Arena

Wakil Malaysia di BWF World Tour Finals 2022, Lebih Banyak dari Indonesia?

Berikut wakil Malaysia yang lolos ke BWF World Tour Finals 2022.

Husna Rahmayunita

Ganda putra Malaysia Aaron Chia/Soh Woi Yik singkirkan Kevin/Marcus di Olimpiade Tokyo. (Pedro PARDO / AFP)
Ganda putra Malaysia Aaron Chia/Soh Woi Yik singkirkan Kevin/Marcus di Olimpiade Tokyo. (Pedro PARDO / AFP)

Bolatimes.com - Tidak terasa BWF World Tour Finals 2022 sebentar lagi akan bergulir. Ini menjadi turnamen final dari rangkaian BWF World Tour sepanjang tahun 2022.

Ajang ini rencananya mulai bergulir pada 14 hingga 18 Desember 2022 di Tianhe Gymnasium, Guangzhou, China. Tapi, tak semua pebulu tangkis bisa mentas di ajang akbar ini,

Sebab, hanya pebulu tangkis yang menduduki posisi 8 besar ranking BWF World Tour Finals 2022 yang bisa tampil. Perhitungan ranking pun berasal dari poin yang diraih oleh para atlet saat mengikutu turnamen baik dari ajang level BWF Super 100 hingga 1000.

Sejauh ini, baru lima wakil Indonesia yang lolos ke ke BWF World Tour Finals 2022 baru lima. Jumlah ini kalah dari Malaysia yang mengirimkan 6 pasang wakilnya.

Wakil Malaysia yang pertama kali memastikan diri lolos adalah ganda putra nomor 4 dunia, Aaron Chia/Soh Wooi Yik, usai menjadi Juara Dunia 2022.

Kemudian ada kampiun ganda putri Frech Open 2022, Pearly Tan/Thinaah Muralitharan, yang juga lolos dan ganda putri peringkat 32 dunia, Vivian Hoo/Lim Chiew Sien.

Beberapa pemain independen Malaysia juga sudah mengamankan tempatnya, yakni ganda putra independen Ong Yew Sin/Teo Ee Yi, Tan Kian Meng/Lai Pei Jing dan Goh Soon Huat/Shevon Lai Jemie (ganda campuran).

Lebih banyaknya wakil Malaysia yang lolos ke BWF World Tour Finals 2022 berbanding terbalik dengan jumlah gelar yang diraih sepanjang 2022.

Malaysia tercatat meraih total 7 trofi juara sehingga cuma menempati peringkat ke-7 dalam klasemen gelar Super 300 higga Super 1000.

Malaysia masih kalah dari Jepang yang meraih 9 gelar juara, Indonesia dengan 13 gelar juara serta China dengan raihan 22 trofi juara.

Kondisi Malaysia yang mampu mengirimkan lebih banyak wakil ke BWF World Tour Finals ternyata karena rajin mengirimkan banyak wakilnya ke beberapa turnamen bergengsi.

Ambil contoh Ong Yew Sin/Teo Ee Yi yang mengikuti 12 turnamne. Hasil yang didapatkan pun cukup apik dengan sekali lolos ke semifinal dan lima kali melaju ke perempat final.

Pebulutangkis Malaysia yang lolos ke BWF World Tour Finals 2022:

Ganda Putra:

Ong Yew Sin/Teo Ee Yi

Aaron Chia/Soh Wooi Yik

Ganda Putri:

Vivian Hoo/Lim Chiew Sien

Pearly Tan/Thinaah Marulitharan.

Ganda Campuran:

Goh Soon Huat/Shevon Jemie Lai 

Tan Kian Meng/Lai Pei Jing

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha

Berita Terkait

Berita Terkini