Profil Jerome Anthony Beane, Pemain Naturalisasi Baru yang Bakal Bela Timnas Basket Indonesia di SEA Games 2023

Jerome Anthony Beane merupakan pebasket kelahiran Amerika Serikat.

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Rabu, 22 Maret 2023 | 14:33 WIB
Pemain klub IBL, Indonesia Patriots, Jerome Anthony Beane. (Twitter)

Pemain klub IBL, Indonesia Patriots, Jerome Anthony Beane. (Twitter)

Bolatimes.com - Mengenal lebih jauh sosok Jerome Anthony Bane, pebasket naturalisasi yang akan membela Timnas Basket Indonesia di SEA Games 2023.

Timnas Basket Indonesia terbilang gencar melakukan naturalisasi untuk bisa bersaing di kompetisi-kompetisi basket internasional.

Terbaru, Timnas Basket Indonesia akan melakukan naturalisasi terhadap pebasket berkebangsaan Amerika Serikat, yakni Jerome Anthony Beane.

Baca Juga: Menakar Kekuatan Elkan Baggott dan Jordi Amat di FIFA Matchady, Dua Bek Jangkung yang jadi Ancaman Burundi

Permohonan naturalisasi untuk pebasket berusia 28 tahun itu pun telah mendapat persetujuan Komisi III DPR RI, Senin (21/3).

Persetujuan itu diberikan oleh Komisi III DPR RI bersamaan dengan tiga pemain keturunan yang akan dinaturalisasi untuk Timnas Indonesia U-20, yakni Justin Hubner, Ivar Jenner, dan Rafael Struick.

Dengan hadirnya persetujuan itu, keempat atlet ini pun dalam waktu dekat akan menjadi WNI dan berhak membela Timnas Indonesia di kancah basket ataupun sepak bola.

Baca Juga: Dennis Wise Bongkar Tantangan Terberat Garuda Select untuk Hadapi Huddersfield

Jika Justin Hubner, Ivar Jenner, dan Rafael Struick akan dinaturalisasi untuk Piala Dunia U-20 2023, naturalisasi Jerome Anthony Beane dimaksudkan untuk membela Timnas Basket Indonesia di SEA Games 2023.

Tak cukup sampai di situ, pebasket yang saat ini membela Indonesia Patriots itu pun juga akan bahu membahu untuk membawa Timnas Basket bersaing di Asian Games hingga Kualifikasi Olimpiade Paris 2025.

Lantas, siapakah sosok Jerome Anthony Beane itu? Berikut profilnya.

Baca Juga: Eks Exco PSSI Isyaratkan Pindah Federasi Shayne Pattynama Belum Rampung, Batal Bela Timnas Indonesia?

Mantan Top Skor Liga Basket Polandia

Jerome Anthony Beane merupakan pebasket yang berposisi sebagai Point Guard asal Amerika Serikat. Ia lahir di Missouri pada 6 Mei 1994 atau 28 tahun silam.

Kiprahnya di dunia basket bermula sejak masa sekolah, hingga dirinya mampu bermain di level universitas bersama Southern Illinois Salukis sejak 2012-2016.

Baca Juga: Bingung Cara Taklukan Timnas Burundi, Shin Tae-yong Pilih Fokus Kembangkaan Taktik Pemain

Tak seperti pebasket jebolan universitas di Amerika Serikat lainnya, Anthony Beane kemudian menapaki karier profesional di Eropa.

Tercatat, ia bermain di Lukoil Academic di Liga Basket Bulgaria pada 2017, atau tepat setelah dirinya bermain di level universitas.

Di musim pertamanya di Liga Basket Bulgaria itu, ia mampu membawa Lukoil Academic menjadi juara sekaligus mempertahankan gelar yang telah didapat di dua musim sebelumnya.

Kiprahnya di Bulgaria pun mendapat atensi dari tim Liga Basket Polandia, yakni Legia Warsaw, yang kemudian merekrutnya pada 2017.

Meski tak mampu membawa Legia Warsaw menjadi kampiun, Anthony Beane mampu mencatatkan kiprah apik dengan menjadi top skor di Liga Basket Polandia.

Setelahnya, Anthony Beane berkiprah di berbagai negara Eropa lainnya, seperti Latvia bersama Ventspils (2018-2019), Spirou Charleroi di Belgia (2019-2020), Virtus Roma dan Pallacanestro Varese di Italia (2020-2022).

Usai berkelana di Eropa, Anthony Beane kemudian didatangkan oleh Indonesia Patriots untuk bermain di Liga Basket Indonesia atau IBL untuk musim 2023 ini.

