Arena

Profil Samuel Eko Putra, Pivot Timnas Futsal Indonesia Pengganti Evan Soumilena di Piala Asia 2022

Seberapa hebat Samuel Eko Putra?

Irwan Febri Rialdi

Pivot Bintang Timor Surabaya dan Timnas Futsal Indonesia, Samuel Eko Putra. (Instagram/@samuelekoputra9)
Pivot Bintang Timor Surabaya dan Timnas Futsal Indonesia, Samuel Eko Putra. (Instagram/@samuelekoputra9)

Bolatimes.com - Samuel Eko Putra kembali mendapat kesempatan membela Timnas Futsal Indonesia. Namanya masuk ke dalam daftar 14 pemain yang dibawa ke Piala Asia Futsal 2022.

Turnamen futsal paling akbar se-Asia ini rencananya bakal bergulir pada 25 September hingga 20 Oktober mendatang di Kuwait.

Samuel Eko yang berposisi sebagai pivot dipilih oleh pelatih timnas Futsal Indonesia, Mohammad Hashemzadeh, setelah sederet pemain bintang absen.

Ya, Samuel Eko menjadi pengganti dari Evan Soumilena yang harus absen karena cedera. Eko dan Muhammad Fajriyan pun dipanggil untuk mengisi posisi pivot.

Eko sebetulnya juga merupakan langganan Timnas Futsal Indonesia, tapi namanya mulai tergeser setelah Evan Soumilena tampil gemilang.

Lantas, siapa sebetulnya Samuel Eko Putra ini? Berikut ulasan profilnya!

Profil Samuel Eko Putra

Sosok dengan nama lengkap Samuel Eko Putra Tampubolon ini lahir di Pontianak pada 16 Mei 1998. Dia mengawali karier profesional futsal di kota kelahirannya.

Eko bergabung dengan tim asal Pontianak, Kancil BBK. Pada 2018 Eko mulai merantau dan mencari peruntungan dengan pindah ke klub lebih besar.

Pilihannya jatuh dengan bergabung bersama Black Steel Manokwari FC. Namun, cuma satu musim saja dia bertahan di sana.

Setelah meninggalkan Black Steel Manokwari, Eko dengan mengejutkan bergabung ke klub asal Kebumen, SKN FC pada 2019.

Hengkang dari SKN FC, Samuel Eko Putra kemudian pindah ke tim Bintang Timur Surabaya. Di sini dia meraih kesuksesan di level klub.

Eko berkontribusi mengantarkan Bintang Timur Surabaya menjadi kampiun Pro Futsal League 2021 dan juara AFF Futsal Cup 2022.

Di level timnas, Samuel Eko pernah membela Timnas indonesia di Piala Asia Futsal U-20 2017 yang melaju hingga babak perempat final sebelum dikalahkan Thailand.

Namanya juga sempat jadi perbincangan hangat setelah tampil impresif mewakili Kalimantan Barat di ajang PON XX Papua 2021.

Kontributor: Aditia Rizki

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha

Berita Terkait

Berita Terkini