Arena

Profil Kodai Naraoka, Bintang Baru Jepang yang Kalahkan Dua Tunggal Indonesia di French Open 2022

Kodai Naraoka mengalahkan Jonatan Christie. Sebelumnyam ia juga menumbangkan Shesar Hiren Rhustavito

Irwan Febri Rialdi

Pebulu tangkis tunggal putra Jepang Kodai Naraoka. (dok. BWF)
Pebulu tangkis tunggal putra Jepang Kodai Naraoka. (dok. BWF)

Bolatimes.com - Pebulu tangkis tunggal putra Indonesia, Jonathan Christie, harus mengakui keunggulan bintang baru Jepang, Kodai Naraoka, saat bersua pada fase perempat final French Open 2022.

Dalam duel yang berlangsung Jumat (28/10/2022) itu, Jonatan Christie harus mengakhiri duelnya dengan Kodai Naraoka lebih cepat karena mengalami cedera pergelangan kaki.

Akhirnya, pemain yang akrab disapa Jojo ini menyerah di gim ketiga, yakni dengan skor 21-14, 14-21, dan 13-17. Dia sudah tak sanggup melanjutkan pertandingan karena cedera ankle tersebut.

Melangkah masih bisa. Tapi untuk melakukan gerakan yang ada reaksinya saat seperti tadi, masih sangat terasa. Tadi cuma agak kaget saja pas memaksa mengambil bola jauh, tumpuannya tidak pas. Makanya engkel kanan saya terasa sakit," kata Jonatan lewat informasi tertulis PP PBSI.

Jonatan yang merasa tidak nyaman dengan kakinya sempat meminta penanganan medis kepada umpire dan bisa kembali melanjutkan pertandingan.

Namun ketika Jonatan meminta penanganan medis untuk kedua kalinya saat skor 13-17, umpire menolak hal tersebut dan justru memberikan kartu kuning karena dinilai memperlambat jalannya pertandingan.

Kodai Naraoka memang berstatus sebagai bintang baru dari Jepang. Sebelumnya, dia juga terlebih dahulu mengandaskan atlet pelatnas PBSI lainnya, Shesar Hiren Rhustavito, pada fase 16 besar, Kamis (27/10/2022).

Profil Kodai Naraoka

Kodai Naraoka merupakan bintang terbaru dari Jepang. Dia berasal dari Aomori dan tercatat lahir pada 30 Juni 2001. Saat ini, usianya memang baru menginjak 21 tahun.

Di dunia tepok bulu, Kodai Naraoka mulai menggeluti permainan ini karena pengaruh ayahnya. Bahkan, dia sudah mulai bermain sejak usianya baru lima tahun.

Sebetulnya, belum ada prestasi mentereng yang sukses diraih Kodai Naraoka di level junior. Sebab, dia tercatat hanya bisa meraih medali perak di World Junior Championships 2018.

Adapun pada ajang yang sama edisi sebelumnya di Yogyakarta, dia hanya sanggup meraih medali perunggu, yakni pada 2017. Saat it, dia tumbang dari wakil Malaysia, Leong Jun Hao, dua set langsung.

Sementara itu, di level senior, Kodai Naraoka mulai memperlihatkan prestasinya pada tahun 2022 ini. Sebab, sudah ada satu gelar juara dan tiga runner-up BWF World Tour 2022.

Yang pertama, dia sukses menjuarai kejuaraan Vietnam Open 2022 seusai menumbangkan wakil China, Sun Feixiang.

Selanjutnya, tiga runner-up itu diraih pada ajang Taipei Open 2022, Singapore Open 2022, dan Korean Masters 2022. Khusus untuk Singapore Open 2022, Kodai Naraoka harus takluk dua set langsung dari Anthony Sinisuka Ginting.

Jauh sebelum itu, dia juga telah mengantongi lima gelar juara dan dua runner-up pada kejuaraan BWF International Challenge/Series.

Lima gelar itu ialah Lao International 2019, Jamaica International 2019, Mongolia International 2019, Dubai International 2019, dan Yonex/K&D Graphics International 2019.

Adapun dua pencapaian runner-up milik Kodai Naraoka diraih pada ajang Osaka International 2018 dan Yonex/K&D Graphics International 2018.

Kontributor: Muh Adif Setyawan

Berita Terkait

Berita Terkini