Arena

Profil Febby Valencia, Pasangan Ribka Sugiarto yang Dikabarkan Keluar dari Pelatnas PP PBSI

Febby Valencia secara tiba-tiba dilaporkan meninggalkan pelatnas PP PBSI

Irwan Febri Rialdi

Atlet bulu tangkis ganda putri Indonesia, Febby Valencia. (Dok. PB Djarum)
Atlet bulu tangkis ganda putri Indonesia, Febby Valencia. (Dok. PB Djarum)

Bolatimes.com - Kabar mengejutkan datang dari pemain ganda putri Indonesia, Febby Valencia Dwijayanti Gani. Dia dikabarkan keluar dari Pelatnas PBSI di Cipayung, Jakarta Timur.

Sebetulnya belum ada pernyataan resmi dari pihak PBSI sendiri, namun PB Djarum selaku klub yang menaungi Febby, membenarkan kabar ini.

Bahkan disebutkan bahwa Febby tidak berminat untuk kembali ke Pelatnas Cipayung. Disebutkan pihak PB Djarum sudah bertemu dengan Febby sejak pekan lalu.

Dengan kabar hengkangnya Febby, ini artinya Ribka Sugiarto harus kembali beradaptasi dengan partner baru. Pasalnya, Febby dan Ribka belum lama ini dipasangkan.

Ribka sebelumnya dipisahkan dari partner lamanya, Siti Fadia Silva Ramadhanti. Ribka sendiri saat ini sedang bertanding di Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2022 bersama Fadia.

Setelah Kejuaraan Dunia, Fadia akan kembali berpasangan dengan Apriyani Rahayu, sedangkan Ribka tidak akan turun bermain di Jepang Open 2022 

Hal ini dikarenakan Febby sudah memastikan diri untuk mundur dari pelatnas. Belum diketahui masa depan Febby usai mundur, dia bisa kembali ke klubnya PB Djarum atau berhenti total.

Berikut ulasan profil dari Febby Valencia Dwijayanti Gani.

Profil Febby Valencia

Febby Valencia merupakan atlet kelahiran Semarang, Jawa Tengah, pada 11 Februari 2000. Dia memiliki tinggi badan 173 cm yang ideal untuk pemain bulu tangkis.

Karier bulu tangkisnya dimulai dengan bergabung bersama PB Djarum sejak 2016. Bakatnya sudah terlihat dengan berhasil menjuarai Sirnas (Sirkuit Nasional) 2017 di Sulawesi Utara, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Dia turun di nomor ganda putri bersama Lisa Ayu Kusumawati. Bersama Lisa, Febby menutup Sirnas dengan menjadi kampiun Kejuaraan Nasional Junior 2017.

Atas pencapaian apiknya itu, Febby masuk ke pelatnas Cipayung pada 2018. Di sini, dia mendapat partner baru dan memulai dari bawah lagi.

Bakat Febby lagi-lagi terlihat dengan menjuarai ajang Junior Grand Prix di India bersama Metya Inayah Cindiani. Saat itu mereka mengalahkan pasangan Indonesia lainnya, Febriana Dwipuji Kusuma/Ribka Sugiarto.

Setelah dari situ Febby sempat berganti-ganti pasangan, dia sempat dipasangkan dengan Yulfira Barkah. Bersama Yulfira, Febby meraih gelar World Tour pertamanya dengan menjuarai Spain Masters 2021.

Febby kemudian dipasangkan dengan Jesita Putri Miantoro. Pencapaian terbaik mereka adalah menjadi runner-up dari Czech Open 2021.

Pada 2022, Febby dipasangkan dengan Ribka Sugiarto. Debut mereka terjadi di Indonesia Masters 2022 dan mereka lolos hingga perempat final.

Malaysia Masters 2022 tercatat sebagai turnamen terakhir yang diikuti Febby/Ribka, sebelum Febby memutuskan hengkang dari pelatnas PBSI.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha

Berita Terkait

Berita Terkini