Mengenal Wilda Nurfadhilah, Pevoli Berhijab yang Bela Indonesia di SEA Games 2023

Berikut profil Wilda Nurfadhilah, pevoli berhijab di SEA Games 2023.

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Kamis, 11 Mei 2023 | 22:30 WIB
Pevoli putri Indonesia, Wilda Nurfadhilah. (Instagram/wildanurfadhilahh)

Pevoli putri Indonesia, Wilda Nurfadhilah. (Instagram/wildanurfadhilahh)

Bolatimes.com - Nama Wilda Nurfadhilah tengah dielu-elukan para penikmat bola voli Tanah Air, sosoknya kini sedang berjuang membela Indonesia di SEA Games 2023.

Tampil berbeda dengan hijab yang tak pernah lepas saat beraksi di lapangan pertandingan, Wilda Nurfadhilah adalah panutan bagi pevoli putri muslim dunia.

Sosoknya diakui dunia sebagai pevoli muslim yang konsisten menggunakan hijab saat bertanding, sebuah apresiasi besar bagi Wilda dan Indonesia.

Baca Juga: Hasil SEA Games 2023: Tahan Imbang Thailand 1-1, Vietnam Lawan Timnas Indonesia di Semifinal

Meskipun prestasi bukanlah hal yang asing bagi perempuan yang saat ini memperkuat tim Bandung BJB Tandamata di ajang Proliga Indonesia ini.

Lantas seperti apa sosok Wilda Nurfadhilah? mari mengenal lebih dalam sosok pevoli putri dengan sederet prestasi mentereng di dunia voli Tanah Air.

Profil Wilda Nurfadhilah

Baca Juga: Daftar Perolehan Medali Sepanjang Sejarah SEA Games, Indonesia Duduki Peringkat Dua

Lahir di Bandung pada 7 Freburari 1995, Wilda anak kedua dari pasangan Ugan Sugandi dan Wiwi Lestari ternyata sudah mengenal voli sejak kecil.

Sosok yang akrab disapa Teh Kiwil ini mulai bersahabat dengan voli sejak usianya 9 tahun saat masih duduk di bangku kelas 5 Sekolah Dasar (SD).

Sang ibu memiliki peran besar dalam kesuksesan karier voli Wilda saat ini, saat itu ia diperkenalkan dengan klub Aiko Bandung.

Baca Juga: Segrup di Piala Asia 2023, Media Vietnam Sinis dengan Timnas Indonesia

Hingga saat ini Wilda tumbuh sebagai salah satu blocker terbaik yang dimiliki Timnas Voli Putri Indonesia, termasuk sebagai quicker handal.

Meski berprofesi sebagai atlet voli, Wilda memiliki latar belakang pendidikan yang tinggi dengan status lulusan S1 Manajemen Ekonomi dari Universitas Bandung Raya.

Tak sampai di situ, ia juga melanjutkan karier pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi yakni S2 Magister Pendidikan Jasmani di STKIP Pasundan lulus pada Juni 2022.

Baca Juga: Piala Asia 2023: Sandy Walsh dan Kaoru Mitoma Ternyata Pernah Berduel, Siapa yang Menang?

Selain itu Wilda juga menekuni bisnis pakaian olahraga perempuan dengan brand fadhilahijab17 yang terdiri dari manset, celana lengging hingga mukena.

Potret Wilda Siti Nurfadilah. (Instagram/@wildanurfadhilahh)
Potret Wilda Siti Nurfadilah. (Instagram/@wildanurfadhilahh)

Karier Voli

Memulai debut di kompetisi profesional pada 2010 bersama Aiko Bandung, kemudian hijrah ke Jakarta Elektrik PLN.

Bersama Jakarta Elektrik PLN, Wilda sukses mempersembahkan gelar Proliga berturut selama dua tahun, Wilda juga menjadi langganan tim lain.

Termasuk Manokwari Valeria Papua Barat, Jakarta PGN Popsivo dan saat ini bersama Bandung BJB Tandamata dengan status pemain utama.

Bersama Bandung BJB Tandamata, Wilda sukses mempersembahkan dua gelar Proliga secara berturut pada 2022 dan 2023.

Seiring kariernya di level klub yang menanjak, Wilda mulai membela Timnas Voli Putri Indonesia meskipun baktinya sudah dimulai sejak 2011.

Salah satu gelar bergengsi untuk Timnas Voli Putri Indonesia di SEA Games 2019 dengan medali perunggu, berikut daftar prestasi dan penghargaan Wilda.

Juara Kompetisi IVOBA Senior 2010
Juara Kejurda Antar Klub 2010
Juara Kejurnas Antar Klub 2010
Juara PORPROV Jawa Barat 2010
Runner-up Women's Youth Asian Championship 2010
Runner-up Voliproliga 2013 (Valeria Papua Barat)
Runner-up Voliproliga 2014 (Valeria Papua Barat)
Juara Proliga 2015 (Jakarta Elektrik PLN)
Juara LIVOLI 2015 ( Alko Elektrik Bandung)
Juara Proliga 2016 (Jakarta Elektrik PLN)
Medali Perunggu bersama Timnas Indonesia di SEA Games 2019
Juara Proliga 2022 (Bandung BJB Tandamata)

Ciri khasnya sebagai pevoli putri dengan menggunakan hijab membuat Wilda semakin digemari tak hanya kaum adam tetapi juga kaum hawa.

