Arena

Kejuaraan Dunia 2022: Anthony Ginting Dilibas Viktor Axelsen, Tunggal Putra Indonesia Habis

Anthony Ginting tak berkutik lawan ranking satu dunia.

Husna Rahmayunita

Pebulu tangkis tunggal putra Indonesia Anthony Sinisuka Ginting mencoba berdiri usai kalah dari tunggal putra Denmark Viktor Axelsen dalam laga Perempat Final Indonesia Open 2022 di Istora Senayan, Jakarta, Jumat (17/6/2022). ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/rwa.
Pebulu tangkis tunggal putra Indonesia Anthony Sinisuka Ginting mencoba berdiri usai kalah dari tunggal putra Denmark Viktor Axelsen dalam laga Perempat Final Indonesia Open 2022 di Istora Senayan, Jakarta, Jumat (17/6/2022). ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/rwa.

Bolatimes.com - Tunggal putra Indonesia Anthony Ginting terdepak dari Kejuaraan Dunia 2022 usai dilibas ranking satu dunia Viktor Axelsen, Jumat (25/6/2022).

Anthony Ginting kembali takluk di hadapan musuh bebuyutannya saat bertanding di Tokyo Metropolitan Gymnasium, Jepang.

Sebagai satu-satunya wakil tunggal putra Indonesia yang tersisa di ajang ini, Anthony Ginting dibuat pontang-panting oleh peraih medali emas Olimpiade Tokyo 2020 hingga kalah 10-21, 10-21.

Di gim pertama, Anthony mengawali laga dengan buruk. Dia kerap membuat kesalahan sendiri hingga tertinggal jauh 2-8 dan 5-11 saat interval.

Pasca jeda, keadaan tidak membaik untuk Anthony. Dia terus berada di bawah tekanan.

Axelsen yang memiliki postur lebih tinggi, terlihat lebih mudah mengontrol permainan, sedangkan wakil Indonesia dibuat pontang-panting karenanya. Anthony pun kalah 10-21 di gim pertama.

Memasuki gim kedua, Anthony Ginting mulai mampu meladeni permainan Viktor Axelsen. Meski beberapa kali melakukan kesalahan, dia berhasil menyamakan beralik unggul 7-6.

Namun, kombinasi kesalahan sendiri dan permainan apik Axelsen, membuat Anthony kembali tertinggal dengan skor 7-11 saat interval.

Pasca jeda, jalannya pertandingan sudah tak lagi sama. Anthony Ginting kembali kesulitan keluar dari tekanan Axelsen hingga akhirnya kalah 10-21.

Hasil ini membuat Anthony Ginting kembali gagal memutus dominasi Viktor Axelsen atas dirinya. Kini, dia telah kalah delapan kali beruntun dalam 14 pertemuan terakhir dengan wakil Denmark itu.

Kekalahan Anthony Ginting sekaligus membuat sektor tunggal putra Indonesia habis tak tersisa di Kejuaraan Dunia 2022. Sebelumnya, Jonatan Christie juga tersingkir di perempat final setelah kalah dari wakil China Taipei, Chou Tien Chen.

Situasi ini membuat Indonesia hanya akan mengandalkan sektor ganda putra di Kejuaraan Dunia 2022. Sektor yang dilatih Herry Iman Pierngadi itu berhasil meloloskan dua wakil ke semifinal.

Kedua wakil itu adalah Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto dan Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan. Kedua pasangan ganda putra ini akan saling berhadapan di semifinal sekaligus memastikan satu tiket final Kejuaraan Dunia 2022 menjadi milik Indonesia.

(Suara.com/Arief Apriadi)

Berita Terkait

Berita Terkini