Mengandung Bawang, Momen Pelari Kamboja Tetap Lari meski Tertinggal Jauh dari Lawannya

Pelari Kamboja menangis usai menyelesaikan larinya

Irwan Febri Rialdi | BolaTimes.com
Rabu, 10 Mei 2023 | 14:47 WIB
Pelari putri asal Kamboja, Bou Samnang. (Twitter/@Olympics)

Pelari putri asal Kamboja, Bou Samnang. (Twitter/@Olympics)

Bolatimes.com - Cabang olahraga atletik nomor lari 5.000 meter di ajang SEA Games 2023 mempertontonkan momen emosional sekaligus sarat sportivitas saat atlet asal Kamboja tetap berjuang meski tertinggal jauh dari lawan-lawannya.

Ya, sosok atlet putri asal Kamboja tersebut ialah Bou Samnang. Perjuangannya menyelesaikan balapan memang tak menghasilkan kemenangan. Namun, para penonton dibuat terharu dengan kegigihannya.

Pasalnya, Bou Samnang tetap berjuang keras untuk melanjutkan balapan di tengah hujan deras yang mengguyur Olympic Stadium, Phnom, Penh, Senin (8/5/2023).

Baca Juga: Prediksi AC Milan vs Inter Milan di Semifinal Liga Champions Malam Ini, Derbi Milan Pertama sejak 2005

Perempuan berusia 20 tahun ini membuktikan dirinya sebagai olahragawan sejati. Sebab, dia tetap berusaha gigih menyelesaikan perjuangannya meski sudah tertinggal dua lap dari para pesaingnya.

Sebagai wakil tuan rumah, Bou Samnang memang tak hanya menanggung beban luar biasa untuk bisa menjaga marwah dan harga diri Kamboja di pesta olahraga antarnegara Asia Tenggara ini.

Sebab, nilai-nilai sportivitas itu nyatanya tetap dipegang teguh oleh atlet dengan nomor 401 ini saat berjuang dengan sisa-sisa tenaganya meskipun sudah tertinggal enam menit dari peringkat pertama.

Baca Juga: Incar Kemenangan Lawan Vietnam, Pelatih Thailand Ingin Hindari Timnas Indonesia U-22 di Semifinal SEA Games 2023

Saat menyelesaikan balapan, langkah Bou Samnang memang sudah begitu berat. Memasuki garis finis, dia sempat mengambil bendera Kamboja dari pinggir trek lapangan.

Bou Samnang pun membentangkan bendera yang menjadi simbol kebanggaan negaranya itu di tengah guyuran hujan deras. Tentu dengan iringan tepuk tangan penonton yang sangat meriah karena dibuat terpukau dengan kegigihannya.

Aksi luar biasa yang diperlihatkan Bou pun tak hanya disambut positif oleh para penonton, tetapi juga mendapat apresiasi dari berbagai media asing.

Baca Juga: Sang Agen Bantah Lionel Messi Sepakat Gabung Al Hilal

Sebagian besar memang memberikan pujian terhadap aksi Bou. Menurut mereka, atlet asal Kamboja ini merupakan juara di hati pendukungnya.

"Seperti inilah olahraga!" tulis ESPN Asia di Instagram.

"SEA Games secara langsung! Terima kasih Bou Samnang!" puji Media Vietnam, Touire.

Baca Juga: Suporter Malaysia Inginkan Timnas Indonesia U-22 Bertemu Vietnam di Semifinal SEA Games 2023, Ada Misi Terselubung

Dalam nomor yang sama, wakil asal Indonesia, Odekta Elvina Naibaho, sukses finis di peringkat ketiga untuk membawa pulang medali perunggu.

