Profil Doni Haryono, Pevoli Indonesia yang Kini Main di Liga Voli Jepang

Doni Haryono bermain di Liga Voli Jepang di musim 2023.

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Kamis, 16 Februari 2023 | 17:37 WIB
Potret Doni Haryono, pevoli Indonesia yang main di Liga Jepang. (Instagram/dony_haryono)

Potret Doni Haryono, pevoli Indonesia yang main di Liga Jepang. (Instagram/dony_haryono)

Bolatimes.com - Mengenal Doni Haryono, atlet voli putra sekaligus penggawa Timnas Indonesia yang kini berkiprah di Liga Jepang bersama Nagano Tridents.

Dunia voli Tanah Air kerap melahirkan banyak atlet-atlet berbakat di setiap generasinya, baik itu dari sektor putra maupun sektor putri.

Di generasi saat ini, sektor putra voli Indonesia memiliki banyak jagoan di olahraga bernama lain Mintonette itu memiliki jagoan pada diri Doni Haryono.

Baca Juga: Hasil BRI Liga 1: Dibungkam Bhayangkara FC, Persija Jakarta Gagal Salip PSM Makassar di Pucuk

Ia menjadi salah satu atlet voli putra terbaik dari Indonesia karena kiprahnya, yang kini membuatnya berkarier di luar negeri, tepatnya di Jepang.

Kiprah Doni di Jepang sendiri terhitung sejak tahun 2023 ini. Pemain terbaik Proliga 2022 ini memilih bergabung salah satu tim Jepang, yakni Nagano Tridents.

Nagano Tridents merupakan salah satu tim di kasta teratas voli Jepang atau V.League 1. Saat ini, tim tersebut berada di peringkat ke-10 dari 24 pertandingan yang telah dimainkan.

Baca Juga: Erick Thohir Terpilih Jadi Ketum PSSI, FIFA Ikut Beri Selamat

Lantas, siapakah sosok Doni Haryono tersebut? Berikut profilnya.

Kerap Abroad

Doni Haryono merupakan atlet voli Indonesia yang lahir di Magelang pada 21 Februari 1999, atau kini usianya berada di angka 23 tahun.

Baca Juga: Erick Thohir Resmi Jadi Ketum PSSI, Jordi Amat Ikut Bereaksi

Kiprahnya di dunia voli bermula dari sang ayah. Diketahui, saat kecil dirinya diajari oleh sang ayah yang bermain di voli kampung.

Sebelum menggeluti dunia voli, Doni sendiri pernah menggeluti dunia sepak bola. Tapi sang ayah memilih mengarahkannya ke olahraga voli.

Meski akrab dengan voli sejak kecil, Doni baru benar-benar menekuni olahraga ini saat menginjak bangku Sekolah Menengah Atas atau SMA.

Baca Juga: Ronaldo Kwateh Belum Bisa Ikut Latihan dengan Bodrumspor, Siap Jadi Andalan di Timnas Indonesia U-20?

Dari sana lah, dirinya pun mulai bergelut di kejuaraan voli level nasional, yang membuat bakatnya dilirik ke tim nasional Indonesia.

Namun Doni bergabung tim nasional level kelompok umur, di mana ia berkiprah di ASEAN School Games pada 2015 dan 2016.

Barulah pada 2017, Doni masuk ke level tim nasional senior yang saat itu bertugas di ajang SEA Games 2017 yang berlangsung di Malaysia.

Setelah lulus bangku sekolah, Doni melanjutkan pendidikannya di Universitas Tujuh Belas Agustus Semarang. Meski begitu, ia tetap menggeluti dunia voli nasional.

Diketahui, Doni pernah bermain untuk Bekasi BVN, Pertamina Energi, dan Jakarta BNI 46 hingga memasuki tahun 2020.

Karena kemampuannya yang berhasil membawa Timnas Voli Indonesia meraih medali emas di SEA Games 2019, Doni dipinang oleh tim asal Bahrain, yakni Al Nasser untuk musim 2020-2021.

Setelah berkarier di Bahrain, Doni kembali pulang ke Tanah Air dan membela Bogor LavAni dan berhasil membawa timnya merengkuh gelar Proliga 2022.

Berkat gelar tersebut, Doni pun dianugerahi pemain terbaik Proliga 2022. Prestasi ini meneruskan kiprah manisnya yang sebelumya membawa Timnas Voli Indonesia meraih medali SEA Games 2021.

Kini di Nagano Tridents, Doni pun tengah berjuang memperkenalkan namanya di pentas internasional, tepatnya di voli Asia.