Di IBL 2023 ini, Anthony Beane pun punya catatan apik, dengan rata-rata mencetak 21,0 poin per game, 4,58 assist per game, 5,5 Rebound per game, dan mencetak 2,25 Steal per game.

Kontributor: Felix Indrajaya
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Pebalap MotoGP dari tim Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo tak ingin mengendurkan semangatnya untuk balapan di MotoGP Spanyol akhir pekan ini.

arena | 18:49 WIB

Fabio Di Giannantonio dan Marco Bezzecchi mengaku optimistis, karena keduanya berhasil finis di daftar delapan besar pada balapan utama MotoGP Amerika dua pekan lalu.

arena | 15:15 WIB

Pebalap Monster Energy Yamaha, Alex Rins bertekad untuk mengulangi kemenangan pada MotoGP Amerika Serikat 2024.

arena | 13:25 WIB

Pebalap Gresini Racing tersebut mengatakan, ingin meraih podium pertamanya di balapan yang berlangsung di Circuit of The Americas (COTA) Austin, Texas, pada akhir pekan ini.

arena | 12:30 WIB

Liberty Media membeli 86 persen saham MotoGP, dengan Dorna Sports mempertahankan 14 persen saham. Nilai perusahaan MotoGP ditaksir bernilai 4,2 miliar euro atau setara dengan Rp72 triliun.

arena | 20:51 WIB

Uji coba privat tim Monster Energy Yamaha bersama Fabio Quartararo dan Alex Rins itu dilakukan sebelum balapan seri ketiga MotoGP Amerika Serikat di Austin.

arena | 14:18 WIB

Pemilik kejuaraan balap mobil Formula 1, Liberty Media disebut siap untuk melakukan finalisasi pembelian, dan mengambil alih kejuaraan balap motor MotoGP, yang diprediksi mencapai angka 4 miliar dolar AS.

arena | 12:56 WIB

Dani Pedrosa merupakan juara dunia tiga kali, yang sebelumnya juga sempat turun sebagai wildcard untuk tim Red Bull KTM, dan finis di posisi keenam pada balapan Sprint, serta posisi ketujuh pada balapan utama GP Spanyol 2023.

arena | 12:37 WIB

Marco Bezzecchi dan Fabio Di Giannantonio tak segera berpuas diri usai sama-sama mencapai daftar 10 besar pada MotoGP Portugal di Sirkuit Algarve, Portimao akhir pekan lalu.

arena | 15:34 WIB

Duo pebalap Gresini Racing, Marc Marquez dan Alex menyatakan, siap mengalihkan fokus dan menatap balapan seri berikut di Sirkuit Austin, MotoGP Amerika Serikat pada 12-15 April 2024.

arena | 15:04 WIB

Pebalap Maverick Vinales mengakui, bahwa dirinya tidak terlalu mempersoalkan kegagalannya finis di MotoGP 2024 seri Portugal di Sirkuit Algarve, Portimao, pada Minggu (24/3/2024).

arena | 20:51 WIB

Pebalap Ducati Lenovo, Francesco Bagnaia langsung menatap balapan MotoGP 2024 seri selanjutnya di Sirkuit Amerika pada 12-14 April mendatang.

arena | 19:37 WIB

Meskipun tidak meraih kemenangan dalam sprint MotoGP Portugal 2024, Francesco Bagnaia dari tim Ducati tetap kokoh di puncak klasemen sementara. Di hari kedua di Sirkuit Internasional Algarve, Portimao, dia bersaing dalam latihan bebas 2, kualifikasi

arena | 06:22 WIB

Marc Marquez mengakui, jika pebalap muda tim Red Bull GASGAS Tech3, Pedro Acosta menjadi satu di antara pesaing yang harus diwaspadai di MotoGP 2024.

arena | 13:01 WIB

Adapun jadwal siaran langsung MotoGP Portugal 2024, pada Sabtu (23/3/2024) akan memulai ajang Sprint Race pukul 22.00 WIB.

arena | 09:29 WIB

Pebalap Marco Bezzecchi berhasil menumbuhkan kepercayaan dirinya menjelang babak kualifikasi, balapan Sprint, dan balapan utama MotoGP Portugal, yang berlangsung di Sirkuit Algarve Portimao, akhir pekan ini.

arena | 09:04 WIB

Bagnaia menjadi bagian sukses baru Ducati, dan Marquez baru menjalani debut yang tergolong gemilang dengan motor dari pabrikan asal Italia itu.

arena | 11:21 WIB

Pebalap Jorge Martin bereaksi setelah hanya memimpin klasemen MotoGP 2024 dalam waktu singkat, pasca Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) keluar sebagai juara MotoGP Qatar.

arena | 11:06 WIB
Tampilkan lebih banyak