Arena

Profil Denmark Open 2022, Salah Sebut Fajar/Alfian dan Kevin/Marcus dari Malaysia di Podium Juara

Denmark Open padahal bukan event ecek-ecek

Irwan Febri Rialdi

Ganda putra Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto (kiri) keluar sebagai juara turnamen BWF Super 750 Denmark Open 2022 setelah mengalahkan rekan senegara, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon, pada babak final di Odense, Minggu. (dokumentasi PP PBSI)
Ganda putra Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto (kiri) keluar sebagai juara turnamen BWF Super 750 Denmark Open 2022 setelah mengalahkan rekan senegara, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon, pada babak final di Odense, Minggu. (dokumentasi PP PBSI)

Bolatimes.com - Pihak penyelenggara Denmark Open 2022 melakukan kesalahan besar karena menyebut dua pasangan ganda putra Fajar/Alfian dan Minions berasal dari Malaysia.

Pembawa acara Denmark Open 2022 blunder besar saat penyebutan negara asal dua ganda dari Indonesia, yakni Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon dan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto. Keduanya disebut dari Malaysia.

Momen ini viral di media sosial, terutama Twitter. Terlihat dalam sebuah video, Fajar/Rian dan Kevin/Marcus tengah berada di panggung. Keduanya tampak hendak akan naik ke podium dengan menunggu arahan dari pembawa acara.

Namun, saat penyebutan negara asal. Fajar/Rian dan Kevin/Marcus bukannya disebut berasal dari Indonesia oleh pembawa acara. Keduanya malah disebut dari negara lainnya, yakni Malaysia.

Sontak Fajar/Rian dan Kevin/Marcus sempat bingung dengan apa yang dikatakan oleh pembawa acara. Namun, keduanya tetap naik ke podium untuk menerima penghargaan.

Menyadari kesalahan tersebut, Federasi Badminton Denmark kemudian menyampaikan permintaan maaf. Hal ini disampaikan melalui akun Twitter dan Instagram resmi mereka.

"Selamat untuk Fajar Alfian dan Muhammad Rian. Kami benar-benar minta maaf atas kesalahan dalam pengumuman. Fajar Alfian/Muhammad Ardianto dan Marcus Gideon/Kevin Sukamuljo tentunya dari INDONESIA! Kita tahu itu," tulis Federasi Bulutangkis Denmark..

"Itu adalah kesalahan yang dilakukan manusia, dan kami harap Anda dapat menerima permintaan maaf kami," tutup klarifikasi tersebut.

Profil Denmark Open 

Denmark Open merupakan turnamen bulu tangkis yang bergulir secara tahunan dan diselenggarakan oleh Federasi Bulutangkis Denmark.

Sebagai informasi, Federasi Bulutangkis Denmark sendiri sudah dibentuk sejak 15 Januari 1930 sebagai Denmark’s Badminton Union.

Federasi ini diwakili oleh Skovshoved, Copenhagen BK, Neyes BK, Helsingor BK, Stubbekobing iF, dan Roskilde BK.

Karena khawatir bisa menyulitkan publik dari Danish Football Association yang juga berinisial DBU, maka Federasi ini berubah nama menjadi Danis Badminton Federation (DBF).

Selanjutnya, turnamen Denmark Open yang awalnya bernama Danish Open ini merupakan bagian dari BWF Super Series Premier mulai dari tahun 2011 sampai 2017.

Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) mengkategorikan turnamen ini sebagai salah satu dari lima turnamen BWF World Tour Super 750 sejak tahun 2018.

Sebagai informasi, Danish Open atau Denmark Open memang menjadi salah satu kejuaraan bulu tangkis skala internasional yang tertua di dunia.

Sebab, kejuaraan ini sudah mulai bergulir sejak 1936. Dengan demikian, Denmark Open menjadi kejuaraan tepok bulu tertua kedua di dunia. 

Sayangnya, kejuaraan ini sempat berhenti bergulir dari tahun 1956 hingga 1964 karena dampak Perang Dunia Kedua. Biasanya, Denmark Open diselenggarakan setiap akhir Oktober.

Untuk kejuaraan Denmark Open edisi tahun ini, penyelenggaraannya digelar di Arena Fyn di Odense, Denmark, mulai 18 hingga 23 Oktober 2022 dan menyediakan total hadiah sebesar 750.000 juta dollar.

Kontributor: Muh Adif Setyawan

Berita Terkait

Berita Terkini