Open Super Series 2010 (Mohammad Ahsan)
Semi final Japan Super Series 2010 (Mohammad Ahsan)
Juara Vietnam Grand Prix 2010 (Mohammad Ahsan)
Juara Indonesia Grand Prix 2010 (Mohammad Ahsan)
Perempat final Yonex-Sunrise Hong Kong Open Super Series 2010 (Mohammad Ahsan)

2011:
Semi final Proton Malaysia Open Super Series 2011 (Mohammad Ahsan)
Perempat final Yonex All England Open Badminton Championship 2011 (Mohammad Ahsan)
Perempat final Wilson Swiss Open Grand Prix 2011 (Mohammad Ahsan)
Perempat final Yonex-Sunrise Malaysia Open Grand Prix 2011 (Mohammad Ahsan)
Semi final Djarum Indonesia Open Super Series Premier 2011 (Mohammad Ahsan)
Semi final Yonex BWF World Championships 2011 (Mohammad Ahsan)
Perempat final Li Ning China Masters (Mohammad Ahsan)
Runner-up Yonex Open Japan (Mohammad Ahsan)
Juara Bankaltim Indonesia Open GP 2011 (Mohammad Ahsan)

Kontributor: Eko
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Liberty Media membeli 86 persen saham MotoGP, dengan Dorna Sports mempertahankan 14 persen saham. Nilai perusahaan MotoGP ditaksir bernilai 4,2 miliar euro atau setara dengan Rp72 triliun.

arena | 20:51 WIB

Uji coba privat tim Monster Energy Yamaha bersama Fabio Quartararo dan Alex Rins itu dilakukan sebelum balapan seri ketiga MotoGP Amerika Serikat di Austin.

arena | 14:18 WIB

Pemilik kejuaraan balap mobil Formula 1, Liberty Media disebut siap untuk melakukan finalisasi pembelian, dan mengambil alih kejuaraan balap motor MotoGP, yang diprediksi mencapai angka 4 miliar dolar AS.

arena | 12:56 WIB

Dani Pedrosa merupakan juara dunia tiga kali, yang sebelumnya juga sempat turun sebagai wildcard untuk tim Red Bull KTM, dan finis di posisi keenam pada balapan Sprint, serta posisi ketujuh pada balapan utama GP Spanyol 2023.

arena | 12:37 WIB

Marco Bezzecchi dan Fabio Di Giannantonio tak segera berpuas diri usai sama-sama mencapai daftar 10 besar pada MotoGP Portugal di Sirkuit Algarve, Portimao akhir pekan lalu.

arena | 15:34 WIB

Duo pebalap Gresini Racing, Marc Marquez dan Alex menyatakan, siap mengalihkan fokus dan menatap balapan seri berikut di Sirkuit Austin, MotoGP Amerika Serikat pada 12-15 April 2024.

arena | 15:04 WIB

Pebalap Maverick Vinales mengakui, bahwa dirinya tidak terlalu mempersoalkan kegagalannya finis di MotoGP 2024 seri Portugal di Sirkuit Algarve, Portimao, pada Minggu (24/3/2024).

arena | 20:51 WIB

Pebalap Ducati Lenovo, Francesco Bagnaia langsung menatap balapan MotoGP 2024 seri selanjutnya di Sirkuit Amerika pada 12-14 April mendatang.

arena | 19:37 WIB

Meskipun tidak meraih kemenangan dalam sprint MotoGP Portugal 2024, Francesco Bagnaia dari tim Ducati tetap kokoh di puncak klasemen sementara. Di hari kedua di Sirkuit Internasional Algarve, Portimao, dia bersaing dalam latihan bebas 2, kualifikasi

arena | 06:22 WIB

Marc Marquez mengakui, jika pebalap muda tim Red Bull GASGAS Tech3, Pedro Acosta menjadi satu di antara pesaing yang harus diwaspadai di MotoGP 2024.

arena | 13:01 WIB

Adapun jadwal siaran langsung MotoGP Portugal 2024, pada Sabtu (23/3/2024) akan memulai ajang Sprint Race pukul 22.00 WIB.

arena | 09:29 WIB

Pebalap Marco Bezzecchi berhasil menumbuhkan kepercayaan dirinya menjelang babak kualifikasi, balapan Sprint, dan balapan utama MotoGP Portugal, yang berlangsung di Sirkuit Algarve Portimao, akhir pekan ini.

arena | 09:04 WIB

Bagnaia menjadi bagian sukses baru Ducati, dan Marquez baru menjalani debut yang tergolong gemilang dengan motor dari pabrikan asal Italia itu.

arena | 11:21 WIB

Pebalap Jorge Martin bereaksi setelah hanya memimpin klasemen MotoGP 2024 dalam waktu singkat, pasca Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) keluar sebagai juara MotoGP Qatar.

arena | 11:06 WIB

Manajer tim Ducati Lenovo, Luigi Dall'Igna menilai strategi Francesco Bagnaia demi meraih kemenangan dalam seri pembuka MotoGP 2024 karena berani mengambil risiko yang besar.

arena | 19:20 WIB

Mereka masing-masing finis di posisi kelima dan tujuh dalam Sprint Race MotoGP Qatar yang berlangsung di Sirkuit Internasional Lusail, pada Sabtu (9/3/2024).

arena | 11:49 WIB

Berstatus sebagai polesitter, Jorge Martin tampil dengan apik sejak lampu hijau dinyalakan pada balapan 11 lap di Sirkuit Internasional Lusai, Sabtu (10/3/2024).

arena | 11:29 WIB

Pebalap tim Prima Pramac, Jorge Martin merebut pole position perdana pada MotoGP 2024, usai menjadi yang tercepat dalam sesi kualifikasi MotoGP Qatar.

arena | 09:46 WIB
Tampilkan lebih banyak