Arena

Profil Nguyen Tien Minh, Pemain Tertua di Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2022

Nguyen Tien Minh langganan tampil di Kejuaraan Dunia.

Husna Rahmayunita

Tunggal putra Vietnam Nguyen Tien Minh saat berlaga di Olimpiade Tokyo 2020. (AFP/Pedro Pardo)
Tunggal putra Vietnam Nguyen Tien Minh saat berlaga di Olimpiade Tokyo 2020. (AFP/Pedro Pardo)

Bolatimes.com - Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2022 atau BWF World Championship 2022 menjadi momen bersejarah buat pebulutangkis asal Vietnam, Nguyen Tien Minh.

Sebab, dia menjadi pemain tertua yang ikut ambil bagian di Kejuaraan Bulu Tangkis BWF 2022. Dia masih ikut bermain saat berusia 39 tahun.

Tak cuma itu, Nguyen Tien Minh juga mencatatkan rekor sebagai pemain yang paling sering berpartisipasi di Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis BWF.

Pemain andalan Vietnam itu tercatat sudah ikut dalam 13 kali Kejuaraan Dunia. Debutnya di ajang ini dimulai pada 2005 lalu.

Jumlah penampilannya ini mengalahkan legenda asal China, Lin Dan, yang tampil 12 kali. Di urutan ketiga, ada legenda Malaysia, Lee Chong Wei.

Ini bukan satu-satunya ajang bergengsi yang masih diikuti oleh Nguyen Tien Minh. Sebelumnya dia juga masih mengikuti SEA Games 2021 dan Olimpiade Tokyo 2020.

Di babak 64 besar Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2022 ini, Nguyen Tien Minh bakal menghadapi unggulan ke-15 asal Taiwan, Wang Tzu Wei.

Profil Nguyen Tien Minh

Nguyen Tien Minh lahir di Ho Chi Minh, Vietnam, pada 12 Februari 1983. Dia sudah diperkenalkan dengan bulu tangkis sejak usia 10 tahun oleh ayahnya.

Di usianya yang menginjak 18 tahun, Nguyen memutuskan menjadi atlet bulu tangkis dan masuk ke pelatnas Vietnam pada 2001.

Perjalanan Nguyen Tien Minh tidak mudah, dia lebih banyak bermain di level-level international challenge dan sulit berprestasi di level lebih tinggi.

Di turnamen international challenge, Nguyen Tien Minh menjuarai Vietnam International, Sydney International, hingga Malaysia Satellite.

Meski begitu, dia juga berhasil mencatatkan beberapa trofi di kejuaraan Super Series atau Grand Prix. Ambil contoh dia menjuarai Vietnam Open 2008.

Dia juga menjuarai Thailand Open 2009, Taiwan Open 2009, Australia Open 2010 hingga US Open 2013. Dia juga sempat mencatatkan peringkat tertinggi dengan menduduki ranking 5 dunia.

Pencapaian tertingginya adalah meraih medali perunggu di Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2013. Dia juga meraih perunggu pada Kejuaraan Bulu Tangkis Asia 2019.

Di ajang multievent, Nguyen Tien Minh mengoleksi 4 medali perunggu nomor perseorangan dan 1 perunggu beregu putra di SEA Games.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha

Berita Terkait

Berita Terkini