Sosoknya mampu membuka jalan normalisasi penggunaan hijab bagi atlet putri voli, meskipun di Indonesia ada dua pemain yang sudah melakukannya sebelum Wilda.

Tepat setelah PON 2016, Wilda memulai menggunakan hijab pada Pelatnas 2017 meski sempat memutuskan mundur dari profesinya jika federasi voli internasional tidak memperbolehkan penggunaan hijab.

Kini Wilda tetap konsisten menggunakan hijab saat bertanding, baik di level klub maupun bersama Timnas Voli Putri Indonesia.

Kontributor: Eko
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Liberty Media membeli 86 persen saham MotoGP, dengan Dorna Sports mempertahankan 14 persen saham. Nilai perusahaan MotoGP ditaksir bernilai 4,2 miliar euro atau setara dengan Rp72 triliun.

arena | 20:51 WIB

Uji coba privat tim Monster Energy Yamaha bersama Fabio Quartararo dan Alex Rins itu dilakukan sebelum balapan seri ketiga MotoGP Amerika Serikat di Austin.

arena | 14:18 WIB

Pemilik kejuaraan balap mobil Formula 1, Liberty Media disebut siap untuk melakukan finalisasi pembelian, dan mengambil alih kejuaraan balap motor MotoGP, yang diprediksi mencapai angka 4 miliar dolar AS.

arena | 12:56 WIB

Dani Pedrosa merupakan juara dunia tiga kali, yang sebelumnya juga sempat turun sebagai wildcard untuk tim Red Bull KTM, dan finis di posisi keenam pada balapan Sprint, serta posisi ketujuh pada balapan utama GP Spanyol 2023.

arena | 12:37 WIB

Marco Bezzecchi dan Fabio Di Giannantonio tak segera berpuas diri usai sama-sama mencapai daftar 10 besar pada MotoGP Portugal di Sirkuit Algarve, Portimao akhir pekan lalu.

arena | 15:34 WIB

Duo pebalap Gresini Racing, Marc Marquez dan Alex menyatakan, siap mengalihkan fokus dan menatap balapan seri berikut di Sirkuit Austin, MotoGP Amerika Serikat pada 12-15 April 2024.

arena | 15:04 WIB

Pebalap Maverick Vinales mengakui, bahwa dirinya tidak terlalu mempersoalkan kegagalannya finis di MotoGP 2024 seri Portugal di Sirkuit Algarve, Portimao, pada Minggu (24/3/2024).

arena | 20:51 WIB

Pebalap Ducati Lenovo, Francesco Bagnaia langsung menatap balapan MotoGP 2024 seri selanjutnya di Sirkuit Amerika pada 12-14 April mendatang.

arena | 19:37 WIB

Meskipun tidak meraih kemenangan dalam sprint MotoGP Portugal 2024, Francesco Bagnaia dari tim Ducati tetap kokoh di puncak klasemen sementara. Di hari kedua di Sirkuit Internasional Algarve, Portimao, dia bersaing dalam latihan bebas 2, kualifikasi

arena | 06:22 WIB

Marc Marquez mengakui, jika pebalap muda tim Red Bull GASGAS Tech3, Pedro Acosta menjadi satu di antara pesaing yang harus diwaspadai di MotoGP 2024.

arena | 13:01 WIB

Adapun jadwal siaran langsung MotoGP Portugal 2024, pada Sabtu (23/3/2024) akan memulai ajang Sprint Race pukul 22.00 WIB.

arena | 09:29 WIB

Pebalap Marco Bezzecchi berhasil menumbuhkan kepercayaan dirinya menjelang babak kualifikasi, balapan Sprint, dan balapan utama MotoGP Portugal, yang berlangsung di Sirkuit Algarve Portimao, akhir pekan ini.

arena | 09:04 WIB

Bagnaia menjadi bagian sukses baru Ducati, dan Marquez baru menjalani debut yang tergolong gemilang dengan motor dari pabrikan asal Italia itu.

arena | 11:21 WIB

Pebalap Jorge Martin bereaksi setelah hanya memimpin klasemen MotoGP 2024 dalam waktu singkat, pasca Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) keluar sebagai juara MotoGP Qatar.

arena | 11:06 WIB

Manajer tim Ducati Lenovo, Luigi Dall'Igna menilai strategi Francesco Bagnaia demi meraih kemenangan dalam seri pembuka MotoGP 2024 karena berani mengambil risiko yang besar.

arena | 19:20 WIB

Mereka masing-masing finis di posisi kelima dan tujuh dalam Sprint Race MotoGP Qatar yang berlangsung di Sirkuit Internasional Lusail, pada Sabtu (9/3/2024).

arena | 11:49 WIB

Berstatus sebagai polesitter, Jorge Martin tampil dengan apik sejak lampu hijau dinyalakan pada balapan 11 lap di Sirkuit Internasional Lusai, Sabtu (10/3/2024).

arena | 11:29 WIB

Pebalap tim Prima Pramac, Jorge Martin merebut pole position perdana pada MotoGP 2024, usai menjadi yang tercepat dalam sesi kualifikasi MotoGP Qatar.

arena | 09:46 WIB
Tampilkan lebih banyak