Arena

Pengertian Point Guard dan Tugasnya dalam Permainan Bola Basket

Inilah pengertian point guard dan tugasnya

Irwan Febri Rialdi

Pemain tim nasional bola basket Korea Selatan Ra Gun-ah (kanan) berusaha melepaskan diri dari kawalan pebasket Taiwan Liu Cheng dalam pertandingan lanjutan Grup B Piala FIBA Asia 2022 di Istora Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Kamis (14/7/2022). (ANTARA/HO-FIBA Asia)
Pemain tim nasional bola basket Korea Selatan Ra Gun-ah (kanan) berusaha melepaskan diri dari kawalan pebasket Taiwan Liu Cheng dalam pertandingan lanjutan Grup B Piala FIBA Asia 2022 di Istora Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Kamis (14/7/2022). (ANTARA/HO-FIBA Asia)

Bolatimes.com - Pengertian point guard penting diketahui oleh seseorang yang ingin mempelajari atau berlatih permainan bola basket.

Point guard sendiri merupakan salah satu nama posisi yang ada di dalam olahraga bola basket. Ada 5 jenis posisi dalam permainan tim ini.

Dari 5 pemain tiap tim, akan memiliki posisi, tugas, dan peran yang berbeda-beda. Mengutip laman Jr NBA, lima posisi pemain bola basket adalah point guard, shooting guard, small forward, power forward, dan center.

Pengertian Point Guard

Point guard atau dikenal juga dengan posisi 1 dalam permainan bola basket, sering juga disebut dengan playmaker. Biasanya posisi ini ditempati oleh pemain dengan postur paling pendek di dalam tim.

Namun dalam perkembangan bola basket modern, postur tubuh tidak lagi menjadi patokan pasti seseorang bisa berposisi sebagai point guard.

Pemain yang mengisi posisi point guard adalah pemain dengan kemampuan menggiring bola dan mengumpan yang baik.

Kemampuan seorang point guard juga lebih banyak diukur berdasarkan kemampuan mendistribusikan bola atau jumlah assist.

Meski begitu, seorang point guard yang bagus dan komplit juga punya kemampuan mencetak angka.

Tugas Seorang Point Guard dalam Bola Basket

Tugas utama seorang point guard adalah mengatur serangan timnya dengan mengontrol bola dan memberikan umpan kepada pemain lain pada saat yang tepat untuk mencetak poin.

Namun seperti yang sudah dijelaskan, seorang point guard yang komplit harus bisa mencetak angka juga bagi timnya.

Oleh karena itu, seorang point guard dituntut memiliki kemampuan menembak yang baik, selain juga harus punya kemampuan dribel mumpuni.

Dalam kondisi bertahan, posisi point guard menjadi lapisan pertama pertahanan, baik itu dengan taktik zone defence atau man to man marking.

Dengan taktik zone defence, seorang point guard biasanya berada di posisi paling depan. Di sini seorang point guard dituntut untuk bisa membaca permainan lawan atau arah bola.

Ada banyak contoh pemain-pemain basket dunia yang hebat berposisi sebagai point guard. Kekinian, sebut saja ada Kyrie Irving, Russell Westbrook, Chris Paul, hingga Stephen Curry.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha

Berita Terkait

Berita Terkini