Profil Doni Haryono, Pemain Andalan Timnas Voli Indonesia di SEA Games 2023 yang Berkarier di Liga Jepang

Doni Haryono bermain di Liga Jepang bersama VC Nagano Tridents.

Irwan Febri Rialdi | BolaTimes.com
Senin, 08 Mei 2023 | 08:36 WIB
Potret Doni Haryono, pevoli Indonesia yang main di Liga Jepang. (Instagram/dony_haryono)

Potret Doni Haryono, pevoli Indonesia yang main di Liga Jepang. (Instagram/dony_haryono)

Bolatimes.com - Timnas Voli Indonesia mengandalkan satu nama pemain yang kini tengah meniti karier di Liga Jepang pada SEA Games 2023. Sosok tersebut ialah Doni Haryono yang berstatus sebagai pemain VC Nagano Tridents.

Jika dibandingkan dengan nama-nama pemain Timnas Voli Indonesia lainnya, Dony Haryono memang satu-satunya pemain abroad di SEA Games 2023 ini.

Dia merupakan penggawa klub asal Jepang, VC Nagano Tridents. Doni tercatat mulai memperkuat klub ini sejak 2023 setelah meninggalkan Bogor LavAni.

Baca Juga: Profil Urawa Red Diamonds, Juara Liga Champions Asia yang Pernah Lawan Klub Indonesia

Sebelum memperkuat klub ini, dia juga pernah berkarier di luar negeri, tepatnya ketika menjadi pemain klub asal Qatar, Al Nasser, pada medio 2020-2021.

Pengalaman melimpah yang dimiliki Outside Hitter andalan Timnas Indonesia ini tentu sangat berharga untuk membantu perjuangan skuad Merah Putih mempertahankan medali emasnya di SEA Games 2023.

Profil Doni Haryono

Baca Juga: 3 Laga Cleansheet dan Cetak 11 Gol, Indra Sjafri: Berkat Kerja Keras Semua Pemain

Doni Haryono merupakan atlet voli kebanggaan Indonesia yang tercatat lahir di Magelang, Jawa Tengah, pada 21 Februari 1999. Jika melihat usianya, Doni memang masih muda karena berumur 24 tahun.

Perkenalan Doni Haryono dengan dunia voli bermula dari sang ayah. Diketahui, saat kecil dia mendapatkan bimbingan dari ayahnya yang bermain di voli kampung.

Sebelum menggeluti dunia voli, Doni sendiri pernah menggeluti dunia sepak bola sama seperti anak lelaki seusianya. Namun, sang ayah memilih mengarahkannya ke olahraga voli.

Baca Juga: Sudah Cetak 4 Gol di SEA Games 2023, Fajar Fathur Rahman: Saya Belum Puas!

Meski akrab dengan voli sejak kecil, Doni baru benar-benar menekuni olahraga ini saat menginjak bangku Sekolah Menengah Atas atau SMA.

Dari sana lah, dirinya pun mulai bergelut di kejuaraan voli level nasional, yang membuat bakatnya dilirik ke tim nasional Indonesia.

Sebelum itu, Doni memulai kariernya di dunia profesional bersama Bekasi BVN pada 2016. Sejak saat itu, dia menjadi rebutan klub-klub voli papan atas Indonesia.

Baca Juga: Jadi Top Skor Sementara SEA Games 2023, Fajar Fathur Rahman Hanya Bilang Begini

Setelah meninggalkan Bekasi BVN, dia pernah bermain untuk Jakarta Pertamina Energi (2017-2018), Jakarta BNI 46 (2020-2021), hingga Bogor LavAni (2022).

Bersama klub yang disebut terakhir, Doni sukses menyabet penghargaan sebagai Most Valuable Player di ajang Proliga 2022.

Sepanjang kariernya, Doni sudah dua kali meraih gelar juara Proliga. Masing-masing diraih pada edisi 2017 bersama Jakarta Pertamina Energi dan pada 2022 bersama Bogor LavAni.

Di level tim nasional, Doni memulai kiprahnya pada ajang ASEAN School Games di Thailand pada 2016. Ketika itu, dia membawa timnya meraih runner-up.

Saat memasuki level senior, lelaki berpostur 191 cm ini setidaknya sudah berhasil mempersembahkan satu medali perak SEA Games 2017 dan dua medali emas SEA Games 2019 dan 2021.

