Arena

Profil Andrew Tate, Mantan Petarung MMA yang Kini Jadi Mualaf

Tate mengaku kini telah menjadi mualaf atau memeluk agama Islam.

Irwan Febri Rialdi

Sosok Andrew Tate saat masih menjadi pemain kickboxer. (Instagram/@emory_cobratate)
Sosok Andrew Tate saat masih menjadi pemain kickboxer. (Instagram/@emory_cobratate)

Bolatimes.com - Influencer sekaligus mantan atlet MMA asal Inggris, Andrew Tate, mengeluarkan pernyataan yang mengejutkan dunia maya.

Melalui akun media sosialnya, Tate mengaku telah menjadi mualaf atau memeluk agama Islam.

"Inilah mengapa saya Muslim," tulis akun terverifikasi bernama Andrew Tate dalam sebuah posting di situs media sosial konservatif Gettr seperti dilansir the New Arab pada Selasa (25/10/2022).  

"Setiap orang Kristen yang percaya pada yang baik dan memahami pertempuran yang benar melawan kejahatan harus bertobat. Jadi bersabarlah, Sesungguhnya janji Allah adalah kebenaran Quran 30:60," kata Tate lagi.

Di akun yang sama, kemudian diunggah gambar Tate dengan judul dari kutipan yang dikaitkan dengan Ibnu Qayim, seorang teolog Islam dari tahun 1300-an.

Tak hanya itu, sebuah video yang memperlihatkan Tate sedang sholat di sebuah masjid di UEA, telah dibagikan ratusan kali di Facebook dan Twitter.

Video itu diunggah oleh seorang pengguna Facebook dengan tanda verifikasi (centang biru) bernama Tam Khan. Tam Khan lantas mengonfirmasi bahwa Tate telah mengucapkan dua kalimat syahadat.

Lantas, siapa sebetulnya Andrew Tate? Berikut ulasan profilnya!

Profil Andrew Tate

Sosok dengan nama lengkap Emory Andrew Tate III ini lahir di Washington, Amerika Serikat, pada 14 Desember 1986. Dia merupakan anak dari Emory Tate, seorang Master Catur Internasional.

Pada awalnya, Tate juga terjun ke dunia catur sejak berumur 5 tahun dan sempat mengikuti turnamen-turnamen untuk orang dewasa saat masih bocah.

Namun pada 2005, Tate banting setir menjadi seorang atlet kick boxing dan MMA di Inggris. Dia terbilang sebagai atlet kick boxing yang berprestasi pada masanya.

Dia sempat meraih 18 kemenangan beruntun yang semuanya didapatkan dengan TKO. Dia juga sempat menempati ranking kedua atlet kickboxing kelas ringan terbaik di dunia.

Tercatat, Andrew Tate pernah meraih dua gelar juara dunia ISKA (International Sport Kickboxing Association), masing-masing pada 2011 dan 2013. Dia meraihnya pada dua kelas berbeda.

Tate lantas memutuskan pensiun sebagai petarung pada 2020. Tercatat dia meraih 76 kemenangan dan 9 kali kalah dalam pertarungan kickboxing.

Selain kick boxing, Andrew Tate juga tercatat pernah bertarung di arena MMA. Meski begitu, dia tidak banyak bertarung di olahraga ini.

Dia tercatat cuma melakoni tiga pertandingan MMA sebagai profesional dengan catatan 2 kali menang dan sekali kalah Semua pertandingannya berlangsung di Inggris pada ajang Ultimate Warrior Challenge.

Setelah pensiun, Andrew Tate aktif di sosial media dan dianggap sebagai salah satu influencer besar. Namun, dia tak luput dari sederet kontroversi.

Alhasil, berbagai akun media sosial milik Andrew Tate pernah di-suspend. Mulai dari akun Twitter-nya, Instagram, TikTok, hingga teranyar channel YouTube miliknya ikut dibekukan.

Hal ini tidak terlepas dari aktivitasnya di sosial media yang kerap menyuarakan berbagai pandangannya, tetapi kerap menuai kontroversi.

Terbaru, Andrew Tate membikin publik heboh ketika diketahui telah memeluk agama Islam. Sampai saat ini, belum ada keterangan resmi yang dikeluarkan oleh Tate terkait kabar tersebut.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha

Berita Terkait

Berita Terkini