Arena

Profil Kevin Sanjaya Sukamuljo, Ganda Putra Ranking 1 Dunia yang Lamar Valencia Tanoesoedibjo

Kevin Sanjaya tengah jadi pusat perhatian.

Husna Rahmayunita

Kevin Sanjaya pakai headband. (Instagram/badminton.ina)
Kevin Sanjaya pakai headband. (Instagram/badminton.ina)

Bolatimes.com - Ganda putra Indonesia Kevin Sanjaya Sukamuljo mengundang riuh setelah melamar kekasihnya, Valencia Tanoesoedibjo.

Kevin Sanjaya Sukamuljo dikenal sebagai atlet bulu tangkis yang memiliki segundang prestasi. Bersama sang partner, Marcus Fernaldi Gideon, keduanya kini menempati ranking satu dunia.

Berikut profil Kevin Sanjaya

Kevin Sanjaya memiliki nama lengkap Kevin Sanjaya Sukamuljo yang lahir pada 2 Agustus 1995. Pria berusia 26 tahun ini lahir di Banyuwangi, Jawa Timur, Indonesia.

Berkarier sebagai atlet, ia diketahui memiliki tinggi hingga 170 cm dan berat 55 kilogram. Selain menjadi atlet bulu tangkis, ternyata Kevin juga memiliki bisnis. Bisnis yang dijalankannya yakni berupa produk minuman susu bernama Vinion.

Sementara itu mengenai kisah asmara, Kevin menjalin hubungan kekasih dengan putri kolongmerat Hary Tanoesoedibjo, yakni Valencia Tanoesoedibjo. Ia juga baru saja melamar Valencia di Jakarta International Stadium (JIS) pada Selasa (2/8/2022), tepat di hari ulang tahunnya.

Perjalanan Karier Kevin Sanjaya

Kevin Sanjaya memutuskan untuk bergabung dalam klub Djarum di Kudus, Jawa Tengah sejak 2007. Awalnya, ia mengenal bulu tangkis sejak usia 2,5 tahun.

Kevin pun memutuskan terjun ke dunia bulu tangkis di kelas 6 SD. Ia kemudian bergabung di klub bulu tangkis lokal Banyuwangi, yakni PB Sari Agung.

Selanjutnya pada 2006, Kevin mencoba peruntungan ikut audisi PB Djarum. Percobaan pertamanya gagal dan mencoba lagi pada 2007. Percobaan keduanya berhasil membawanya hingga saat ini.

Meski berhasil, masa-masa perjuangannya pun terdapat titik berat baginya. Kevin saat terjun sebagai pemain tunggal putra dianggap kurang memiliki potensi.

Kemudian pelatih PB Djarum, Ade Lukas mengevaluasi pemain putra dan memboyongnya menjadi pemain ganda putra. Kevin pun berhasil meraih prestasi dalam kategori tersebut.

Penghargaan

Kevin Sanjaya dan rekan-rekannya berhasil menyumbangkan medali emas pada Pesta Olahraga Asia Tenggara tahun 2015. Perjalanan karirnya tak terlepas dari kontribusi Herry Iman Pierngadi dan Aryono Miranat selaku pelatih.

Ia pernah memenangkan medali Perak pada 2019 dalam Kejuaraan Bulu Tangkis Asia, Pesta Olahraga Asia Tenggara pada 2015, Kejuaraan Dunia Junior BWF pada 2013. Tak hanya medali perak, Kevin juga memperoleh medali emas pada Pesta Olahraga Asia tahun 2018 di Indonesia.

(Suara.com/Annisa Fianni Sisma)

Berita Terkait

Berita Terkini