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Pebalap MotoGP dari tim Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo tak ingin mengendurkan semangatnya untuk balapan di MotoGP Spanyol akhir pekan ini.

arena | 18:49 WIB

Fabio Di Giannantonio dan Marco Bezzecchi mengaku optimistis, karena keduanya berhasil finis di daftar delapan besar pada balapan utama MotoGP Amerika dua pekan lalu.

arena | 15:15 WIB

Pebalap Monster Energy Yamaha, Alex Rins bertekad untuk mengulangi kemenangan pada MotoGP Amerika Serikat 2024.

arena | 13:25 WIB

Pebalap Gresini Racing tersebut mengatakan, ingin meraih podium pertamanya di balapan yang berlangsung di Circuit of The Americas (COTA) Austin, Texas, pada akhir pekan ini.

arena | 12:30 WIB

Liberty Media membeli 86 persen saham MotoGP, dengan Dorna Sports mempertahankan 14 persen saham. Nilai perusahaan MotoGP ditaksir bernilai 4,2 miliar euro atau setara dengan Rp72 triliun.

arena | 20:51 WIB

Uji coba privat tim Monster Energy Yamaha bersama Fabio Quartararo dan Alex Rins itu dilakukan sebelum balapan seri ketiga MotoGP Amerika Serikat di Austin.

arena | 14:18 WIB

Pemilik kejuaraan balap mobil Formula 1, Liberty Media disebut siap untuk melakukan finalisasi pembelian, dan mengambil alih kejuaraan balap motor MotoGP, yang diprediksi mencapai angka 4 miliar dolar AS.

arena | 12:56 WIB

Dani Pedrosa merupakan juara dunia tiga kali, yang sebelumnya juga sempat turun sebagai wildcard untuk tim Red Bull KTM, dan finis di posisi keenam pada balapan Sprint, serta posisi ketujuh pada balapan utama GP Spanyol 2023.

arena | 12:37 WIB

Marco Bezzecchi dan Fabio Di Giannantonio tak segera berpuas diri usai sama-sama mencapai daftar 10 besar pada MotoGP Portugal di Sirkuit Algarve, Portimao akhir pekan lalu.

arena | 15:34 WIB

Duo pebalap Gresini Racing, Marc Marquez dan Alex menyatakan, siap mengalihkan fokus dan menatap balapan seri berikut di Sirkuit Austin, MotoGP Amerika Serikat pada 12-15 April 2024.

arena | 15:04 WIB

Pebalap Maverick Vinales mengakui, bahwa dirinya tidak terlalu mempersoalkan kegagalannya finis di MotoGP 2024 seri Portugal di Sirkuit Algarve, Portimao, pada Minggu (24/3/2024).

arena | 20:51 WIB

Pebalap Ducati Lenovo, Francesco Bagnaia langsung menatap balapan MotoGP 2024 seri selanjutnya di Sirkuit Amerika pada 12-14 April mendatang.

arena | 19:37 WIB

Meskipun tidak meraih kemenangan dalam sprint MotoGP Portugal 2024, Francesco Bagnaia dari tim Ducati tetap kokoh di puncak klasemen sementara. Di hari kedua di Sirkuit Internasional Algarve, Portimao, dia bersaing dalam latihan bebas 2, kualifikasi

arena | 06:22 WIB

Marc Marquez mengakui, jika pebalap muda tim Red Bull GASGAS Tech3, Pedro Acosta menjadi satu di antara pesaing yang harus diwaspadai di MotoGP 2024.

arena | 13:01 WIB

Adapun jadwal siaran langsung MotoGP Portugal 2024, pada Sabtu (23/3/2024) akan memulai ajang Sprint Race pukul 22.00 WIB.

arena | 09:29 WIB

Pebalap Marco Bezzecchi berhasil menumbuhkan kepercayaan dirinya menjelang babak kualifikasi, balapan Sprint, dan balapan utama MotoGP Portugal, yang berlangsung di Sirkuit Algarve Portimao, akhir pekan ini.

arena | 09:04 WIB

Bagnaia menjadi bagian sukses baru Ducati, dan Marquez baru menjalani debut yang tergolong gemilang dengan motor dari pabrikan asal Italia itu.

arena | 11:21 WIB

Pebalap Jorge Martin bereaksi setelah hanya memimpin klasemen MotoGP 2024 dalam waktu singkat, pasca Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) keluar sebagai juara MotoGP Qatar.

arena | 11:06 WIB
Tampilkan lebih banyak