Odekta finis dengan catatan waktu selama 17 menit, 13.630. Sementara itu, medali perak dan emas diraih oleh wakil Vietnam, Thai Oanh Nguyen (17 menit 00.330 detik) dan Thai Hong Le Pham (17 menit, 06.720 detik)

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Pebalap MotoGP dari tim Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo tak ingin mengendurkan semangatnya untuk balapan di MotoGP Spanyol akhir pekan ini.

arena | 18:49 WIB

Fabio Di Giannantonio dan Marco Bezzecchi mengaku optimistis, karena keduanya berhasil finis di daftar delapan besar pada balapan utama MotoGP Amerika dua pekan lalu.

arena | 15:15 WIB

Pebalap Monster Energy Yamaha, Alex Rins bertekad untuk mengulangi kemenangan pada MotoGP Amerika Serikat 2024.

arena | 13:25 WIB

Pebalap Gresini Racing tersebut mengatakan, ingin meraih podium pertamanya di balapan yang berlangsung di Circuit of The Americas (COTA) Austin, Texas, pada akhir pekan ini.

arena | 12:30 WIB

Liberty Media membeli 86 persen saham MotoGP, dengan Dorna Sports mempertahankan 14 persen saham. Nilai perusahaan MotoGP ditaksir bernilai 4,2 miliar euro atau setara dengan Rp72 triliun.

arena | 20:51 WIB

Uji coba privat tim Monster Energy Yamaha bersama Fabio Quartararo dan Alex Rins itu dilakukan sebelum balapan seri ketiga MotoGP Amerika Serikat di Austin.

arena | 14:18 WIB

Pemilik kejuaraan balap mobil Formula 1, Liberty Media disebut siap untuk melakukan finalisasi pembelian, dan mengambil alih kejuaraan balap motor MotoGP, yang diprediksi mencapai angka 4 miliar dolar AS.

arena | 12:56 WIB

Dani Pedrosa merupakan juara dunia tiga kali, yang sebelumnya juga sempat turun sebagai wildcard untuk tim Red Bull KTM, dan finis di posisi keenam pada balapan Sprint, serta posisi ketujuh pada balapan utama GP Spanyol 2023.

arena | 12:37 WIB

Marco Bezzecchi dan Fabio Di Giannantonio tak segera berpuas diri usai sama-sama mencapai daftar 10 besar pada MotoGP Portugal di Sirkuit Algarve, Portimao akhir pekan lalu.

arena | 15:34 WIB

Duo pebalap Gresini Racing, Marc Marquez dan Alex menyatakan, siap mengalihkan fokus dan menatap balapan seri berikut di Sirkuit Austin, MotoGP Amerika Serikat pada 12-15 April 2024.

arena | 15:04 WIB

Pebalap Maverick Vinales mengakui, bahwa dirinya tidak terlalu mempersoalkan kegagalannya finis di MotoGP 2024 seri Portugal di Sirkuit Algarve, Portimao, pada Minggu (24/3/2024).

arena | 20:51 WIB

Pebalap Ducati Lenovo, Francesco Bagnaia langsung menatap balapan MotoGP 2024 seri selanjutnya di Sirkuit Amerika pada 12-14 April mendatang.

arena | 19:37 WIB

Meskipun tidak meraih kemenangan dalam sprint MotoGP Portugal 2024, Francesco Bagnaia dari tim Ducati tetap kokoh di puncak klasemen sementara. Di hari kedua di Sirkuit Internasional Algarve, Portimao, dia bersaing dalam latihan bebas 2, kualifikasi

arena | 06:22 WIB

Marc Marquez mengakui, jika pebalap muda tim Red Bull GASGAS Tech3, Pedro Acosta menjadi satu di antara pesaing yang harus diwaspadai di MotoGP 2024.

arena | 13:01 WIB

Adapun jadwal siaran langsung MotoGP Portugal 2024, pada Sabtu (23/3/2024) akan memulai ajang Sprint Race pukul 22.00 WIB.

arena | 09:29 WIB

Pebalap Marco Bezzecchi berhasil menumbuhkan kepercayaan dirinya menjelang babak kualifikasi, balapan Sprint, dan balapan utama MotoGP Portugal, yang berlangsung di Sirkuit Algarve Portimao, akhir pekan ini.

arena | 09:04 WIB

Bagnaia menjadi bagian sukses baru Ducati, dan Marquez baru menjalani debut yang tergolong gemilang dengan motor dari pabrikan asal Italia itu.

arena | 11:21 WIB

Pebalap Jorge Martin bereaksi setelah hanya memimpin klasemen MotoGP 2024 dalam waktu singkat, pasca Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) keluar sebagai juara MotoGP Qatar.

arena | 11:06 WIB
Tampilkan lebih banyak