Arena

Reaksi Heran Hendra/Ahsan Melaju ke Final Kejuaraan Dunia 2022

Hendra/Ahsan tak menyangka tembus final Kejuaraan Dunia 2022.

Husna Rahmayunita

Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, ganda putra Indonesia di Kejuaraan Dunia 2022 (PBSI/Twitter @INABadminton)
Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, ganda putra Indonesia di Kejuaraan Dunia 2022 (PBSI/Twitter @INABadminton)

Bolatimes.com - Ganda putra Indonesia Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan heran bisa menembus babak final Kejuaraan Dunia 2022 usai menang lawan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto di semifinal, Sabtu (27/8/2022).

Hendra/Ahsan tak menyangka bisa lolos ke partai puncak Kejuaraan Dunia 2022 atau BWF World Championships 2022.

Di partai semifinal, pasangan berjuluk The Daddies ini secara luar biasa mampu keluar dari tekanan untuk mengalahkan kompatriot sekaligus juniornya di pelatnas PBSI, Fajar/Rian.

Dalam pertandingan di Tokyo Metropolitan Gymnasium, Jepang itu, Hendra/Ahsan sempat berada dalam tekanan hebat saat Fajar/Rian unggul 4-0 dan mengunci interval 11-7.

Namun, berbekal pengalaman dan ketenangan yang tinggi, Hendra/Ahsan perlahan bangkit untuk menang 23-21 di gim pertama. Meski kehilangan gim kedua 12-21, The Daddies pada akhirnya mengunci tiket final usai menang 21-16 di gim penentuan.

"Di gim pertama saya rasa kami tertinggal cukup jauh tapi kami berusaha untuk tidak menyerah dan berusaha mengubah strategi," kata Mohammad Ahsan dalam rilis PBSI, Sabtu (27/8/2022).

"Kemarin saya bilang bisa masuk semifinal saja sudah tidak menyangka, ini bisa masuk final rasanya makin tidak menyangka," tambahnya.

DI sisi lain, Hendra Setiawan menjelaskan kunci kebangkitan mereka di laga ini. Dia menyebut adaptasi strategi sangat berpengaruh dalam keberhasilan mereka menjinakkan permainan sengit Fajar/Rian.

"Tadi kami coba pegang depannya, main net terlebih dahulu karena kalau main panjang, drive-drive, kalah cepat dan kalah tenaga juga," kata Hendra

"Besok siapapun lawannya harus siap diri sendiri dulu dan tetap fokus," tambahnya.

Kemenangan ini membuat Hendra/Ahsan berhasil lolos ke partai final Kejuaraan Dunia 2022 sekaligus jadi harapan satu-satunya bagi Indonesia untuk bisa membawa pulang gelar juara dari event besar ini.

Hasil ini juga merupakan ulangan semifinal Kejuaraan Dunia 2019 di mana The Daddies juga berhasil lolos ke final setelah mengalahkan Fajar/Rian.

Pada edisi 2019, Hendra/Ahsan tampil superior. Mereka pada akhirnya keluar sebagai juara setelah mengalahkan wakil Jepang, Takuro Hoki/Yugo Kobayashi di partai final.

Kemenangan ini juga membuat Hendra/Ahsan berhasil membalas kekalahan dari Fajar/Rian di final Malaysia Masters 2022 pada 10 Juni lalu. The Daddies untuk sementara unggul head-to-head dari juniornya itu dengan tiga kemenangan dari lima pertemuan terakhir.

Di partai final, Hendra/Ahsan masih menunggu calon lawan antara wakil Malaysia, Aaron Chia/Soh Wooi Yik dan Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty yang akan saling bertarung di semifinal.

(Suara.com/Arief Apriadi)

Berita Terkait

Berita Terkini