Profil Denmark Open 2022, Salah Sebut Fajar/Alfian dan Kevin/Marcus dari Malaysia di Podium Juara

Denmark Open padahal bukan event ecek-ecek

Irwan Febri Rialdi | BolaTimes.com
Senin, 24 Oktober 2022 | 12:00 WIB
Ganda putra Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto (kiri) keluar sebagai juara turnamen BWF Super 750 Denmark Open 2022 setelah mengalahkan rekan senegara, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon, pada babak final di Odense, Minggu. (dokumentasi PP PBSI)

Ganda putra Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto (kiri) keluar sebagai juara turnamen BWF Super 750 Denmark Open 2022 setelah mengalahkan rekan senegara, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon, pada babak final di Odense, Minggu. (dokumentasi PP PBSI)

Bolatimes.com - Pihak penyelenggara Denmark Open 2022 melakukan kesalahan besar karena menyebut dua pasangan ganda putra Fajar/Alfian dan Minions berasal dari Malaysia.

Pembawa acara Denmark Open 2022 blunder besar saat penyebutan negara asal dua ganda dari Indonesia, yakni Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon dan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto. Keduanya disebut dari Malaysia.

Momen ini viral di media sosial, terutama Twitter. Terlihat dalam sebuah video, Fajar/Rian dan Kevin/Marcus tengah berada di panggung. Keduanya tampak hendak akan naik ke podium dengan menunggu arahan dari pembawa acara.

Namun, saat penyebutan negara asal. Fajar/Rian dan Kevin/Marcus bukannya disebut berasal dari Indonesia oleh pembawa acara. Keduanya malah disebut dari negara lainnya, yakni Malaysia.

Sontak Fajar/Rian dan Kevin/Marcus sempat bingung dengan apa yang dikatakan oleh pembawa acara. Namun, keduanya tetap naik ke podium untuk menerima penghargaan.

Menyadari kesalahan tersebut, Federasi Badminton Denmark kemudian menyampaikan permintaan maaf. Hal ini disampaikan melalui akun Twitter dan Instagram resmi mereka.

"Selamat untuk Fajar Alfian dan Muhammad Rian. Kami benar-benar minta maaf atas kesalahan dalam pengumuman. Fajar Alfian/Muhammad Ardianto dan Marcus Gideon/Kevin Sukamuljo tentunya dari INDONESIA! Kita tahu itu," tulis Federasi Bulutangkis Denmark..

"Itu adalah kesalahan yang dilakukan manusia, dan kami harap Anda dapat menerima permintaan maaf kami," tutup klarifikasi tersebut.

Profil Denmark Open 

Denmark Open merupakan turnamen bulu tangkis yang bergulir secara tahunan dan diselenggarakan oleh Federasi Bulutangkis Denmark.

Sebagai informasi, Federasi Bulutangkis Denmark sendiri sudah dibentuk sejak 15 Januari 1930 sebagai Denmark’s Badminton Union.

Federasi ini diwakili oleh Skovshoved, Copenhagen BK, Neyes BK, Helsingor BK, Stubbekobing iF, dan Roskilde BK.

Karena khawatir bisa menyulitkan publik dari Danish Football Association yang juga berinisial DBU, maka Federasi ini berubah nama menjadi Danis Badminton Federation (DBF).

Selanjutnya, turnamen Denmark Open yang awalnya bernama Danish Open ini merupakan bagian dari BWF Super Series Premier mulai dari tahun 2011 sampai 2017.

Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) mengkategorikan turnamen ini sebagai salah satu dari lima turnamen BWF World Tour Super 750 sejak tahun 2018.

Sebagai informasi, Danish Open atau Denmark Open memang menjadi salah satu kejuaraan bulu tangkis skala internasional yang tertua di dunia.

Sebab, kejuaraan ini sudah mulai bergulir sejak 1936. Dengan demikian, Denmark Open menjadi kejuaraan tepok bulu tertua kedua di dunia. 

Sayangnya, kejuaraan ini sempat berhenti bergulir dari tahun 1956 hingga 1964 karena dampak Perang Dunia Kedua. Biasanya, Denmark Open diselenggarakan setiap akhir Oktober.

Untuk kejuaraan Denmark Open edisi tahun ini, penyelenggaraannya digelar di Arena Fyn di Odense, Denmark, mulai 18 hingga 23 Oktober 2022 dan menyediakan total hadiah sebesar 750.000 juta dollar.