Selain itu, dalam waktu dekat dirinya akan kembali berjuang membawa Timnas Voli Indonesia meraih medali emas kembali pada ajang SEA Games 2023 di Kamboja.

Kontributor: Felix Indrajaya
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Pebalap Ducati Lenovo, Francesco Bagnaia langsung menatap balapan MotoGP 2024 seri selanjutnya di Sirkuit Amerika pada 12-14 April mendatang.

arena | 19:37 WIB

Meskipun tidak meraih kemenangan dalam sprint MotoGP Portugal 2024, Francesco Bagnaia dari tim Ducati tetap kokoh di puncak klasemen sementara. Di hari kedua di Sirkuit Internasional Algarve, Portimao, dia bersaing dalam latihan bebas 2, kualifikasi

arena | 06:22 WIB

Marc Marquez mengakui, jika pebalap muda tim Red Bull GASGAS Tech3, Pedro Acosta menjadi satu di antara pesaing yang harus diwaspadai di MotoGP 2024.

arena | 13:01 WIB

Adapun jadwal siaran langsung MotoGP Portugal 2024, pada Sabtu (23/3/2024) akan memulai ajang Sprint Race pukul 22.00 WIB.

arena | 09:29 WIB

Pebalap Marco Bezzecchi berhasil menumbuhkan kepercayaan dirinya menjelang babak kualifikasi, balapan Sprint, dan balapan utama MotoGP Portugal, yang berlangsung di Sirkuit Algarve Portimao, akhir pekan ini.

arena | 09:04 WIB

Bagnaia menjadi bagian sukses baru Ducati, dan Marquez baru menjalani debut yang tergolong gemilang dengan motor dari pabrikan asal Italia itu.

arena | 11:21 WIB

Pebalap Jorge Martin bereaksi setelah hanya memimpin klasemen MotoGP 2024 dalam waktu singkat, pasca Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) keluar sebagai juara MotoGP Qatar.

arena | 11:06 WIB

Manajer tim Ducati Lenovo, Luigi Dall'Igna menilai strategi Francesco Bagnaia demi meraih kemenangan dalam seri pembuka MotoGP 2024 karena berani mengambil risiko yang besar.

arena | 19:20 WIB

Mereka masing-masing finis di posisi kelima dan tujuh dalam Sprint Race MotoGP Qatar yang berlangsung di Sirkuit Internasional Lusail, pada Sabtu (9/3/2024).

arena | 11:49 WIB

Berstatus sebagai polesitter, Jorge Martin tampil dengan apik sejak lampu hijau dinyalakan pada balapan 11 lap di Sirkuit Internasional Lusai, Sabtu (10/3/2024).

arena | 11:29 WIB

Pebalap tim Prima Pramac, Jorge Martin merebut pole position perdana pada MotoGP 2024, usai menjadi yang tercepat dalam sesi kualifikasi MotoGP Qatar.

arena | 09:46 WIB

Pebalap Alex Rins dan Fabio Quartararo mengakui, bahwa mereka kesulitan ketika berpacu di trek basah, pada sesi latihan bebas (FP) MotoGP Qatar, Jumat (8/3/2024).

arena | 09:29 WIB

Pebalap Ducati Lenovo, Francesco Bagnaia mengaku kecewa karena tak bisa tampil maksimal pada sesi latihan bebas MotoGP Qatar, yang digelar di Sirkuit Internasional Lusail, pada Jumat, (8/3/2024).

arena | 13:02 WIB

Sejumlah pebalap MotoGP, mulai dari sang juara dunia dua kali Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) hingga Marc Marquez (Gresini Racing) optimistis memulai musim 2024.

arena | 08:43 WIB

Pengumuman tersebut, disampaikan langsung tim Ducati Corse melalui media sosial X (Twitter) beberapa hari jelang gelaran MotoGP 2024 di Sirkuit Internasional Lusail, Qatar akhir pekan ini.

arena | 09:39 WIB

Hal tersebut, jelas menjadi kabar baik bagi tim pabrikan asal Jepang itu menjelang balapan perdana MotoGP 2024 di Sirkuit Internasional Lusail, Qatar pada Maret mendatang.

arena | 10:51 WIB

Pebalap Jorge Martin mengaku siap tancap gas untuk menjadi penantang sang juara bertahan Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) di MotoGP 2024.

arena | 10:26 WIB

Dua pebalap tim Aprilia Racing, Aleix Espargaro dan Maverick Vinales mengaku tak sabar untuk memulai balapan di MotoGP 2024. Adapun balapan perdana akan digelar di Sirkuit Internasional Lusail, dalam jadwal MotoGP Qatar 2024 dimulai pada 8-10 Maret.

arena | 08:32 WIB
Tampilkan lebih banyak