Arena

Profil Putri KW, Pebulu Tangkis Indonesia yang Rambah Karier Jadi Polwan

Putri KW bercita-cita menjadi atlet berprestasi dan juga polwan.

Husna Rahmayunita

Tunggal putri Indonesia, Putri Kusuma Wardani alias Putri KW usai menjuara Orleans Masters 2022 di Prancis, Minggu (3/4/2022). [PBSI]
Tunggal putri Indonesia, Putri Kusuma Wardani alias Putri KW usai menjuara Orleans Masters 2022 di Prancis, Minggu (3/4/2022). [PBSI]

Bolatimes.com - Tunggal putri Indoneia Putri Kusuma Wardani alias Putri KW tengah mengikuti pendidikan sebagai calon polisi wanita (polwan). Walau begitu, ia tetap masih aktif berkarier di bulu tangkis.

Putri KW bercita-cita menjadi atlet berprestasi dan juga polwan. PBSI pun memberikan dukungan kepada pemain muda itu untuk mengejar mimpinya.

Menurut PBSI, pilihan karier sebagai polwan yang diambil Putri KW adalah bagian dari jaminan masa depannya usai pensiun nanti.

"Jadi selain sebagai atlet bulu tangkis, Putri juga punya mimpi untuk menjadi abdi negara. Dalam hal ini dia bercita-cita untuk menjadi polisi wanita. Ini sebagai jaminan masa depan dia kelak setelah gantung raket dari bulu tangkis," kata Kepala Bidang Humas dan Media PP PBSI Broto Happy dalam keterangan resminya.

Selama mengikuti pendidikan polwan, Putri KW sudah berjanji akan bekerja dua kali lipat. PBSI juga menaruh harapan agar Putri KW bisa semakin bersemangat dan termotivasi untuk terus berprestasi.

Teranyar, Putri KW masuk daftar atlet Indonesia yang diundang untuk tampil di Kejuaraan Dunia 2022. PBSI meminta izin Polri agar Putri KW bisa ikut berlaga di tengah masa pendidikannya sebagai polwan.

Profil Putri KW

Lahir di Tangerang, Banten, pada 20 Juli 2022, Putri Kusuma Wardani merupakan atlet yang memulai kariernya di klub Exist, Jakarta.

Bersama Exist, dia menjadi bagian tim yang meraih gelar juara Superliga Junior 2018. Di tahun yang sama, Putri mendapat kesempatan masuk ke pelatnas PBSI.

Pebulu tangkis tunggal putri Indonesia, Putri Kusuma Wardani saat menghadapi wakil Jerman, Ann-Kathrin Spori dalam laga perdana Grup A Piala Uber 2020 di Ceres Arena, Aarhus, Denmark, Sabtu (9/10/2021). [BWF/Badminton Photo].
Putri langsung dipercaya tampil di Kejuaraan Dunia Bulutangkis dan Kejuaraan Bulutangkis Asia Junior 2018. Di dua turnamen beregu ini, Putri membantu Indonesia meraih perunggu.

Baru di edisi kejuaraan Dunia Bulutangkis Junior 2019, Putri membantu Indonesia menjadi juara usai mengalahkan tim China di final. Sementara di Kejuaraan Bulutangkis Asia junior edisi 2019, Putri membawa Indonesia meraih medali perak.

Prestasi Putri Kusuma Wardani di level kejuaraan beregu lainnya adalah membawa Indonesia meraih medali emas Kejuaraan Bulutangkis Asia 2022 di Malaysia.

Untuk prestasi di kejuaraan BWF sendiri, Putri sudah mampu menembus partai final Bangladesh International Challenge 2018 saat usianya baru 16 tahun. Sayangnya dia kalah dari wakil Vietnam.

Di tahun 2019, Putri berhasil meraih gelar juara pertamanya di tingkat perorangan dengan menjuarai Jakarta Junior International Series.

Putri Kusuma Wardani bikin kejutan saat mampu meraih gelar juara Spain Masters Super 300 pada Mei 2021, gelar ini diusul dengan menjuarai Czech Open pada Oktober 2021, dan Bangladesh International 2021 pada Desember 2021.

Putri Kusuma Wardani lantas memperbarui koleksi gelar individunya dengan menjuarai Orleans Masters Super 100 2022.

(Kontributor: Aditia Rizki)

Berita Terkait

Berita Terkini