Kontributor: Muh Adif Setyawan
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Liberty Media membeli 86 persen saham MotoGP, dengan Dorna Sports mempertahankan 14 persen saham. Nilai perusahaan MotoGP ditaksir bernilai 4,2 miliar euro atau setara dengan Rp72 triliun.

arena | 20:51 WIB

Uji coba privat tim Monster Energy Yamaha bersama Fabio Quartararo dan Alex Rins itu dilakukan sebelum balapan seri ketiga MotoGP Amerika Serikat di Austin.

arena | 14:18 WIB

Pemilik kejuaraan balap mobil Formula 1, Liberty Media disebut siap untuk melakukan finalisasi pembelian, dan mengambil alih kejuaraan balap motor MotoGP, yang diprediksi mencapai angka 4 miliar dolar AS.

arena | 12:56 WIB

Dani Pedrosa merupakan juara dunia tiga kali, yang sebelumnya juga sempat turun sebagai wildcard untuk tim Red Bull KTM, dan finis di posisi keenam pada balapan Sprint, serta posisi ketujuh pada balapan utama GP Spanyol 2023.

arena | 12:37 WIB

Marco Bezzecchi dan Fabio Di Giannantonio tak segera berpuas diri usai sama-sama mencapai daftar 10 besar pada MotoGP Portugal di Sirkuit Algarve, Portimao akhir pekan lalu.

arena | 15:34 WIB

Duo pebalap Gresini Racing, Marc Marquez dan Alex menyatakan, siap mengalihkan fokus dan menatap balapan seri berikut di Sirkuit Austin, MotoGP Amerika Serikat pada 12-15 April 2024.

arena | 15:04 WIB

Pebalap Maverick Vinales mengakui, bahwa dirinya tidak terlalu mempersoalkan kegagalannya finis di MotoGP 2024 seri Portugal di Sirkuit Algarve, Portimao, pada Minggu (24/3/2024).

arena | 20:51 WIB

Pebalap Ducati Lenovo, Francesco Bagnaia langsung menatap balapan MotoGP 2024 seri selanjutnya di Sirkuit Amerika pada 12-14 April mendatang.

arena | 19:37 WIB

Meskipun tidak meraih kemenangan dalam sprint MotoGP Portugal 2024, Francesco Bagnaia dari tim Ducati tetap kokoh di puncak klasemen sementara. Di hari kedua di Sirkuit Internasional Algarve, Portimao, dia bersaing dalam latihan bebas 2, kualifikasi

arena | 06:22 WIB

Marc Marquez mengakui, jika pebalap muda tim Red Bull GASGAS Tech3, Pedro Acosta menjadi satu di antara pesaing yang harus diwaspadai di MotoGP 2024.

arena | 13:01 WIB

Adapun jadwal siaran langsung MotoGP Portugal 2024, pada Sabtu (23/3/2024) akan memulai ajang Sprint Race pukul 22.00 WIB.

arena | 09:29 WIB

Pebalap Marco Bezzecchi berhasil menumbuhkan kepercayaan dirinya menjelang babak kualifikasi, balapan Sprint, dan balapan utama MotoGP Portugal, yang berlangsung di Sirkuit Algarve Portimao, akhir pekan ini.

arena | 09:04 WIB

Bagnaia menjadi bagian sukses baru Ducati, dan Marquez baru menjalani debut yang tergolong gemilang dengan motor dari pabrikan asal Italia itu.

arena | 11:21 WIB

Pebalap Jorge Martin bereaksi setelah hanya memimpin klasemen MotoGP 2024 dalam waktu singkat, pasca Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) keluar sebagai juara MotoGP Qatar.

arena | 11:06 WIB

Manajer tim Ducati Lenovo, Luigi Dall'Igna menilai strategi Francesco Bagnaia demi meraih kemenangan dalam seri pembuka MotoGP 2024 karena berani mengambil risiko yang besar.

arena | 19:20 WIB

Mereka masing-masing finis di posisi kelima dan tujuh dalam Sprint Race MotoGP Qatar yang berlangsung di Sirkuit Internasional Lusail, pada Sabtu (9/3/2024).

arena | 11:49 WIB

Berstatus sebagai polesitter, Jorge Martin tampil dengan apik sejak lampu hijau dinyalakan pada balapan 11 lap di Sirkuit Internasional Lusai, Sabtu (10/3/2024).

arena | 11:29 WIB

Pebalap tim Prima Pramac, Jorge Martin merebut pole position perdana pada MotoGP 2024, usai menjadi yang tercepat dalam sesi kualifikasi MotoGP Qatar.

arena | 09:46 WIB
Tampilkan lebih banyak