Arena

Profil Rehan Naufal/Lisa Ayu, Satu-Satunya Wakil Indonesia yang Tersisa di French Open 2022

Naufal/Lisa Ayu adalah satu-satunya wakil Indonesia yang berhasil lolos di semifinal French Open 2022

Irwan Febri Rialdi

Ganda campuran Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati lolos ke babak semifinal French Open 2022 dan menjadi satu-satunya wakil Indonesia yang tersisa pada turnamen kategori BWF Super 750 itu di Paris, Sabtu. (ANTARA/HO-PP PBSI)
Ganda campuran Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati lolos ke babak semifinal French Open 2022 dan menjadi satu-satunya wakil Indonesia yang tersisa pada turnamen kategori BWF Super 750 itu di Paris, Sabtu. (ANTARA/HO-PP PBSI)

Bolatimes.com - Pasangan ganda campuran, Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati, akhirnya menjadi wakil terakhir Indonesia yang tersisa di ajang French Open 2022.

Kepastian ini diraih setelah Refah Naufal/Lisa Ayu menumbangkan perlawanan wakil tuan rumah, Thom Gicquel/Delphine Delrue, Jumat (28/10/2022), pada babak perempat final French Open 2022.

Dengan demikian, Rehan/Lisa menjadi satu-satunya wakil Indonesia yang tersisa di ajang French Open 2022 karena tak ada perwakilan lainnya yang sukses lolos ke fase semifinal.

"Rasanya tidak menyangka bisa melangkah jauh di turnamen super 750 ini. Ini menjadi semifinal pertama kami di level ini," kata Rehan lewat informasi tertulis PP PBSI.

Sementara itu, Lisa mengaku terharu dengan semifinal perdananya pada level BWF Super 750. Dia berharap bisa mematahkan pandangan miring soal sektor ganda campuran Indonesia yang dinilai tidak memiliki prestasi sebaik nomor lainnya.

"Saya hari ini sangat terharu, terlebih karena selama ini ganda campuran menjadi bahan pembicaraan. Hari ini kami memberikan pembuktian bahwa kami ternyata sebenarnya bisa," kata Lisa mengungkapkan.

Pada pertandingan selanjutnya, Rehan/Lisa bakal berjumpa dengan wakil Belanda, Robin Tabeling/Selena Piek, di arena Stade Pierre de Coubertin, Paris, Sabtu (29/10/2022) pukul 15.00 WIB.

Profil Rehan Naufal Kusharjanto Lisa Ayu Kusumawati

Sebagai informasi, Rehan Naufal Kusharjanto dan Lisa Ayu Kusumawati merupakan pebulu tangkis yang dibina oleh klub PB Djarum. Keduanya sama-sama satu angkatan karena berusia 22 tahun.

Rehan Naufal, misalnya, lahir di Bekasi, 28 Februari 2000. Dia merupakan anak dari Tri Kusharjanto, peraih medali silver di ajang Olimpiade 2000. Adapun ibunya, Sri Untari, adalah peraih gelar juara Asia pada 1992.

Pada usianya yang baru menginjak lima tahun, Rehan Naufal mulai berlatih bulutangkis dengan ayahnya. Lalu, dia sukses lolos seleksi PB Djarum pada 2013.

Sementara itu, Lisa Ayu Kusumawati berasal dari Sleman, DIY. Dia lahir pada 15 Januari 2000. Lisa tercatat bergabung dengan PB Djarum pada 2012 dan sukses memenangi Djarum Sirkuit Nasional U-17.

Gelar juara pertamanya di level internasional diraih bersama Rehan. Saat itu, keduanya sukses memenangi ajang Finnish Open 2019.

Selama bekerja sama, kedua pasangan ini telah berhasil mengamankan dua gelar BWF Tour meskipun semuanya hanya sebatas runner-up, yakni pada Orleans Masters 2022 dan Vietnam Open 2022.

Sebagai informasi, Rehan juga pernah dipasangkan dengan Siti Fadia Silva Ramadhanti. Dia juga pernah bermain di nomor ganda putra bersama Pramudya Kusumawardana.

Adapun Lisa Ayu tak hanya bermain di nomor ganda campuran saja. Dia tercatat pernah berpasangan dengan Ghifari Anandaffa Prihardika di level junior dan Febby Valencia Dwijayanti.

Untuk saat ini, Rehan Naufal/Lisa Ayu masih menduduki peringkat ke-30 BWF per 25 Oktober 2022.

Kontributor: Muh Adif Setyawan

Berita Terkait

Berita Terkini