Profil Jonathan Khemdee, Bek Thailand U-22 yang Tampil Provokatif saat Lawan Timnas Indonesia di SEA Games

Jonathan Khemdee sudah pernah menjadi korban keganasan netizen karena aksi provokatifnya

Irwan Febri Rialdi | BolaTimes.com
Senin, 15 Mei 2023 | 16:00 WIB
Bek Timnas Thailand U-22, Jonathan Khemdee. (Facebook/Changsuek)

Bek Timnas Thailand U-22, Jonathan Khemdee. (Facebook/Changsuek)

Bolatimes.com - Timnas Indonesia U-22 patut memberikan perhatian khusus pada bek Timnas Thailand U-22 yang bernama Jonathan Khemdee saat berjumpa pada pertandingan final SEA Games 2023.

Pasalnya, Jonathan Khemdee sempat melakukan aksi-aksi provokatif saat Timnas Thailand U-22 berjumpa Timnas Indonesia U-22 di ajang SEA Games 2021. Momen itu terjadi pada fase semifinal.

Dalam duel yang berlangsung di Thien Truong Stadium, Nam Dinh, 19 Mei 2022 itu, skuad Garuda Muda memang harus mengakui keunggulan Thailand setelah ditekuk dengan skor tipis 0-1.

Baca Juga: Momen Shin Tae-yong Jadi Suporter Timnas Basket Indonesia, Tak Kalah Seru saat Nonton Sepak Bola

Indonesia sebetulnya sempat memberikan perlawanan sengit kepada Thailand. Sebab, saat itu pertandingannya berlangsung sampai tambahan waktu karena pada masa 2x45 menit berakhir imbang tanpa gol.

Pada pertandingan ini, Jonathan Khemdee kerap memancing emosi para pemain Indonesia. Aksi provokatif ini bahkan sampai membuat Rachmat Irianto dan Ricky Kambuaya diusir oleh wasit.

Pada pertandingan itu, Indonesia pada akhirnya memang hanya bermain dengan delapan pemain. Pasalnya, Firza Andika, Rachmat Irianto, dan Ricky Kambuaya mendapat kartu merah.

Baca Juga: Catatan Timnas Indonesia setelah 8 Kali Lolos ke Final SEA Games, Akankah Kali Ini Sabet Emas?

Tentu saja, skuad asuhan Indra Sjafri patut berhati-hati pada pertemuan kali ini. Rizky Ridho dan kawan-kawan harus bisa mengelola emosi agar tidak terpancing aksi Jonathan Khemdee pada final SEA Games 2023.

Profil Jonathan Khemdee

Jonathan Khemdee memang menjadi salah satu pemain andalan Timnas Thailand U-22 di SEA Games 2023 yang memiliki rekam jejak mentereng. Sebab, kiprahnya sudah cukup istimewa baik di level klub maupun internasional.

Baca Juga: Tanggapi Kemenangan Timnas Indonesia U-22 di Semifinal SEA Games 2023, Media Thailand Singgung Kualitas Vietnam

Sebagai informasi, Jonathan Khemdee merupakan pemain blasteran Thailand dan Denmark. Dia tercatat lahir di Surin, Thailand, pada 9 Mei 2002, tetapi kemudian dibesarkan kedua orang tuanya di Denmark.

Selama tinggal di Eropa, dia juga merasakan ekosistem pembinaan usia dini yang cukup berkualitas. Tercatat, Jonathan Khemdee pernah berlatih bersama Skarup IF.

Setelah itu, dia melanjutkan perjalanannya menimba ilmu bersama FC Svendborg (2014-2015) dan Odense Boldklub (2016-2021).

Baca Juga: Piala Sudirman 2023: Gregoria Mariska Menang, Indonesia Unggul 3-0 atas Kanada

Pada 10 Maret 2021, Khemdee mendapatkan kesempatan untuk mencatat debut bersama klub yang disebut terakhir. Momen itu tepatnya terjadi pada laga perempat final Danish Cup 2020-2021.

Setelah itu, Khemdee meneken kontrak profesional pertamanya bersama OB pada Juli 2022. Namun, kontraknya akhirnya diakhiri lewat kesepakatan bersama pada 21 November 2002.

Dia pun memutuskan untuk kembali ke Thailand. Klub pertama yang menjadi pelabuhannya ialah Ratchaburi FC. Sejauh ini, Khemdee sudah membukukan total 11 penampilan bersama Timnas Thailand U-22 di berbagai ajang.

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Pebalap Gresini Racing tersebut mengatakan, ingin meraih podium pertamanya di balapan yang berlangsung di Circuit of The Americas (COTA) Austin, Texas, pada akhir pekan ini.

arena | 12:30 WIB

Liberty Media membeli 86 persen saham MotoGP, dengan Dorna Sports mempertahankan 14 persen saham. Nilai perusahaan MotoGP ditaksir bernilai 4,2 miliar euro atau setara dengan Rp72 triliun.

arena | 20:51 WIB

Uji coba privat tim Monster Energy Yamaha bersama Fabio Quartararo dan Alex Rins itu dilakukan sebelum balapan seri ketiga MotoGP Amerika Serikat di Austin.

arena | 14:18 WIB

Pemilik kejuaraan balap mobil Formula 1, Liberty Media disebut siap untuk melakukan finalisasi pembelian, dan mengambil alih kejuaraan balap motor MotoGP, yang diprediksi mencapai angka 4 miliar dolar AS.

arena | 12:56 WIB

Dani Pedrosa merupakan juara dunia tiga kali, yang sebelumnya juga sempat turun sebagai wildcard untuk tim Red Bull KTM, dan finis di posisi keenam pada balapan Sprint, serta posisi ketujuh pada balapan utama GP Spanyol 2023.

arena | 12:37 WIB

Marco Bezzecchi dan Fabio Di Giannantonio tak segera berpuas diri usai sama-sama mencapai daftar 10 besar pada MotoGP Portugal di Sirkuit Algarve, Portimao akhir pekan lalu.

arena | 15:34 WIB

Duo pebalap Gresini Racing, Marc Marquez dan Alex menyatakan, siap mengalihkan fokus dan menatap balapan seri berikut di Sirkuit Austin, MotoGP Amerika Serikat pada 12-15 April 2024.

arena | 15:04 WIB

Pebalap Maverick Vinales mengakui, bahwa dirinya tidak terlalu mempersoalkan kegagalannya finis di MotoGP 2024 seri Portugal di Sirkuit Algarve, Portimao, pada Minggu (24/3/2024).

arena | 20:51 WIB

Pebalap Ducati Lenovo, Francesco Bagnaia langsung menatap balapan MotoGP 2024 seri selanjutnya di Sirkuit Amerika pada 12-14 April mendatang.

arena | 19:37 WIB

Meskipun tidak meraih kemenangan dalam sprint MotoGP Portugal 2024, Francesco Bagnaia dari tim Ducati tetap kokoh di puncak klasemen sementara. Di hari kedua di Sirkuit Internasional Algarve, Portimao, dia bersaing dalam latihan bebas 2, kualifikasi

arena | 06:22 WIB

Marc Marquez mengakui, jika pebalap muda tim Red Bull GASGAS Tech3, Pedro Acosta menjadi satu di antara pesaing yang harus diwaspadai di MotoGP 2024.

arena | 13:01 WIB

Adapun jadwal siaran langsung MotoGP Portugal 2024, pada Sabtu (23/3/2024) akan memulai ajang Sprint Race pukul 22.00 WIB.

arena | 09:29 WIB

Pebalap Marco Bezzecchi berhasil menumbuhkan kepercayaan dirinya menjelang babak kualifikasi, balapan Sprint, dan balapan utama MotoGP Portugal, yang berlangsung di Sirkuit Algarve Portimao, akhir pekan ini.

arena | 09:04 WIB

Bagnaia menjadi bagian sukses baru Ducati, dan Marquez baru menjalani debut yang tergolong gemilang dengan motor dari pabrikan asal Italia itu.

arena | 11:21 WIB

Pebalap Jorge Martin bereaksi setelah hanya memimpin klasemen MotoGP 2024 dalam waktu singkat, pasca Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) keluar sebagai juara MotoGP Qatar.

arena | 11:06 WIB

Manajer tim Ducati Lenovo, Luigi Dall'Igna menilai strategi Francesco Bagnaia demi meraih kemenangan dalam seri pembuka MotoGP 2024 karena berani mengambil risiko yang besar.

arena | 19:20 WIB

Mereka masing-masing finis di posisi kelima dan tujuh dalam Sprint Race MotoGP Qatar yang berlangsung di Sirkuit Internasional Lusail, pada Sabtu (9/3/2024).

arena | 11:49 WIB

Berstatus sebagai polesitter, Jorge Martin tampil dengan apik sejak lampu hijau dinyalakan pada balapan 11 lap di Sirkuit Internasional Lusai, Sabtu (10/3/2024).

arena | 11:29 WIB
Tampilkan lebih banyak